Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Naskah Pola Pidato Singkat Wacana Pergaulan Bebas

Naskah misal Pidato Singkat Tentang Pergaulan Bebas - Remaja, cukup umur ini begitu rentan akan imbas jelek pergaulan bebas. Nah, pidato ini ingin memberikan peringatan bagi tiruana orang terkena apa saja ancaman pergaulan bebas tersebut. 

Assalamualaikum wr.wb

Selamat pagi dan salam sejahtera buat kita tiruana

Kepada yang terhormat Bapak Sanusi Utama M.Pd selaku kepala sekolah SMPN 32 Surya Putra
Yang saya hormati Ibu Siti Zubaidah M.Pd selaku wakil kepala sekolah
Yang saya hormati Bapak dan Ibu guru beserta seluruh staff SMPN 32 Surya Putra
Dan seluruh kawan-kawan yang saya banggakan

Terlebih lampau, marilah kita panjatkan puji dan rasa syukur kita ke hadirat Allah, Tuhan Yang Maha Esa yang sudah menganugerahkan banyak sekali kenikmatan, ibarat kesehatan, peluang, dan kebahagiaan yang sanggup kita rasakan dikala ini. Tanpa kemurahan-Nya, Kita tidak akan sanggup berkumpul di dalam ruangan ini dalam keadaan sehat walafiat. Yang kedua, Shalawat serta salam tak lupa selalu tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW yang sudah memperjuangkan agama Islam dan sudah menuntun kita pada jalan yang diridhai oleh Allah SWT.

Selanjutnya, perkenankan pada peluang yang berbahagia ini, saya memberikan sebuah pidato dalam rangka memperingati hari AIDS sedunia, dengan tema mencegah pergaulan bebas dikalangan remaja.

Hadirin yang berbahagia,

Dewasa ini, Pergaulan antar remaja sudah tidak ada batasnya lagi. Kebanyakan mereka sudah terjerumus ke dalam suatu perbuatan yang tidak baik yaitu pergaulan bebas. Lalu apakah pergaulan bebas itu? Pergaulan bebas ialah pergaulan yang terlalu berlebihan dan sudah menyimpang dari aturan-aturan atau norma-norma yang berlaku di dalam agama dan di masyarakat. Pergaulan bebas ini diantaranya adalah, mabuk-mabukan, memakai narkoba, melaksanakan seks bebas, dan masih banyak lagi.

Apa yang terjadi dikala ini cukup mengkhawatirkan. Ini sanggup dilihat dari hasil survey yang dilakukan di salah satu kota besar di Indonesia bahwa hampir sekitar 65% remaja sudah kehilangan keperawanannya dan terlebih lagi survey yang dialakuakn oleh BNN pertanda bahwa 79% pengguna narkoba ialah para remaja. Hal ini sangat berbahaya kalau kita spesialuntuk membisu tanpa melaksanakan apapun.

Hadirin yang berbahagia,

Untuk mengatasi problem pergaulan bebas ini, kita harus mengetahui terlebih lampau faktor- faktor yang mendorong timbulnya pergaulan bebas di kalangan remaja dikala ini. Faktor-faktor pemicu tersebut diantaranya adalah:

1.    Pengaruh jelek dari lingkungan

Remaja yang melaksanakan korelasi bebas biasanya dikarenakan terpengaruh oleh lingkungannya, baik dari kawan, tetangga, orang lain atau bahkan dari lingkungan keluarganya.

2.    Kurangnya kesadaran

Para remaja yang sudah terjerumus ke dalam sikap pergulan bebas biasanya tidak mempunyai kesadaran di dalam dirinya bahwa apa yang mereka lakukan itu ialah perbuatan yang jelek sehingga mereka tidak takut untuk melakukannya.

3.    Kurangnya pengawasan dan perhatian dari orang tua

Mereka kurang atau tidak menerima perhatian dari orang bau tanah sehingga mereka akan mencari perhatian di luar lingkungan keluarganya yang akan menjerumuskan mereka.

4.    Faktor yang terakhir ialah kurangnya pendidikan agama yang ditanamkan oleh orang bau tanah kepada anak.

Faktor inilah sangatlah krusial. Ketiadaaan ilmu agama membuat para remaja tidak mempunyai benteng di dalam dirinya sehingga mereka tidak mengetahu perbuatan mana yang baik dan buruk. Oleh lantaran itu mereka tidak mencicipi atau bahkan mengetahui dosa.

Faktor-faktor tersebut lah yang mengakibatkan para remaja terjerumus ke dalam bulat setan ini yang akan merugikan mereka sendiri maupun orang lain di sekitarnya.


Advertisement

Hadirin yang berbahagia,

Sesudah mengetahui faktor-faktor tersebut, kita sanggup merumuskan langkah-langkah yang sanggup dilakukan untuk menaggulangi pergaulan bebas yang sudah merajalela di kalangan remaja dikala ini.

Yang sanggup kita lakukan diantaranya adalah:

1.    Memilih lingkungan yang baik

Untuk menghindari pergaulan bebas ini, hendaknya kita tiruana selektif dalam menentukan kawasan pergaulan. Lingkungan pergaulan yang baik akan membuat kita baik juga dan begitupun sebaliknya.

2.    Membangun keluarga yang harmonis

Keluarga ialah kawasan yang sangat penting untuk mencegah pergaulan bebas. Hendaknya kita membuat keluarga yang serasi dengan saling terbuka satu sama lain. Dan untuk para oranng tua, tidakbolehlah sibuk mengurusi pekerjaannya lantaran keluarga seharusnya menjadi hal yang harus diutamakan.

3.    Dan yang terakhir pelajarilah ilmu agama

Agama ialah hal yang penting yang sanggup mengontrol hidup kita. Hendaknya kita mengingat tuhan yang membuat kita dan menjauhi tiruana larangannya biar kita tiruana tidak menjadi pendosa dan calon-calon penghuni neraka. Oleh alasannya ialah itu marilah kita memperdalam ilmu agama kita untuk mrencegah kita terjerumus dari pergaulan bebas.

Hadirin yang berbahagia,

Sebelum saya mengakhiri pidato kali ini, saya menyimpulkan bahwa pergaulan bebas yang sudah terjadi belakangan ini mempunyai beberapa faktor pendorong ibarat imbas lingkungan, kurangnya kesadaran, kurangnya fungsi keluarga dan lemahnya agama. Oleh lantaran itu marilah kita mencegah pergaulan bebas ini berkembang lebih parah dengan melaksanakan hal-hal faktual ibarat yang sudah saya sebutkan sebelumnya.

Demikinlah pidato yang sanggup saya sampaikan kali ini. Jika ada kesalahan saya mohon maaf dan terimakasih atas perhatiannya.

Wassalamualaikum wr.wb