Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Ciri, Dan Rujukan Teks Deskripsi Lengkap

Pengertian, Ciri, dan misal Teks Deskripsi Lengkap - Paragraf deskripsi ialah sebuah paragraf yang gagasan utamanya disampaikan dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan objek, tempat, atau bencana tertentu yang tengah menjadi topik kepada para pembacanya dengan terang dan terperinci sehingga pembaca seakan-akan melihat dan mencicipi sendiri apa yang sedang diungkapkan oleh penulis.

 

Ciri-Ciri Paragraf Deskripsi


Suatu paragraf sanggup dikatakan sebagai paragraf deskipsi jikalau mempunyai ciri-ciri khusus di bawah ini:

1. Paragraf deskripsi menggambarkan atau melukiskan sesuatu.
2. Penggambaran di dalam pargraf  tersebut dilakukan dengan sangat terang dan terperinci dan turut melibatkan kesan indera.
3. Saat pembaca membaca paragafaf deskripsi, pembaca seakan-akan merasakan, melihat, atau mengalami sendiri apa yang sedang dibicarakan di dalam paragraf tersebut.
4. Paragraf ini menerangkan ciri-ciri fisik objek menyerupai warna, ukuran, bentuk dan ciri-ciri psikis atau keadaan suatu objek dengan terperinci.

 

Jenis-Jenis Paragaraf Deskripsi


Paragraf deskripsi berubah menjadi beberapa contoh pengembangan paragraf menurut objek yang diseskripsikannya. Berikut ini ialah jenis-jenis paragraf deskripsi:

 

1. Paragraf Deskripsi Spatial


Objek yang digambarkan di dalam paragraf ini berupa benda, ruangan atau kawasan tertentu:

misal

Paragraf 1

Hari itu saya bangkit pagi kesiangan. Rasanya badan ini tidak mau beranjak dari kawasan pulas yang terletak di pojok kamarku sempurna di bawah jendela. Kasurnya yang empuk menempel dekat di tubuhku. Ditambah lagi dengan selimut yang terbuat dari kain sutra berwarna pink dan harum menciptakanku betah berlama-lama di atasnya. Kulihat jam dinding berukuran besar yang kuletakan di atas meja berguru terbuat dari kayu dengan cat hijau sudah menerangkan angka 8. Segera saya bangkit dari kawasan pulasku. Kemudian saya kelilingi ruangan yang berukuran 5 X 6 meter itu dan saya amati tiruana isi kamarku menyerupai lemari baju yang berada di samping kawasan pulasku dengan cermin yang cukup besar di tengah-tengahnya dan poster-poster idolaku yang menempel di tembok berwarna putih. Aku pun tersadar bahwa saya akan sangat merindukan kamarku ini alasannya ialah saya akan segera pergi ke luar negeri untuk menuntut ilmu.  

Paragraf 2

Kelasku sangat membersihkan dan nyaman. Luasnya kiraa-kira sekitar 6 X 7 meter dengan dinding tembok berwarna putih dan lantai keramik yang sangat membersihkan. Kelasku mempunyai 35 kursi dan kursi yang terbuat dari kayu. Tepat di depan kelas terdapat 2 buah papan tulis yang sangat besar. Meja guru terlihat sangat rapi dengan balutan bantalan meja bermotif kembang berwarna biru dengan sebuah vas bunga dan tumpukan buku diatasnya berada di samping papan tulis. Di samping meja guru terdapat sebuah lemari kawasan menyimpan peralatan kemembersihkanan menyerupai sapu, alat pel dan lap kaca. Tembok kelas kami yang indah dihiasi dengan gambar-gambar presiden dan para pahlawan. Itulah kelasku, kelas yang sangat membersihkan dan nyaman.

Paragraf 3

Sungai Dareh ialah sungai yang sangat membersihkan dan alami. Lebar sungainya yang spesialuntuk 6 meter menciptakannya kondusif sebagai kawasan berenang. Airnya pun membersihkan dan segar hampir tidak ada sampah satupun yang mengapung. Di sepanjang pinggiran sungai terdapat batuan-batuan yang cukup besar. Bagian kiri sungai meruapakan sawah yang sangat luas. Sedangkan cuilan kanan sungai ialah hutan. Itulah mengapa sungai ini sangat cocok untuk dijadikan kawasan wisata.

