Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Pola Paragraf Perbandingan Beserta Ciri-Cirinya

Pengertian dan misal Paragraf Perbandingan Beserta Ciri-Cirinya - Perbandingan yaitu suatu upaya untuk mengamati persamaan atau perbedaan yang dimiliki oleh dua buah objek atau lebih yang mempunyai suatu kesamaan tertentu. Berdasarkan pengertian tersebut, paragraf perbandingan yaitu suatu paragraf yang di dalamnya terdapat kalimat utama yang dikemukakan dengan cara membandingkan dengan hal lain secara koheren dan kohesif.

Sering terjadi kesalahan penafsiran antara kalimat perbandingan dan perperihalan lantaran mereka berdua paragraf yang serupa namun tak sama. Yang membedakan ke dua paragraf ini yaitu cara penyampaian atau cara mengemukakan gagasan utamanya. Pada paragraf perbandingan, gagasan utama dikemukakan dengan cara membandingkan 2 hal yang mempunyai kesamaan misalnya, antara sepak bola dan futsal. Sedangkan paragraf perperihalan membandingkan 2 hal yang berlawanan atau berperihalan dengan menonjolkan perbedaannya saja dan memihak suatu objek.

Di karenakan paragraf perbandingan ialah pengembangan dari paragraf eksposisi. Oleh lantaran itu, hal yang dibandingkan haruslah bersifat konkret, logis dan umum. Kalimat-kalimat pendukung yang disajikan pun harus sesuai dengan keadaan yang bersama-sama atau fakta.

Ciri-Ciri Paragraf Perbandingan


1. Penulis memberikan gagasan utamanya dengan cara membandingkannya dengan suatu hal lainnya.
2. Membahas suatu hal yang bersifat kasatmata dan diketahui oleh masyarakat umum.
3. Bersifat netral atau tidak menjelek-jelekan suatu objek yang sedang dibahas atau didiskusikan.
4. Di dalam paragraf mempunyai kata-kata penghubung seperti, kalau dibandingkan dengan, menyerupai halnya,demikian juga, sama dengan,selaras dengan,sesuai dengan, dan lain-lain.

misal Paragraf Perbandingan



Sepak bola yaitu olahraga yang paling terkenal di muka bumi ini. Hampir tiruana usia, tidak peduli laki-laki ataupun perempuan menyukai dan memainkan olahraga ini. Namun ketika ini sepak bola sudah jarang dimainkan lagi dikarenakan susahnya menemukan lapangan sepak bola terutama di kota-kota besar akhir banyaknya pembangunan. Di tengah-tengah persoalan tersebut, sekarang muncul sebuah olahraga yang berjulukan futsal. Olahraga ini sama dengan sepak bola tetapi futsal tidak membutuhkan lapangan yang luas menyerupai sepak bola. Jumlah pemain futsal pun lebih sedikit kalau dibandingkan dengan sepak bola. Futsal bisa dimainkan spesialuntuk dengan 5 orang saja sedangkan sepak bola membutuhkan 11 orang pemain. Meskipun begitu olahraga sepak bola tetap digemari oleh masyarakat.

Paragraf perbandingan di atas, membandingkan dua buah objek yaiut sepak bola dan futsal dengan memakai data-data sesuai dengan keadaan yang bersama-sama atau fakta. Gagasan utama yang ingin disampaikan oleh penulis yaitu Sepak bola tetap menjadi olahraga yang digemari walupun sekarang muncul olahraga gres yaitu futsal.


Advertisement

misal-misal Lain Paragraf Perbandingan


Paragraf 1

Tennis dan bulu tangkis yaitu 2 jenis olah raga yang sama, yaitu kedua-duanya memilik alat pemukul bola dan sebuah jaring untuk perhiasan permainan. Meskipun begitu, tennis bukanlah jenis olah raga yang banyak peminatnya, olahraga ini spesialuntuk mempunyai penggemar yang banyak.  Berbeda halnya dengan badminton, olahraga ini mempunyai penggemar dan peminat yang sama banyaknya. Hal ini dikarenakan bulu tangkis yaitu olahraga yang cukup murah dibandingkan dengan tennis. Selain murah bulu tangkis juga bisa dimainkan dimana saja, sedangkan tenis spesialuntuk dimainkan di lapangan khusus. Oleh lantaran itu, bulu tangkis lebih banyak digemari oleh masyarakat. 

Paragraf 2

Tahun ini masalah penyalahgunaan narkoba di Indonesai meningkat tajam dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Bahkan tahun ini disebut-sebut lebih parah dari kasus-kasus yang terjadi di awal tahun sebelumnya. Penyalahgunaan narkoba yang terjadi tahun ini, disebabkan oleh derasnya penyelundupan narkoba yang masuk ke Indonesia. Menurut pihak bea cukai, penyelundupan narkoba yang terungkap tahun ini mencapai 30 masalah meningkat sekitar 100% dari tahun sebelumnya yang spesialuntuk mencapai 15 kasus. Tak spesialuntuk itu, berdasarkan BNN jumlah pengedar dan pemakai yang tertangkap tahun ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya dari 100 masalah menjadi 250 kasus.  Bahkan jumlah orang yang meninggal akhir narkoba naik sangat drastis mencapai 2 kali lipat dari tahun sebelumnya menjadi 400 orang. Oleh alasannya yaitu itu, tahun ini Indonesia tetapkan keadaan darurat narkoba.

Paragraf 3

Ubi akar atau yang disebut dengan singkong cocok dijadikan sebagai materi makanan utama untuk menggantikan nasi yang sedang mengalami kenaikan harga. Ke dua materi makanan ini sama-sama mengandung karbohidrat yang tinggi dan bisa menyediakan energy dalam jumlah yang banyak untuk menopang acara kita sehari-hari. Proses penyajiannya pun sama gampangnya menyerupai nasi lantaran mereka berdua spesialuntuk butuh direbus atau ditanak. Di samping karbohidrat, kandungan gizi singkong juga tidak kalah dengan kandungan gizi yang ada pada nasi.

Paragraf 4

Susu kambing mempunyai manfaat yang sama dengan susu sapi. Keduanya sama-sama mempunyai kandungan kalsium yang cukup banyak. Sama menyerupai susu sapi, susu kambing sangat cocok diminum untuk memperkuat masa tulang dan menambah tinggi ukuran tubuh. Susu kambing juga mempunyai kuman baik menyerupai yang ada pada susu-susu sapi, yaitu kuman lactobacillus yang baik untuk tubuh. Oleh lantaran itu, kedua susu ini sangat bermanfaa bagi badan kita.