Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Teladan Paragraf Ineratif Perihal Pendidikan

misal Paragraf Ineratif Tentang Pendidikan - Paragraf ineratif yaitu paragraf yang diawali dengan gagasan – gagasan penjelas sebagai pengantar gagasan utama yang terletak di tengah – tengah paragraf, dan kemudian kembali dikuatkan atau diperjelas dengan gagasan – gagasan penjelas lainnya.

Berikut ini yaitu pola – pola paragraf ineratif wacana pendidikan:

Paragraf 1

Seseorang bisa menjadi dokter lantaran adanya guru. Guru jugalah yang membuat profesi – profesi bergengsi lainnya ibarat polisi, pilot, tentara, hakim, pengacara, dan lain – lain. Bahkan pemimpin ada juga lantaran seorang guru. Tak bisa dipungkiri lagi bahwa guru yaitu profesi yang sangat penting dan mulia di kehidupan ini. Merekalah yang mendidik para calon – calon guru, polisi, bahkan pemimpin. Tanpa adanya guru, kemungkinan besar kita bukanlah siapa – siapa lantaran merekalah yang sudah mengajarakan kita membaca, menulis, berhitung, dan ilmu – ilmu pengetahuan lainnya. Selain mengajarkan ilmu – ilmu pengetahuan, guru jugalah yang sudah membuat kita bisa untuk bermimpi. Mimpi besar yang pada awalnya tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Disamping itu, guru yaitu orang renta kita di sekolah yang mengajarkan kita sikap – sikap yang baik. Sungguh besar jasa mereka bagi kita tiruana, tak akan mungkin sedikitpun kita bisa membalasnya lantaran jasa – jasa mereka tidaklah terhitung jumlahnya. Meskipun begitu, tak sedikit pun mereka meminta tanggapan dari kita. Mereka spesialuntuk kan senang kalau melihat anak didik mereka berhasil menjadi seorang yang mempunyai kegunaan bagi nusa dan bangsa.

Paragraf 2

Meningkatnya jumlah kriminalitas yang terajadi ketika ini tidaklah mengherankan. Bahkan sanggup dikatakan masuk akal lantaran faktor rendahnya pendidikan para pelaku kriminal tersebut. Akibat, tidak ada pekerjaan yang bisa mereka dapatkan, padahal mereka harus tetap mengisi perut mereka. Hal inilah yang mendorong mereka untuk berbuat kriminal ibarat mencuri, merampok, menipu, dan lain – lain. Berdasarkan ilustrasi yang dipaparkan di atas, sudah terperinci bahwa pendidikan yaitu hal yang sangat penting bagi masyarakat. Hal ini dikarenakan dengan pendidikan kita bisa mendapat ilmu yang berguna. Ilmu inilah yang bisa membawa seseorang ke dunia kerja ataupun membuat lapangan kerja sendiri. Jika seseorang sudah mempunyai pekerjaan, tentunya kebutuhan mereka akan terpenuhi. Alhasil, tidak ada lagi dorongan atau keadaan yang memaksa mereka untuk berbuat kejahatan, sehingga tingkat kriminalitas akan menurun lantaran orang – orang sudah bisa memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri.
Advertisement

Paragraf 3

melaluiataubersamaini ilmu, kita bisa pergi ke daerah manapun. Disamping itu, dengan ilmu kita juga bisa mendapat apa pun yang kita mau. Namun, ada kalanya ilmu juga bisa menghancurkan kita. Jika kita terlena dengan ilmu dan lupa dengan agama, maka dunia kita akan menjadi hancur lantaran ketidaan batasan bagi ilmu tersebut dunia ini. Oleh alasannya yaitu itu, ilmu sangat bermanfaa, tetapi memerlukan agama sebagai batasannya. Ilmu bisa mempersembahkan kemaslahatan bagi kita tiruana, contohnya dengan ilmu kita bisa membuat tekhnologi – tekhnologi canggih yang bisa megampangkan pekerjaan kita. Akan tetapi, kalau ilmu ini tidak dibatasi oleh agama, maka justru sebaliknya ilmu akan membawa kehancuran bagi kita tiruana. Manusia bisa saja menyalahgunakan ilmu itu untuk kepentingan mereka sendiri yang bisa merugikan orang banyak. contohnya para koruptor. Mereka yaitu orang yang diberilmu tetapi akung ilmunya mereka salah gunakan dengan mencuri dari rakyatnya. Hal ini yaitu akhir dari ilmu yang menutup mata hati mereka akhir dari ketiadaan agaman di dalam diri. 

Paragraf 4

Ada sebuah pepatah yang menyampaikan bahwa buku yaitu jendela dunia. Di dalam buku tersimpan ratusan bahkan ribuan hal yang tidak kita ketahui. Terlebih lagi, kalau kita membaca buku, maka pengetahuan kita akan menjadi sangat luas lantaran membaca buku membuat kita memasuki dunia yang belum pernah kita masuki sebelumnya. Oleh lantaran itu, buku sangatlah bermanfaa bagi kita. Buku akan mempersembahkan kita ilmu – ilmu yang tidak didiberikan di sekolah. melaluiataubersamaini membaca buku, kita juga bisa mengetahui segala sesuatu sehingga kita menjadi pandai dan berpengetahuan. terlebih lagi membaca buku akan mempersembahkan kita pengalaman – pengalaman yang sangat senang karean buku bukan spesialuntuk meliputi wacana ilmu pengetahuan tetapi buku juga meliputi wacana kisah – kisah yang menarikdanunik sehingga kita akan terhibur dan terhindar dari kebosanan yang bisa mengakibatkan kita stress.