Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Strategi Radio Kumunitas Dalam Komunitasnya

Radio komunitas menempatkan pendengarnya sebagai subyek dan penerima yang telibat. Untuk sanggup menarikdanunik simpati dan keterlibatan komunitasnya. Guna melancarkan pesan yang disampaikan kepada pendengar, para personil yang berkecimpung memerlukan modal pengetahuan dan pengalaman yang memadai wacana penyiaran.
Seluruh personil yang menggeluti dunia siaran ini harus mempunyai pengetahuan yang memadai sehubungan dengan kiprah mereka. Pengetahuan dan pengalaman tersebut ialah modal yang utama dalam memilih operasional yang akan ditempuh guna memikat khalayak pendengar.
Faktor yang paling penting dan memilih keberhasilan suatu stasiun penyiaran radio dan televisi ialah jadwal atau acara. Oleh alasannya itu, dalam upaya pencapaian sasaran pendengar memerlukan programming atau penata acara. Penataan itu sendiri ialah sebuah proses mengatur jadwal termasuk penjadwalannya sehingga terbentuk station format dengan tujuan membuat image stasiun penyiaran radio.
Setiap jadwal siaran harus mengacu pada pilihan format siaran tertentu seiring semakin banyaknya stasiun penyiaran. Strategi jadwal ditinjau dari aspek administrasi strategis, jadwal siaran terdiri dari perencanaan program, produksi dan pembelian program, sanksi program, pengawasan dan penilaian program
®
Kepustakaan:
Triartanto, Broadcasting Radio Panduan Teori dan Praktek, (Yogyakarta: Pustaka Book Publisher, 2010). Harley Prayuda, Radio Suatu Pengantar Untuk Wacana Dan Praktek Penyiaran, (Malang: Bayumedia, 2005).