Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Sikap Munkarat

Di dalam al-Quran banyak ayat yang membuktikan wacana kata munkar ini, antara lain pada surat Ali Imran ayat 104 dan surat Luqman ayat 17. Prinsip ini berdasarkan Muktazilah sebagai cara mengatasi sikap munkarat yang harus dijalankan oleh setiap orang Islam untuk menyiarkan agama dan mengambil bab dari kiprah ini.
Sejarah menawarkan betapa gigihnya kaum mutazilah mempertahankan Islam, memberantas sikap munkarat yang tersebar luas pada permulaan khalifah bani Abbasiyyah yang hendak menghancurkan kebenaran Islam, bahkan tidak segan-segan memakai kekerasan dalam melakukan perinsip tersebut, meskipun terhadap sesama golongan Islam sebagaimana yang pernah dialami golongan jago hadits dalam problem khalqul Quran.
Adapun dalam perspektif Asyariyah wacana mengatasi sikap munkarat sangat tidak sama dengan prinsip Muktazilah. Dalam prinsipnya Asyariyah tidak memakai kekerasan melainkan akal dan anti kerasan sepanjang pihak tersebut tidak memerangi. Dalam memberikan kebaikan dan melarang kemunkaran dihentikan memakai pemaksaan kecuali sangat membahayakan orang banyak.
*Berbagai sumber