Advertisement

2. Paragraf Deskripsi Subjektif


Paragraf ini mendeskripsikan objenya dengan tafsiran dan kesan dari penuis itu sendiri.

misal:

Paragraf 1

Bakso Pak Sholeh ialah bakso yang paling enak di kota ini. Baksonya yang terbuat dari daging sapi sangat empuk dan enak di lidah. Ukurannya cukup besar tidak menyerupai ukuran bakso pada umumnya. Biasanya bakso berbentuk bulat, namun bakso Pak Sholeh berbentuk segitiga. Tak spesialuntuk baksonya saja yang enak. Mienya pun kenyal dan nikmat alasannya ialah terbuat dari tepung pilhan. Ditambah lagi dengan kuahnya yang sangat nikmat dan gurih menyatu dengan rasa bakso dan mie. Kuah Bakso Pak Sholeh terbuat dari bumbu-bumbu warisan keluarga yang sangat dirahasiakan. Itulah mengapa bakso ini cukup banyak penggemarnya.

Paragraf 2

Taman Buah Argo ialah kawasan wista yang sangat baik buat keluarga. Tempatnya yang nyaman dan juh dari kebisingan kota membuat program kumpul keluarga menjadi lebih bermakna. Di taman buah ini banyak terdapat fasilitas-fasilitas yang disediakan menyerupai wisata air, wisata pguan buah dan out bond. Di taman ini Anda akan menemukan sebuah kolam buatan yang sengaja di bangkit sempurna di tengah-tengah taman. Tak spesialuntuk itu kawasan wisata ini mempunyai ratusan pohon buah yang majemuk berbaris dengan sangat rapih.

Paragraf 3

Pak Usman ialah guru yang sangat di takuti oleh siswanya. Dia terlihat sangat gagah dan galak. Tingginya yang sangat besar kira-kira hampir 2 meter membuat beliau menyerupai seorang tentara. Pak Usman sangatlah disiplin. Dia selalu memarahi anakdidik-anakdidiknya yang menyalahi hukum menyerupai telat, rambut panjang dan membolos. Meskipun begitu Pak Usman tetaplah guru yang bertanggung jawaban. Dia selalu mengajar dengan lapang dada dan giat.

 

3. Paragraf Deskripsi Objektif


Paragraf ini menggambarkan suatu objek dengan keadaan yang bahwasanya dan tanpa kesan atau opini penulis.

misal:

Paragraf 1

Sepak bola ialah permainan team, Olahraga ini membutuhkan sebelas orang pemain, yang terdiri dari 1 penjaga gawang, 4 pemain belakang, dan sisanya pemain tengah dan penyerang. Olahraga ini membutuhkan sebuah bola dan gawang sebagai alat perhiasan permainan. Tidak spesialuntuk itu, sepak bola juga memerlukan wasit sebagai pengadil di atas lapangan. Olahraga ini berlangsung selama 90 menit dan terbagi menjadi 2 babak di mana setiap babak memerlukan waktu 45 menit.

Paragraf 2

Patung monas ialah sebuah monument yang dibangun untuk melambangkan semangat usaha bangsa Indonesia. Monumen ini dibangun pada tanggal 1959 atas prakasa Presiden Soekarno. Monas mempunyai tinggi sekitar 132 meter dan terdiri dari 3 bagian, yaitu pelataran bawah yang lebarnya 45 meter, pelataran atas yang tingginya 11 meter dan pengecap apai yang terbuat dari emas yang tingginya 17 meter. Monumen ini terletak di sebuah lapangan dengan luas sekitar 80 hektar sempurna di tengah-tengah kota Jakarta.

Paragraf 3

Pemandian Air Panas Ciledug ialah wisata air yang ada di Jawa Barat. Tempat wisata ini berjarak sekitar 5 km dari sentra kota. Di kawasan ini ada beberapa kolam air gerah yang bersumber dari dalam bumi. Kolam air gerah yang pertama gerahnya sekitar 20 derajat celcius, kolam kedua mempunyai suhu 25 derajat celcius, dan kolam yang terakhir ialah kolam yang tidak dipakai sebagi kawasan berendam alasannya ialah gerahanya mencapai 70 derajat celcius. Tempat wisata ini mempunyai luas sekitar 15 hektare  dan mempunyai kawasan belanja, kawasan pertemuan dan rumah makan.