Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Wacana Ihwal Kesehatan Masyarakat (Terbaik)

misal Wacana Tentang Kesehatan Masyarakat (Terbaik) - Di bawah ini yaitu dua buah referensi wacana wacana kesehatan masyarakat.

Wacana 1 


Perangi Nyamuk Demam Berdarah dengan 3 M

Hewan pengganggu yang satu ini memang berukuran kecil, tetapi tidakboleh meremehkan efek gigitannya. Sekali saja mereka menggigit, maka Anda akan terkena penyakit demam berdarah yang sangat berbahaya. Apa itu demam berdarah? Demam berdarah yaitu penyakit menurunnya trombosit atau sel darah merah dalam badan akhir virus dengue yang dibawa oleh nyamuk aedes aegpty.

Virus ini sangat berbahaya, lantaran sanggup menjadikan tamat hidup bagi sebagian orang. Bahkan pada beberapa waktu yang lalu, pemerintah pernah menetapkan kasus ini sebagai bencana luar biasa di banyak sekali daerah. Gejala ini diawali dengan demam tinggi sampai mencapai 41 derajat celsius dan hari diberikutnya demam tersebut akan turun seperti penderita sudah sembuh, tetapi bersama-sama pada masa itu virus sedang dalam masa inkubasi, kemudian badan akan kembali gerah.

Satu-satunya cara untuk mencegah virus ini yaitu dengan menekan pertumbuhan nyamuk aedes aegypti, yaitu dengan melaksanakan gaya hidup 3 M di lingkungan rumah kita. Apakah 3 M itu? M yang pertama yaitu menguras. Kita harus rajin menguras kolam mandi lantaran disanalah tempat – tempat yang ideal bagi nyamuk untuk menaruh telur-telurnya. Lakukan acara menguras ini minimal seminggu tiga kali, sehingga telur-telur nyamuk yang ada di sana tidak akan sempat menetas.

M yang kedua yaitu mengubur barang-barang bekas. Kuburlah tiruana barang-barang bekas yang sanggup memungkinkan menampung air, menyerupai kaleng bekas, ban bekas, dan lain-lain, sehingga nyamuk tidak sanggup berkembang di dalamnya.

M yang terakhir yaitu menutup tempat-tempat penampungan air di rumah. Tutuplah tiruana wadah-wadah penampungan air, menyerupai ember, vas bunga, dan lain-lain, dengan begitu nyamuk tidak mempunyai tempat untuk berkembang biak.

Demikianlah upaya-upaya yang sanggup dilakukan untuk melindungi diri kita dari penyakit demam berdarah ini. melaluiataubersamaini gerakan 3 M ini maka dipastikan nyamuk tidak akan mempunyai tempat berkembang di rumah, sehingga kita sanggup terbebas dari demam berdarah.


Advertisement

Wacana 2


Hidup Bersih Membawa Nikmat

Kita sering sekali melihat slogan – slogan wacana kemembersihkanan di banyak sekali tempat. contohnya adalah, kemembersihkanan yaitu sebagian dari iman, membersihkan itu sehat, dan lain-lain. Tulisan-tulisan tersebut benar adanya, bahwa kemembersihkanan itu sangatlah penting dalam kehidupan kita. melaluiataubersamaini kemembersihkanan, tentunya kita akan terhindar dari segala macam penyakit. Hal ini dikarenakan hampir sebagian besar basil dan virus sumber penyakit berasal dari tempat yang kotor.

Oleh alasannya yaitu itu, kita harus menjaga kemembersihkanan, dimulai dari kemembersihkanan diri kita sendiri sampai kemembersihkanan lingkungan sekitar kita. Menjaga kemembersihkanan diri sanggup dimulai dari memotong kuku secara rutin, lantaran kuku yaitu tempat yang paling kotor diantara seluruh bab badan kita. Di sanalah hidup banyak sekali macam penyakit. Selain memotong kuku, mandi dua kali sehari juga cukup untuk membuat badan kita tetap sehat.

Sesudah kemembersihkanan badan terjamin, tidakboleh lupa untuk memperhatikan kemembersihkanan lingkungan. Ada pepatah yang menyampaikan kualitas insan tergantung dengan kemembersihkanan lingkungannya. Oleh lantaran itu, menjaga kemembersihkanan lingkungan berarti menjaga kualitas hidup kita. Menjaga kemembersihkanan lingkungan sanggup dilakukan dengan cara memmembersihkankan selokan, memmembersihkankan sampah, dan masih banyak lagi. Apabila lingkungan membersihkan, maka kita insan yang tinggal di dalamnya akan merasa kondusif dan nyaman, serta jauh dari penyakit yang mengintai.

Oleh lantaran itu, dengan terjaganya kemembersihkanan, baik kemembersihkanan diri dan lingkungan kita, maka tiada penyakit yang mendekat, sehingga akan tercipta masyarakat yang sehat dan berkarakter.