Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Esai Dengan Tema Pengaruh Acara Perusahaan Terhadap Lingkungan

Esai melaluiataubersamaini Tema Dampak Aktivitas Perusahaan Terhadap Lingkungan - Berikut ini yaitu pola esai terbaru wacana kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh acara perusahaan.

Kemajuan Industri Berbanding Terbalik dengan Keasrian Lingkungan

Saat ini pencemaran lingkungan yaitu ancaman terbesar bagi umat insan di plguat ini. Hal ini sanggup dilihat dari semakin kotornya lingkungan kita. Lingkungan yang terdiri dari tanah, air, udara, tumbuhan dan binatang tiruananya tidak luput dari pencemaran lingkungan. Jika hal ini terus terjadi, maka keberadaan insan dan alam akan segera musnah. Ironisnya, pencemaran lingkungan ini diakibatkan dari ulah insan sendiri yang mengotori lingkungannya. 

Terlebih lagi dengan kemajuan jaman yang tidak sanggup dibendung lagi. Hal ini memaksa insan untuk melaksanakan produksi massal untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, sehingga muncullah perusahaan – perusahaan yang bergerak di dalam bidang industri. Namun, pergeseran pola hidup insan dari agraris menuju industri ini menyebabkan persoalan yang sangat fokus, yaitu semakin kotornya bumi ini jawaban dari proses acara produksi maupun hasil dari acara produksi yang disebut juga dengan limbah.  

Untuk menjalankan produksinya, perusahaan sering sekali mengeksplorasi bumi secara besar – bemasukan. Bahkan, tidak memperhatikan keasrian lingkungan. contohnya yaitu perusahaan – perusahaan yang membutuhkan kayu sebagai materi baku, menyerupai perusahaan kertas, mebel, dan lain – lain. Mereka menebang pohon-pohon dengan sangat massif. Akibatnya, bumi kita ini menjadi lebih hangat. Jika hal ini terus terjadi, maka bumi kita akan menjadi semakin gerah sampai mendidih, bahkan sanggup menjadi gurun. Hal ini juga akan menyebabkan melelehnya es di kutub utara dan selatan, sehingga bumi akan ditutupi dengan air maritim yang akan menyebabkan kehancuran umat manusia.

Kegiatan produksi pada perusahaan industri- industri besar menghasilkan asap yang sangat banyak di udara. Asap tersebut ialah hasil dari proses pembakaran. Akibatnya, udara menjadi sangat kotor dan beracun. Padahal, udara murni sangat diharapkan untuk bernafas. Jika kita bernafas dengan udara membersihkan, maka kesehatan kita akan membaik. Sebaliknya, udara yang sudah terkontaminasi menyebabkan penyakit dan mengganggu kesehatan kita, bahkan sanggup menyebabkan kematian. 

Advertisement
Asap yaitu akar dari polusi udara. Asap yang keluar dari industri, kendaraan beroda empat dan rumah tangga yaitu gabungan karbon monoksida, karbon dioksida, metana, dan lain-lain. Gas – gas tersebut yaitu gas beracun yang sanggup menyebabkan penyakit, menyerupai kanker paru, dan TBC. Insiden yang sangat memprihatinkan yaitu kejadian kebocoran gas yang terjadi di Bhopal pada bulan Desember 1984. Ribuan masyarakat Bhopal meninggal dunia lantaran persoalan paru-paru yang disebabkan oleh gas metilamin dari Union Carbide Plant.

Selain menyebabkan polusi udara, perusahaan – perusahaan industri juga menyebabkan polusi air. Saat ini, Air di muka bumi baik di sungai, danau dan maritim sudah terkontaminasi oleh banyak sekali materi kimia berbahaya dan limbah biologis. Perusahaan – perusahaan tersebut dengan sengaja memmembuang limbahnya eksklusif menuju sungai, danau, dan laut. Akibatnya, perairan kita menjadi terkontaminasi dan beracun, sehingga tidak sanggup dipakai lagi untuk keperluan rumah tangga, menyerupai keperluan masak, minum, dan mencuci. Bahkan juga menyebabkan musnahnya biota – biota air, menyerupai ikan, tumbuhan air, dan lain – lain. 

Tidak spesialuntuk itu, acara industri ini juga menyebabkan pencemaran tanah. Penggunaan pupuk kimia, insektisida dan pestisida secara berlebihan menyebabkan tanah kehilangan kerindangannya. Selain itu, penerapan pestisida secara berlebihan juga menyebabkan sayuran dan buah-buahan menjadi beracun, sehingga berbahaya bila dikonsumsi oleh manusia.

Berdasarkan uraian di atas, sanggup kita simpulkan bahwa, lingkungan kita ketika ini sudah tercemar. Hal ini jawaban dari acara – acara industri yang mencemarkan lingkungan menyerupai udara, air, dan tanah. Bila hal ini terus terjadi, maka kehidupan di muka bumi ini akan segera musnah. Padahal, Jika udara yang kita hirup, air yang kita minum dan tanah rindang yang menghasilkan tanaman, sayuran dan buah-buahan tidak tercemar, maka insan akan mendapat kesehatan yang baik dan umur yang panjang. Oleh lantaran itu kalau kita tidak bertindak, maka insan dan seluruh kehidupan di dalamnya akan musnah.