Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Kesimpulan, Cara Menentukan, Dan Misalnya

Pengertian Kesimpulan, Teknik Menentukan, dan contohnya -  Kesimpulan ialah suatu pernyataan yang mengandung makna dari pembicaraan. Kesimpulan diperoleh dari untaian fakta-fakta yang terjadi. Sehingga, kesimpulan sanggup berupa kalimat yang bersifat pendapat yang menggeneralkan fakta-fakta yang ada.

Kesimpulan ialah hal yang paling intim dalam sebuah wacana. Inti dari sebuah pelajaran yang hendak didiberikan melalui pembagian terstruktur mengenai - pembagian terstruktur mengenai fakta akan mengarahkan pada kesimpulan yang bersifat umum. Adakalanya, kesimpulan ialah gagasan utama dalam sebuah paragraf, atau sebuah jawabanan akan pembuktian suatu karya ilmiah. Perbedaan antara kesimpulan dengan kalimat / gagasan utama ialah, kalimat utama ialah kesimpulan dalam dalam paragraf, sementara kumpulan gagasan-gagasan utama dalam sebuah teks sanggup membentuk suatu kesipulan. Artinya, kesimpulan sangat bersifat umum dan dirangkai menurut penjabaran-penjabaran fakta yang diuraikan. Perhatikan pola diberikut!!!

Data kriminalitas menunjukkan bahwa sebanyak 5987 masalah kejahatan menimpa anak-anak. Hal ini tentu menyita perhatian publik. Pasalnya sebanyak 2007 anak terlibat dalam tindak kejahatan, sementara sisanya sebagai korban. Kasus kejahatan ini mencakup pencurian, pembegalan, narkoba, dan seks. Meningkatnya masalah kejahatan yang melibatkan belum dewasa tentu menyita perhatian masyarakat. Pendidikan abjad yang digadang-gadang sanggup membentuk abjad anak sesuai dengan abjad bangsa pun belum terang terlihat. Pakar psikologi anak pertanda bahwa pendidikan abjad anak yaitu tanggung tanggapan orang dewasa, mencakup pendidikan orang tua, masyarakat / lingkungan, dan juga sekolah. Oleh sebab itu, pendidikan anak yaitu tanggung tanggapan bersama bukan spesialuntuk satu pihak

Pada pola di atas, gagasan utama pada paragraf terletak di final paragraf (yang dicetak miring dan ditebalkan). Pada tentang diatas, gagasan utama juga ialah kesimpulan. Kesimpulan dari tentang yang ingin disampaikan ialah duduk masalah pendidikan anak (kalimat dengan penulisan bold dan italic). Kesimpulan pada paragraf diatas ialah ilham pokok yang terdapat pada final paragraf tersebut. Adapun macam-macam pola pengembangan paragraf sanggup dibedakan menurut letak kesimpulan atau ilham pokok, yaitu deduktif dan induktif. Perbedaan yang fundamental ialah letak gagasan utamanya. Paragraf yang menjabarkan terlebih dulu kesimpulan gres fakta-fakta yang mendukung disebut dengan paragraf deduktif. Sebaliknya, paragraf induktif menjabarkan terlebih lampau fakta-fakta atau alasan-alasan yang kemudian merujuk pada kesimpulan di final kalimat. 

Advertisement

Teknik Menentukan Kesimpulan


Dalam soal-soal Bahasa Indonesia, terdapat beberapa soal tentang yang mempunyai serangkaian pertanyaan salah satunya ialah menemukan kesimpulan. Perlu taktik dalam mengerjakan soal-soal tersebut, pasalnya teks cukup panjang dan waktu pengerjaan soal amat terbatas. Oleh sebab itu, tidak sempurna kalau harus membaca keseluruhan teks untuk menentukan kesimpulan dari tentang tersebut. Lantas, bagaimanakah kiat-kiat  menentukan kesimpulan? Berikut ulasannya.

1. Scanning wacana


Tak perlu membaca secara keseluruhan tentang yang ada. Carilah kata kunci atau ilham pokok pada tiap tiap paragraf.


2. Teknik Merangkai Kesimpulan


Beberapa macam cara yang sanggup dipakai dalam menyimpulkan, yaitu:

a. Teknik generalisasi

Kesimpulan diperoleh melalui proses penarikan pernyataan secara umum dari kalimat-kalimat fakta sebelumnya. Ciri khas metode ini mengunakan kata dengan demikian. Perhatikan pola diberikut:

Hasil berguru siswa kelas X Sekolah Menengan Atas Sumber Ilmu kurang memenuhi kriteria kelulusan minimum (KKM). Oleh sebab itu banyak siswa yang mengikuti kegiatan remedial untuk mencukupi nilainya. Diketahui bahwa selama ini guru mempersembahkan kiprah diskusi kepada siswa tanpa aba-aba dan pengawasan guru. Selain itu, interaksi yang terjadi selama pembelajaran spesialuntuk satu arah. 

Kesimpulan yang sanggup ditarik dari paragraf ialah “melaluiataubersamaini demikian, kiprah guru sangat besar lengan berkuasa pada hasil berguru siswa, meski pembelajaran sekarang berbasis pada siswa yang aktif namun membutuhkan bimbingan dan aba-aba guru”. 

b. Teknik analogi

Yang dimaksud dengan analogi ialah membandingkan dua hal yang tidak sama namun diperlihatkan kesamaan pada sisi tertentu. Perhatikan pola diberikut:

Hidup itu menyerupai sebuah perjalanan yang mempunyai tujuan. Ketika ingin tetapkan untuk pergi ke suatu kawasan maka untuk meraihnya kita harus bergerak. Akan ada orang lain yang mempunyai tujuan yang sama dalam menuju kawasan tersebut. Namun, pada hasilnya masing-masing akan hingga pada waktu yang tidak sama-beda. Hal ini sebab dipengaruhi oleh bayak hal seperti, pemilihan angkutan yang akan mempengaruhi waktu kita untuk hingga pada tujuan tersebut. Angkutan umum relatif lebih usang dibanding mengendarai angkutan pribadi. Selain itu, perbedaan jarak antara rumah dengan tujuan kita juga akan mempengaruhi hal tersebut, rute perjalanan dan lainnya. Semua itu tergantung pada pilihan yang kita ambil.

Kesimpulan dari paragraf tersebut ialah, “Hidup menyerupai perjalanan, mempunyai tujuan. Cepat atau lambatnya kita dalam meraih tujuan yaitu tergantung bagaimana kita menentukan jalan untuk menempuhnya”.