Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan 3 Teladan Karangan Argumentasi Singkat

Pengertian dan 3 misal Karangan Argumentasi Singkat - Berdasarkan tujuannya suatu goresan pena sanggup dibagi menjadi karangan argumentasi, deskrispsi, narasi, eksposisi, dan persuasi. Pada peluang marilah kita bahas wacana karangan argumentasi lebih jauh.

Karangan argumentasi ialah salah satu bentuk goresan pena yang isinya berupa pendapat-pendapat penulis terkena suatu hal dengan mengemukakan pendapat berupa alasan, pola dan bukti yang kuat. Karangan ini bertujuan untuk menyakinkan atau mempengaruhi pembaca untuk sanggup mempunyai pandangan yang sama dengan penulis. 

 

Ciri-Ciri Karangan Argumentasi


Paragraf argumentasi mempunyai karakteristik sebagai diberikut:

1. Paragraf ini berusaha menyakinkan pembaca biar percaya dengan pendapat penulis
2. Paragraf ini disertai dengan pembuktian berupa data, fakta, grafik, table, dan lain-lain.
3. Paragraf ini meghindari keterlibatan emosi dan subjektivitas dalam mengemukakan pendapanya.
4. Paragraf ini memakai nalar dan daypikir sebagai landasan berfikirnya.

Di dalam karangan argumentasi, ada 3 penggalan utama yang harus ada, yaitu:

1. Penlampauan

Bagian penlampauan ialah penggalan awal di mana penulis akan memperkenalkan topik yang kan dibahasnya.

2. Tubuh argument

Pada penggalan ini meliputi argument atau pandangan-pandangan penulis terkena topik yang seadang dibahas.

3. Kesimpulan

Bagian kesimpulan ialah inti atau ringkasan seluruh pendapat pengarang akan suatu topik yang sedang di bahas.
Advertisement

 

3 misal Karangan Argumentasi Singkat


misal 1

Harga BBM Naik Lagi?

Pada selesai bulan Maret kemarin pemerintah resmi kembali menaikan harga BBM jenis premium yang tadinya Rp. 6.500 per liter menjadi Rp. 7.000 per liter. Kenaikan ini ialah sebuah bentuk ketidak berpihakan pemerintah dengan masyrakat menengah ke bawah. Mereka kembali menaikan harga BBM dengan dalih mengikuti harga perkembangan minyak dunia dan mengalihkan subsidi ke sector lain.

Hal ini tidaklah masuk budi lantaran Indonesia ialah salah satu Negara penghasil dan pemasok minyak bumi untuk Negara-negara lain. Cadangan minyak bumi kita cukup banyak dan sanggup dikatakan surplus untuk memenuhi kebutuhan minyak bumi di dalam negeri. Lantas mengapa kita terpengaruh dengan harga minyak dunia sedangkan kita ialah produsen minyak tersebut.

Mereka juga menyampaikan bahwa abolisi subsidi BBM akan dialihkan kepada sector lain ibarat pendidikan. pembangunan dan kesehatan. Lantas yang menjadi pertanyaan apakah kita sudah mencicipi itu tiruana? pendidikan yang mahal dan tidak merata, pembangunan yang lambat, dan pengobatan yang mahal masih kita rasakan sampai ketika ini. Lalu kemanakah janji-janji pemerintah tersebut? Apakah mereka menutup mata akan penderitaan masyarakatnya.

Sekali lagi kenaikan harga BBM ini mengikat leher masyarakat menegah ke bawah lantaran tanggapan kebijakan ini harga-harga kebutuhan pokok juga ikut mengalami kenaikan. Oleh lantaran itu, penulis mengharapkan pemerintah mengkaji ulang kenaikan BBM ini.

misal 2

Manfaat Internet

Internet ialah suatu teknologi canggih yang diciptakan untuk megampangkan seluruh kehidupan insan dengan kanal informasi yang tidak terbatas dan cepat. Namun, akungnya manfaat-manfaat yang disediakan oleh internet belum sepenuhnya sanggup dirasakan oleh masyarakat Indonesia. Dari sekitar 300 juta penduduk di Indonesia spesialuntuk separuhnya saja yang mengerti cara memakai dan memetik manfaat dari internet. Padahal, jikalau dimanfaatkan dengan bijak, aneka macam manfaat-manfaat yang sanggup kita rasakan.

Manfaat yang pertama ialah internet sanggup dipakai sebagai masukana untuk bisnis. Luasnya jangkaun internet sanggup dipakai sebagi masukana promosi produk yang ampuh. Selain cepat memasarkan bisnis di internet juga gratis, jadi kita tidak perlu membayar baiaya suplemen untuk promosi.

Tidak spesialuntuk untuk berbisinis, Internet juga sanggup dijadikan sumber informasi yang ampuh. Internet sanggup menghubungkan setiap orang dari belahan dunia manapun sehingga kita sanggup bertukar informasi dengan mereka. Namun, tidakbolehlah eksklusif percaya dengan diberita yang ada di Internet. Sebaiknya ceklah terlebih lampau kebenarannya.

Itulah sebagian dari manfaat internet yang sanggup kita ambil manfaatnya. Oleh kerena itu gunakanah internet sebijaksana dan sebaik mungkin biar kita mendapat manfaat dan terhindar dari dampak jelek internet.
 
misal 3

Bullying

Budaya bullying sangatlah berbahaya bagi tumbuh dan berkembang anak-anak. Bullying sanggup merusak masa depan dan menajadikan mereka pasif dan apatis terhadap dirinya dan juga lingkungnnya. Sebetulnya bullying sudah terjadi semenjak zaman lampau dan tidak ada yang tahu kapan budaya bullying dimulai.

Bahaya yang sanggup disebabkan oleh bullying ini sangat begitu besar bagi anak-anak. Anak-anak korban bullying yang terus mendapat tekanan dan ajukan dari kawan-kawannya akan menderita tekanan batin yang sangat berat. Mereka akan menjadi takut bersosialisai dan diberinteraksi dengan orang lain. Akibatnya mereka mulai menjauhkan diri dari lingkungannya. Sehingga terjadilah belum dewasa yang kurang percaya diri atau bahkan lebih parah lagi anak-nak yang menjadi stress.

Oleh lantaran itu, jauhi dan awasilah sikap bullying di dalam lingkungan belum dewasa biar masa depan mereka tidak hancur dan menjadi belum dewasa yang aktif dan berprestasi.