Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Teladan Paragraf Lantaran Akhir Beserta Ciri-Cirinya

Pengertian dan misal Paragraf Sebab Akibat Beserta Ciri-Cirinya - Paragraf lantaran jawaban yakni salah satu paragraf yang ialah pengembangan dari pola pikir paragraf induktif dimana kalimat utama diletakkan di simpulan paragraf dan sering disebut juga dengan kesimpulan. Berdasarkan pola aliran tersebut, paragraf lantaran jawaban atau yang disebut dengan paragraf kausatif ialah paragraf yang dimulai dengan fakta-fakta khusus sebagai lantaran kemudian disimpulkan menjadi fakta umum pada kepingan simpulan kalimat yang disebut dengan akibat.

 

Ciri-Ciri Paragraf Sebab Akibat


1. Karena mengikuti pola pikir paragraf induktif, kalimat pertama pada paragraf lantaran jawaban berupa kalimat-kalimat khusus.
2. Paragraf ini memaparkan banyak contoh, problem atau peristiwa khusus yang disebut dengan lantaran kemudian di simpulkan menjadi satu contoh, problem atau peristiwa umum yang timbul jawaban sebab-sebab tersebut yang disebut juga dengan kalimat akibat.
3. Gagasan utamanya terletak pada kepingan simpulan kalimat atau kalimat yang menjadi jawaban di dalam suatu paragraf.
4. Adanya keterkaitan yang logis antara kalimat yang menjadi lantaran dan kalimat akibat.

 

misal Paragraf Sebab Akibat


Saat ini marak terjadi penebangan pohon secara liar. Hal ini dilakukan oleh cukong-cukong yang tak bertanggung jawaban dengan seenaknya saja membabat hutan tanpa menanaminya kembali. Tak spesialuntuk maraknya penebangan pohon, tanah-tanah sudah kehilangan fungsinya sebagai sumber resapan air dikarenakan pembangunan yang terjadi secara luas dan massif tanpa mengindahkan lingkungan. Di tambah lagi dengan kebiasaan jelek para insan yang tinggal di sekitar sungai. Mereka dengan sengaja memmembuang sampah mereka di sungai sehingga membuat sungai menjadi dangkal lantaran sampah yang menumpuk di permukaan sungai. Bahkan mereka juga membangun rumah-rumah di pinggiran sungai yang menambah ke semerautan wilayah sungai. Oleh kerena itu tidaklah heran mengapa peristiwa banjir sering terjadi pada isu terkini penghujan ini.

Paragraf di atas menyajikan sebuah bahasan wacana jawaban terjadinya banjir pada isu terkini kemarau. Berikut yakni pola dari paragraf lantaran jawaban di atas:

Penebangan hutan (Sebab khusus)
Hilangnya fungsi tanah serapan (Sebab  khusus)
Pendangkalan sungai (Sebab  khusus)
Pembangunan rumah di sekitar sungai (Sebab khusus)
Banjir selalu hadir pada isu terkini kemarau.     (Akibat umum)

Advertisement

 

Jenis-Jenis Paragraf Sebab Akibat


Paragraf ini bisa dikembangkan menjadi beberapa jenis yaitu, lantaran - akibat, jawaban - sebab, lantaran – jawaban 1 jawaban 2. Berikut ini yakni klarifikasi dan contoh-contoh jenis paragraf lantaran akibat.

1. Sebab akibat

Paragraf ini diawali dengan kalimat-kaliamat khusus yang ialah lantaran kemudian pada kepingan simpulan paragraf disimpulkan ke dalam kalimat umum yang ialah akibat.

misal:

Andi suka memmenolong sesam tanpa pamrih. Dia juga selalu baik terhadap tiruana orang. Sikapnya yang sopan membuat beliau praktis diterima di lingkungan mana saja. Tidak spesialuntuk itu, beliau juga mempunyai tutur kata yang lembut. Dia tidak pernah berbicara menyakiti perasaan orang lain. Meskipun beliau selalu jujur beliau mempunyai cara-cara yang sempurna untuk menasehati kawan-kawannya tanpa menyingung perasaan. Ditambah lagi beliau juga ialah orang yang berilmu di kelasnya. Meskipun begitu beliau tidak pernah pelit ilmu. Andi selalu mengajarkan kawan-kawannya yang bertanya kepadannya. Oleh lantaran itu, masuk akal saja Andi menjadi mitra keakungan dan anakdidik kesukaan guru-guru di sekolah.

2. Akibat sebab

Paragraf ini diawali dengan menyajikan kalimat-kalimat khusus yang berupa akibat-akibat dari sesuatu dan disimpulkan menjadi kalimat umum yang menjadi lantaran masalah-masalah tersebut muncul.

misal:

Hasil pguan para petani di Desa Cisandana tahun ini tidak memuaskan. Ribuan hektar sawah spesialuntuk bisa di pguan setengahnya. Banyak tanaman padi yang mati sebelum dipguan lantaran serangan hama menyerupai tikus, walang sangit dan lain-lain. Keadaan ini membuat petani cukup kesusahan untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Mereka harus memutar otak untuk menemukan jalan keluar dari permasalahan ini. Tidak spesialuntuk diberimbas pada petani, gagal pguan tahun ini juga diberimbas pada kelangkaan beras di pasar sehingga membuat hargannya menjadi naik hampir 2 kali lipat dari harga awalnya. Pemasalahan lain yang muncul yakni keringnya sumber-sumber mata air sehingga membuat setiap orang kerepotan untuk mendapat air yang membersihkan. Di tambah lagi dengn cuaca yang sangat gerah sampai menusuk tulang. Semua permasalahan-permasalahan di atas timbul lantaran disebabkan oleh kemarau yang terjadi tahun ini cukup panjang.

3. Sebab jawaban 1 jawaban 2

Paragraf ini mempunyai 2 kalimat yang menjadi jawaban dari sebab-sebab yang sudah dikemukakan pada kalimat sebelumnya. Namun, jawaban 1 akan menjadi sebuah lantaran yang sanggup mengakibatkan serangkaian jawaban lain (akibat 2).

misal:

misal 1

Kerusuhan yang terjadi pada beberapa puluh tahun yang kemudian membuat uang sangat susah didapat. Banyak uang yang hilang terbakar maupun rusak. Oleh lantaran itu, pemerintah kembali mencetak uang sebanyak-banyaknya untuk mengganti uang-uang yang hilang tersebut. Akan tetapi apa yang dilakukan oleh pemerintah ketika itu membuat uang yang beredar di masyarakat cukup banyak dan terjadilah hyper inflasi. Akibatnya, uang menjadi tidak berharga dikarenakan peredarannya yang sangat banyak dan juga terjadi krisis moneter.

misal 2

Pasokan gula di pasar tradisional semakin usang semakin menurun sehingga masyarakat kesusahan mendapat gula. Ketersediaan yang sedikit di pamasukan membuat harga gula melambung tinggi. Hal inilah yang mendorong pemerintah untuk melaksanakan impor gula dari negara tetangga dengan keinginan bisa memenuhi kebutuhan pasar. Namun, ternyata kebijakan ini membuat para petani gula menjadi semakin terpuruk. Mereka mengeluhkan harga gula yang sangat murah dan tidak sebandig dengan biaya beban produksi yang mereka tanggung, Oleh lantaran itu petani gula banyak yang gulung tikar.