Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Kutipan Pribadi Lebih Dari 4 Baris Lengkap

misal Kutipan Langsung Lebih dari 4 Baris Lengkap - Pada artikel sebelumny kelasindonesia.com sudah mengulas secara lengkap terkena kutipan. Kali ini kelasindonesia.com akan mempersembahkan rujukan secara lengkap terkena kutipan eksklusif lebih dari empat baris.  

Kutipan eksklusif ialah jenis kutipan yang mana pengutip mengambil secara eksklusif pernyataan atau inspirasi atau gagasan seorang penulis atau penemu terlampau untuk mendukung atau menguatkan gagasan pegutip pada karya yang sedang dibuatnya. Teknik kutipan eksklusif dengan panjang lebih dari empat baris ialah suatu metode kutipan eksklusif yang mana pengutip mengambil lebih dari empat baris panjangnya. Hal ini dirasa kutipan memang benar-benar diharapkan untuk mendukung dan menguatkan tentang teori atau pernyataan pengutip. Aturan-aturan dalam menulis kutipan eksklusif lebih dari empat baris antara lain:

a. Kutipan ditulis pada alinea/ paragraf yang tidak sama dengan jarak spasi 2,5
b. Identitas penulis beserta tahun terbit dan halaman ditulis sebelum kutipan dengan format, nama penulis (tahun terbit terbaru: halaman buku)
c. Kutipan ditulis dengan jarak spasi satu, dan goresan pena boleh dimiringkan.

Agar lebih jelasnya, diberikut didiberikan rujukan artikel yang memakai kutipan eksklusif lebih dari empat baris.

FERTILISASI PADA MANUSIA


Reproduksi ialah satu –satunya cara suatu makhluk hidup untuk melestarikan (menjaga keeksistesi) jenisnya (keturunan).  Reproduksi sanggup ditempuh dengan tanpa kawin (aseksual) atau melalui perkawinan (seksual). Tidak tiruana makhluk hidup bisa menempuh kedua cara tersebut. Reproduksi pada insan berlangsung secara kawin, artinya melibatkan dua sel gamet dari dua individu yang tidak sama jenis kelabuin (sperma=jantan, ovum=betina). Reproduksi pada insan dan makhluk lain yang melibatkan sel gamet diawali dengan terjadinya fertilisasi, yaitu proses peleburan sel sperma dari induk jantan dengan sel ovum betina yang sudah matang yang terjadi di dalam organ reproduksi induk betina. 
Telur yang sudah dibuahi oleh sperma akan terus berkembang di dalam rahim ibu ke tahap embriogenesis atau perkembangan embrio. Tidaklah simpel bagi sperma untuk sanggup membuahi sel telur. terdapat sekitar 200-600 juta sperma yang sanggup dihasilkan oleh laki-laki dan saling bersaing untuk membuahi sel telur. dari sekian ratus juta sperma yang masuk, spesialuntuk satu sel sperma saja yang sanggup membuahi sel telur, luar biasa. Lalu bagaimana dengan ratusan juta sel sperma yang lain??? Taufiq (2006:43) menerangkan:

“ setelah nutfah (spermatozoa) diletakkan di dalam vagina , ia harus menempuh jalan yang panjang semoga hingga ke ovum. ... . nutfah menghadapi serangkaian kendala dan kesusahan dalam perjalanannya menuju vagina, rahim, dan saluran. Olehkarena itu, ia harus bisa menempuh jarak itu dalam waktu sesingkat mungkin.  Sesudah mengalami perjalanan panjang, sejumlah nutfah (sekitar 40%) akan tertinggal dan tidak sanggup mengikuti pertandingan hingga akhir. Sebagian nutfah akan mati oleh lendir vagina. Tidak ada spermatozoa yang bisa bertahan hidup dan melanjutkan pertandingan, kecuali yang bisa menembus vagina dengan selamat. ... . sekelompok nutfah akan tersesat dan hancur di dalam susukan rahim (tuba). Perlombaan lari itu memasuki babak yang memilih dan mendekati garis finis setelah jutaan penerima gagal di babak – babak sebelumnya. Akhirnya, spesialuntuk ratusan yang ialah unsur terbaik dan terkuat yang hingga ke babak final. ” 

Advertisement
Perjuangan sperma untuk sanggup menemukan sel telur, sperma rela berkorban dan berani menghadapi tantanan dengan resiko fatal yang sanggup terjadi. Dan hingga karenanya hannya sperma-sperma terbaik dan tangguh yang sanggup bertaha hingga babak akhir. Perjuangan sperma belum berakhir dikala ratusan sperma karenanya menemukan sel telur. selanjutnya sel sperma akan menghadapi tantangan selanjutnya yaitu dengan lapisan pelindung telur. ibarat yang dijelaskan oleh Campbell (2004: 179):

“ ... . sekresi dalam susukan reproduksi betina mamalia mengubah molekul tertentu pada permukaan sel sperma yang sudah didepositkan atau dimasukkan selama ejakulasi jantan dan juga meningkatkan motilitas sperma tersebut. Peningkatan fungsi sperma dalam susukan reproduksi betin ini, yang disebut dengan kapasitasi , memerlukan waktu sekitar 6 jam pada manusia. sel telur mamalia diselubungi oleh sel –sel folikel yang dilepaskan dan dibebaskan bersama dengan sel telur itu selama ovulasi. Sebuah sel sperma yang dikapasitasi harus ampu bermigrasi melalui lapisan sel folikelini sebelum mencapai zona pelusida, atau matriks ekstraseluler sel teur. ... . Zona pelusida berfungsi sebagai reseptor sel sperma, yang diberikatan dengan molekul komplementer pada permukaan kepala sperma. Pengikatan kepala sperma dengan molekul reseptornya menginduksi akrosom sperma itu untuk membebaskan isinya dengan cara eksositosis. Enzim – enzim pencernaan protein dan hidrolase yang dikeluarkan dri akrosom membuat sel sperma bisa menembus zona pelusida dan mencapai membran plasma sel telur tersebut. Reaksi akrosomal ini juga memaparkan sejenis protein pada membran sel sperma yang diberikatan dan menyatu dengan membran sel telur. 

Pengikatan sel sperma dengan sel telur memicu depolarisasi membran sel telur, yang berfungsi sebagai pemblokiran cepat terhadap polispermia”. 

Hanya ada satu sel sperma yang berhasil membuahi sel telur. kasus bayi kembar ialah bukan hasil dari pembuahan ganda (satu sel telur dibuahi oleh lebih dari satu sel sperma). Sesudah satu sel sperma yang terbaik sanggup membuahi sel telur, maka respon alami akan terjadi, yaitu ibarat mengerasnya lapisan pelindung sel telur semoga tidak sanggup dibuahi oleh sel sperma yang lain. Sesudah terjadi pembuahan  (fertilisasi), maka proses selanjutnya akan terjadi pembelahan sel dan pembentukan organ.