Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teks Pola Pidato Perihal Hari Sumpah Perjaka Singkat

Teks misal Pidato Tentang Hari Sumpah Pemuda Singkat - Sumpah perjaka ialah salah satu tonggak sejarah bangsa Indonesia. Pidato diberikut ini akan memberikan bagaimana euforia sumpah perjaka tersebut sebaiknya bangun kembali pada perjaka dan pemudi di zaman ini.

Assalamualaikum Wr. Wb

Selamat pagi
Kepada yang terhormat Bapak Andi Saputra selaku walikota beserta seluruh jajarannya,
Yang terhormat seluruh dewan guru,
Dan siswa-siswi yang saya banggakan

Puji dan syukur  tak henti-hentinya kita haturkan kepada Allah SWT, tuhan semesta alam alasannya yakni atas berkah dan nikmatnya kita sanggup berkumpul di lapangan meredeka ini dalam keadaan sehat dan dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda. Tak lupa shalawat serta salam selau tercurahkan kepada Nabi Muhammad saw semoga ia mempersembahkan syafaatnya kepada kita tiruana aminnn.

Pada peluang ini, saya akan memberikan sebuah pidato yang bertemakan “marilah kembali kepada semangat persatuan nasional” biar kita tiruana kembali sadar akan kewajiban dan tanggung balasan kita sebagai penerus bangsa ini.

Wahai Pemuda-pemudi Indonesia

33 tahun yang kemudian tepatnya hari ini pada tanggal 28 otober 1982. Seluruh perwakilan pemuda-pemudi Indonesia dari banyak sekali kawasan menyerupai jawa , sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Maluku dan seluruh kawasan lainnya berkumpul di dalam satu ruangan dengan semangat nasionalisme yang tinggi yaitu untuk mencapai kemerdekaan Indonesia. Pertemuan yang diadakan di Jakarta waktu itu ialah hasil dari kongres ke 11 yang dilaksanankan sebelumnya. Pertemuan ini kemudian menghasilkan sebuah sumpah sebagai tali pengikat persatuan seluruh pemuda-pemudi Indonesia pada waktu itu. Sumpah tersebut dikenal sebagai Sumpah Pemuda. Adapun isinya yakni sebagai diberikut:

Kami putra putri bangsa Indonesia, bertanah air satu tanah air Indonesia
Kami putra putri bangsa Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia
Kami putra putri bangsa Indonesia,berbahasa satu bahasa Indonesia

Kini 33 tahun sudah sumpah tersebut mempersatukan seluruh pemuda-pemudi di tanah air ini. Mereka sudah berjuang dengan mempertaruhkan seluruh jiwa dan raga mereka untuk merebut kemerdekaan ini dari tangan penjajah.

Wahai pemuda-pemudi Indonesia,

Kita sebagai pemuda-pemudi Indonesia hendaknya bersyukur dengan keadaan kita kini ini alasannya yakni kita spesialuntuk tinggal menikmati kemerdekaan ini saja berkat usaha para penlampau kita. Namun, bekerjsama usaha kita juga cukup berat alasannya yakni intinya mempertahankan lebih susah daripada mendapatkan. Oleh alasannya yakni itu, Sebagai pemuda-pemudi Indonesia ketika ini kita harus melanjutkan usaha para penlampau kita tapi kita berjuang bukanlah dengan mengangkat senjata, melainkan dengan berpresatasi dan mempersembahkan bantuan yang kasatmata kepada bangsa yang kita cintai ini.


Advertisement

Ada beberapa cara yang sanggup kita lakukan untuk mengisi kemerdekaan ini, diantaranya adalah:

Berprestasi

Jadilah pemuda-pemudi yang berprestasi. melaluiataubersamaini berpresatai, kita sanggup mengharumkan bangsa ini dan pertanda kepada dunia bahwa bangsa kita ini yakni bangsa yang harus diperhitungkan. Beprestasilah sesuai dengan bidang kita masing-masing.

Menjauhi narkoba

Pemuda yang baik yakni perjaka yang sehat baik rohani maupun jasmani. Oleh alasannya yakni itu dengan menjauhi narkoba saja kita sudah ikut berjuang dalam mengisi kemerdekaan ini alasannya yakni bangsa yang berpengaruh yakni bangsa yang pemuda-pemudinya sehat dan jauh dari narkoba. Sesungguhnya narkoba yakni perenggut masa depan kita dan kalau masa depan para perjaka Indonesia sudah terenggut oleh narkoba, maka sanggup dipastikan masa depan bangsa ini juga ikut terenggut.

Aktif dalam bermasyarakat

Sebagai pemuda, kita harus aktif dalam bermasyarakat maupun berpolitik. Pemuda seharusnya menjadi agent of change alasannya yakni perjaka mempunyai konsep-konsep pemikiran yang masih segar sehingga biasanya perjaka banyak mempunyai wangsit yang brilliant untuk membangun bangsa ini bukannya spesialuntuk membisu melihat apa yang dilakukan para golongan bau tanah di dingklik jabatannya.

Wahai pemuda-pemudi Indonesia, apa yang sudah saya sampaikan diatas yakni sebagian cara untuk berjuang dalam mengisi kemerdekaan kita ketika ini. Jangan hingga apa yang sudah diwariskan oleh para penlampau kita yang sudah rela mengorbankan nyawa dan hartanya hilang begitu saja.

Wahai pemuda-pemudi Indonesia

Marilah kita jadikan momentum pringatan sumpah perjaka ini untuk kembali mempersatukan seluruh pemuda-pemudi di Indonesia dan kembali kepada semangat persatuan, jadilah perjaka yang kreatif dalam pembangunan jangka panjang tahap dua ini,  Dan yang teraakhir jadilah perjaka yang taat kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang mengabdikan diri kepada nusa bangsa tanpa pamrih apapun.

Demikianlah pidato singkat yang sanggup saya sampaikan kali ini. Semoga apa yang sudah saya sampaikan ini sanggup bermanfaa untuk kita tiruana. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Selamat pagi.