Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Poster, Jenis, Cara Membuat, Dan Pola Kalimat Poster

Pengertian Poster, Jenis, Teknik Membuat, dan misal Kalimat Poster - Poster, sering kita dengar kata ini, namun, sebetulnya apa makna dari poster? Sesuai dengan yang ada di wikipedia, bahwa poster ialah sebuah karya seni yang memuat komposisi karakter serta gambar dan berada di atas kertas dengan ukuran besar. Masih disadur dari wikipedia, bahwa aplikasi poster biasanya dilakukan dengan menempelkan pada dinding, serta permukaan datar lainnya. Poster memiliki sifat menarikdanunik perhatian mata, sehingga aneka macam desain poster dibentuk berwarna-warni lengkap dengan kontras warna yang kuat. 

Peletakannya yang ada di daerah umum, membuat poster menjadi aneka macam macam masukana yaitu pendidikan, propaganda, iklan produk, dujungasi dinding, serta sosialisasi program-program pemerintah.

Itu ialah definisi jikalau kita membuka wikipedia, namun ketika kita membuka kbbi atau engkaus besar bahasa Indonesia, maka poster ialah plakat yang terpasang di tempat-tempat umum dan biasanya berupa iklan atau pengumuman. 

Jenis-Jenis Poster


Sesuai dengan isinya, poster terbagi menjadi empat macam dimana kalimat-kalimat diberikut akan membuktikan jenis-jenisnya secara lebih rinci:

1. Poster Niaga

Merupakan poster yang paling banyak dipampang. Isinya ialah kalimat serta gambar promosi produk. Di Indonesia, salah satu poster niaga yang sering kita lihat ialah poster produk rokok.

misal poster iklan rokok

2. Poster Kegiatan

Sebagai upaya publikasi kegiatan, sebuah penyelenggara jadwal biasanya membuat poster yang meliputi warta acara. Informasi tersebut meliputi hal-hal umum menyerupai waktu dan daerah jadwal berlangsung, tema acara, beserta gambar-gambar yang dibentuk untuk menarikdanunik minat pengunjung.

misal poster kegiatan konser musik


3. Poster Pendidikan

Poster ini meliputi aneka macam warta pendidikan menyerupai sosialisasi jadwal pendidikan dari pemerintah. Salah satu misalnya ialah ketika pemerintah mensosialisasikan jadwal wajib mencar ilmu 9 tahun. Maka selama periode sosialisasi tersebut, ada banyak poster yang disebar di aneka macam tempat.

misal poster sosialisasi gerakan anti menyontek


4. Poster Layanan Masyarakat

sepertiyang namanya, poster layanan masyarakat ialah poster dengan tujuan mensosialisasikan jadwal layanan masyarakat yang digagas oleh pemerintah. Salah satu misalnya ialah layanan posyandu.

misal poster layanan Posyandu

Sesudah melihat uraian wacana jenis-jenis poster lengkap dengan contohnya, selanjutnya ada poin-poin penting wacana bagaimana cara membuat poster.

Advertisement

Teknik Membuat Poster


Disini saya tidak akan membuktikan terkena bagaimana mendesain (menggambar) sebuah poster, namun yang akan dijabarkan ialah bagaimana langkah-langkah konseptual dari pembuatan poster itu sendiri.

1. Tentukan Topik & Tujuan

Pertama, Anda harus memilih apa yang ingin dibahas dalam poster tersebut, apakah mengulas produk kecantikan, kegiatan sosial, atau sebuah film animasi. 

Kemudian, tentukan pula alasan Anda membuat poster tersebut. Anda menciptakannya untuk promosi? atau spesialuntuk sekedar sosialisasi. Tentunya, poster-poster promosi lebih membutuhkan riset fokus dalam hal gambar, kata-kata, dan peletakan daripada sebuah poster sosialisasi program.

2. Buat Kalimat Singkat dan Bersifat Mensugesti

Poster biasanya dibaca secara sekilas oleh pengunjung. Sedikit sekali pejalan kaki atau pengendara yang berlama-lama di suatu tempat, spesialuntuk untuk membaca sebuah poster. 

Untuk itu, buatlah kalimat yang singkat semoga dapat dibaca spesialuntuk dalam waktu beberapa detik saja. Nantinya, melalui bahasa singkat tersebut, maka pesan yang ditulis oleh para pembuat poster dapat tersampaikan dengan baik. 

Tetapi, tidakboleh hingga kata-kata tersebut malah ambigu dan membuat para pembaca kebingungan. Buatlah kalimat yang terang serta mensugesti orang untuk membeli atau melaksanakan sesuatu (terutama ketika Anda membuat poster promosi produk).

3. Gunakan Gambar

Gambar ialah alat penyampai pesan yang paling menarikdanunik. INI mengapa aneka macam poster dikala ini memakai gambar dengan proporsi jauh lebih besar dibandingkan dengan tulisan.

Gambar dengan warna-warna mencolok ialah jenis yang sebaiknya Anda gunakan demi pengunjung yang lebih banyak.

4. Gunakan Media yang Tepat

Media (tempat ditempelnya poster) akan memilih apakah poster Anda banyak dilihat atau tidak. Jika Anda menempelkan poster di dinding-dinding yang ada di pasar, kemungkinan poster tersebut jauh lebih 'laris' ketimbang jikalau ditempel pada dinding-dinding perkampungan.

misal-misal Kalimat Poster


1. "Beri Bukti, Bukan Sekedar Janji" - Poster Kampanye Politik

2. "Semakin banyak pohon kamu tanam, semakin banyak nyawa kamu selamatkan" - Poster Sosialisasi Lingkungan Hidup

3. "Satu juta perhari spesialuntuk dari bisnis rumahan" - Poster Seminar Bisnis

4. "Jatuhkan rokokmu, tinggikan prestasimu!" - Poster Anti Rokok & Pendidikan

5. "Konser yang muda, yang bersuara!" - Poster Konser Band