Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Serta Referensi Paragraf Deduktif Induktif Dan Campuran

Pengertian Serta misal Paragraf Deduktif Induktif dan Campuran - Paragraf ialah suatu rangkaian kalimat yang saling berafiliasi sehingga membentuk suatu kesatuan pokok yang mengulas ihwal suatu permasalahan. Kesatuan pokok di dalam suatu paragraf disebut dengan inspirasi pokok atau gagasan utama. Suatu paragraf spesialuntuk mempunyai satu inspirasi pokok yang menjadi nyawa suatu paragraf tersebut.

Untuk membentuk suatu paragraph yang utuh paragraf didukung oleh kalimat-kalimat penjelas yang disebut dengan kalimat pendukung. kalimat-kalimat ini sanggup berupa data, fakta, contoh, ilustrasi dan opini.

Suatu paragraf sanggup dikatakan paragraf yang baik jikalau memenuhi beberapa persyaratan diberikut ini:

1. Memiliki satu gagasan utama baik tersirat maupun tersurat
2. Memiliki beberapa kaliamat-kalimat pendukung yang menunjukan kalimat utama baik ialah contoh, data, fakta atau uraian.
3. Antar kalimat di dalam suatu paragraf mempunyai relasi yang coherence, melaluiataubersamaini kata lain, kalimat-kalimat di dalam suatu paragraf saling berafiliasi dan saling mendukung satu sama lain.
4. Memiliki ciri unity yaitu kalimat-kalimat di dalam paragraf ialah kesatuan yang padu. Kepaduan di dalam paragraf dicirikan dengan penerapan kata penghubung seperti: oleh lantaran itu, meskipun, tetapi, namun dan lain-lain.
5. Kalimat-kalimat di dalam paragraf mempunyai struktur kebahasaan yang baik dan menggunakaan ejaan yang benar.

 

Jenis-Jenis Paragraf


Ada banyak jenis paragraf yang sering kita jumpai sehari-hari yang dikelompokan dalam beberapa kategori menyerupai jenis paragraf, letak kalimat utamanya, tujuan paragraf dan lain-lain.

Kali ini penulis akan mengulas jenis kalimat yang dikelompokan menurut letak kalimat utamanya. Berdasarkan letak kalimat utamanya, paragraf dikelompokan menjadi 3 macam paragraf yaitu paragraf deduktif, paragraf, induktif dan paragraf campuran.

1. Paragraf deduktif

Paragraf deduktif ialah paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal kalimat. Paragraf ini diawali dengan menunjukan permasalahan umum (Gagasan utama) yang kemudian dijelaskan atau didukung oleh beberapa kalimat pendukung yang berupa data, contoh, ilustrasi dan lain-lain sesudahnya.

Secara umum paragraf ini mempunyai pola:

Umum,
Khusus,
Khusus

misal:

Kemembersihkanan di sekolah ini sangat memprihatinkan. (umum)                                                          
Banyak sampah yang awut-awutan dimana-mana. (Khusus)
Bahkan dibeberapa tempat, sampah-sampah itu sudah mengakibatkan anyir yang tidak sedap.(Khusus)
Tidak spesialuntuk sampah, selokan yang mampet mengakibatkan genangan air dimana-mana.(Khusus)
Seperti yang terlihat di depan ruang kelas 8, air menggenang sampai mencapai mata kaki.(Khusus)
Hal ini dikarenakan kurangnya kesadaran yang dimiliki oleh guru maupun anakdidik di sekolah itu.(Khusus)

Kalimat utama paragraf di atas ialah “Kemembersihkanan di sekolah ini sangat memprihatinkan”              
                                                     
2. Paragraf Induktif

Paragraf induktif ialah paragraf yang kalimat utamanya diletakan di tamat paragraf. Kalimat ini juga sering disebut dengan kesimpulan. Paragraf ini diawali oleh pemaparan-pemaparan khusus yang berupa kalimat pendukung dan diakhiri dengan suatu kesimpulan.

Paragraf induktif sanggup dikembangkan menjadi beberapa jenis paragraf menyerupai paragraf generalisasi, analogi dan lantaran akibat. Semua paragraf tersebut mempunyai kalimat utama pada cuilan tamat kalimat.

Secara umum, paragraf induktif mempunyai pola sebagai diberikut:

Khusus
Khusus
Umum

misal:

Bulan ini beras megalami kenaikan harga menjadi Rp. 10.000 per kilonya.(Khusus)
Begitu pula dengan harga  materi pokok lainnya juga turut menagalami kenaikan.(Khusus)
misalnya: cabe merah menjadi Rp. 7.000 perkilonya, bawang putih menjadi 8.500.(Khusus)
Tidak spesialuntuk kebutuhan pokok, kenaikan ini juga diikuti oleh kenaikan tarif angkutan umum.(Khusus)
kenaikan harga yang terjadi ketika ini ialah dampak dari kenaikan harga BBM.(Khusus)
Oleh lantaran itu, harga BBM sangat besar lengan berkuasa terhadap harga-harga barang lainnya.(Umum)

Kalimat utama paragraf di atas ialah “Oleh lantaran itu, harga BBM sangat besar lengan berkuasa terhadap harga-harga barang lainnya”

3. Paragraf Campuran

Berdasarkan namanya, paragraf ini ialah gabungan dari 2 jenis paragraf deduktif dan induktif sehingga mempunyai 2 kalimat utama. Kalimat utama paragraf ini diletakan diawal dan diakhir paragraf dimana kalimat utama di awal kalimat sebagai pengenalan topic yang akan dibahas dan kalimat utama di tamat paragraf sebagai restating atau penegas.

