Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beberapa Istilah Terkait Tes

Di dalam proses pendidikan akan selalu ada situasi yang memerlukan pengambilan keputusan. Keputusa-keputusan ini, yang disebut keputusan pendidikan, spesialuntuk akan sanggup diambil dengan bijaksana dan sempurna apabila dilandasi dengan info yang relevan dan akurat. Salah satu sumber info yang terpenting dalam hal ini ialah hasil pengukuran yang diperoleh dari tes.
Sebelum hingga pada uraian yang lebih jauh, maka akan diterangkan terlebih lampau arti dari beberapa istilah yang bekerjasama dengan tes, yaitu alat atau pro sedur yang dipakai untuk mengetahui atau mengukur sesuatu dalam suasana, dengan cara dan aturan-aturan yang sudah ditentukan.
Pertama: Testing. Testing ialah dikala pada waktu tes itu dilaksanakan. Dapat juga dikatakan testing ialah dikala pengambilan tes.
Kedua: Testee. Testee ialah responden yang sedang mengerjakan tes. Kaprikornus orang-orang inilah yang sedang dinilai atau diukur baik terkena kemampuan, minat, bakat, pencapaian prestasi dan sebagainya.
Kedua: Tester. Tester ialah orang yang diserahi untuk melakukan pengambilan tes terhadap para responden atau testee.
®
Kepustakaan:
Saefuddin Azwar, Tes Prestasi (Fungsi dan Pengembangan Pengukuran dan Prestasi Belajar), (Yogyakarta: Liberty, 1987). Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 1990).