Secara umum, kalimat utama mempunyai pola sebagai diberikut:

Umum
Khusus
Khusus
Umum

misal:

Pohon kelapa sangat bermanfaa bagi kehidupan manusia.(Umum)
Seluruh cuilan pohon mereka sanggup dimanfaatkan.(Khusus)           
misalnya, buah mereka baik sanggup dijadikan masakan atau sebagai adonan masakan.(Khusus)
Dahan mereka sanggup dibentuk menjadi sapu lidi bahkan daun mudanya  sanggup dijadikan janur.(Khusus)
Tidak spesialuntuk itu, batang mereka biasa dipakai sebagai materi membuat rumah. (Khusus)
Akar mereka yang kelihatannya tidak mempunyai kegunaan sanggup dijadikan kayu bakar. (Khusus)
Itulah mengapa pohon kelapa tidak sanggup dipisahkan dari kehidupan manusia. (Umum)

Kalimat utama paragraf di atas ialah “Pohon kelapa sangat bermanfaa bagi kehidupan manusia.” dan “Itulah mengapa pohon kelapa tidak sanggup dipisahkan dari kehidupan manusia.”

Advertisement


Berikut ini ialah contoh-contok paragraf deduktif, induktif dan campuran.

1. Paragraf deduktif

Paragraf 1

Indonesia ialah sebuah bangsa yang besar. Ini sanggup dilihat dari banyaknya jumlah suku-suku yang tinggal di Indonesia menyerupai suku batak, jawa, lampung dan bali. Keragaman suku tersebut mempunyai bahasa kawasan yang tidak sama-beda. Kita juga mempunyai kebudayaan yang sangat beragam. Tidak spesialuntuk sukunya saja yang banyak, Indonesia juga mempunyai ribuan pulau yang terbentang dari sabang sampai merauke.

Paragraf 2

Olahraga sangat bermanfaa bagi badan kita. melaluiataubersamaini olahraga yang teratur badan menjadi sehat dan lincah. Hal ini dikarenakan olahraga memmenolong proses metabolisme di dalam badan kita sehingga menghasilkan energy untuk menunjang acara kehidupan sehari-hari. Olahraga juga sanggup membuat badan kita bugar sehingga membuat kita semangat sepanjang hari.

Paragraf 3

Berlibur di pulau bali sangatlah menyenagkan. Di sana kita akan melihat pemandangan-pemandangan yang sangat indah dan populer menyerupai tanah lot, pantai sanur, pantai lovina, tanjung benoa dan patung GWK. Tak spesialuntuk tempat wisatanya yang indah, Bali juga mempunyai kebudayaan yan unik menyerupai tari barong, kecak dan masih banyak lagi. Kita juga sanggup melaksanakan kunjungan ke desa-desa yang masih sangat traditional. Di sana kita akan disambut oleh kehangatan penduduk loal yang sangat ramah.

Paragraf Induktif

Paragraf 1

Sekolah ku mempunyai taman bunga yang sangat indah. Di sana banyak sekali tumbuhan bunga yang ditanam menyerupai bunga mawar, melati dan anggrek. Di sekolah ku juga ada kolam ikan yang cukup besar di depan pintu gerbang sekolah. Tak spesialuntuk itu, Lingkungan di sekolahku juga sangat membersihkan dan banyak sekali pepohonan yang rindang. Sejauh mata memandang kita tidak akan menemukan sampah yang berserakan. Itulah mengapa sekolahku sangat nyaman sebagai tempat belajar.

Paragraf 2

Narkoba mempunyai dampak candu yang sangat kuat bagi para pemakainya. Mereka pada mulanya akan mencicipi gairah yang kuat dan detak jantung yang meningkat. Oleh lantaran dampak candu tersebut, pengguna tidak sanggup lepas dari narkoba sehingga mereka akan terus melakukannya. Pemakaian yang banyak dan terus menerus inilah yang sanggup mengakibatkan overdosis dan janjkematian bagi para pemakai narkoba. Oleh lantaran itu, Narkoba sangatlah berbahaya bagi kita tiruana.

Paragraf Campuran

Paragraf 1

Indonesia ialah negera yang sangat kaya raya. Kita mempunyai kekayaan yang tidak terbatas baik di daratan maupun di lautan. Laut yang sangat luas menyimpan kekayaan hewani dan potensi kelautan menyerupai ikan, udang bahkan mineral menyerupai minyak bumi. Di daratan pun, Kita mempunyai keberguaka ragaman flora, fauna dan hasil tambang yang menambah inventaris kekayaan Indonesia. Belum lagi penampakan alam nya yang indah, terbentang sangat luas dari sabang sampai kota merauke. Dan yang terakhir kebudayaan yang berguaka ragam pun turut memenuhi kekayaan Indonesia. Melihat tiruana potensi tersebut, tidak diragukan lagi bahwa Indonesia ialah negara yang sangat kaya baik budaya maupun kekayaan alamnya.

Paragraf 2

Pasar modal tidak sama dengan pasar uang. Pada umumnya, pasar modal (capital market) ialah pasar yang menjajakan banyak sekali instrumen keuangan jangka panjang yang sanggup diperjualbelikan, baik dalam bentuk uang ataupun modal. Sedangkan pasar uang (money market) ialah pasar yang menjajakan surat berharga jangka pendek. Oleh lantaran itu, pasar modal dan pasar uang ialah satu hal yang bebeda.