Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Definisi Bauran Promosi Dalam Ekonomi

Salah satu upaya supaya produk yang dihasilkan sanggup diterima konsumen yaitu dengan melakukan promosi secara sempurna dan terpadu sesuai dengan situasi dan kondisi perusahaan. Kegiatan promosi sanggup dilakukan dengan banyak sekali cara menyerupai advertising, personal selling, sales promotion, dan publisitas.
Promosi ialah salah satu unsur dalam bauran pemamasukan (marketing mix) yang bertujuan untuk menginformasikan, mempengaruhi, membujuk dan mengingatkan pelanggan atau konsumen ihwal samasukan perusahaan dan bauran pemamasukannya.
Bauran promosi yaitu kombinasi yang paling baik dari variable-variabel periklanan, penjualan personal, promosi penjualan dan kekerabatan masyarakat yang ketiruananya direncanakan untuk mencapai tujuan.
Kegiatan memperkenalkan produk dengan meyakinkan dan meningkatkan kembali manfaat suatu produk kepada para pembeli dengan cita-cita mereka akan termotivasi dan secara suka rela membeli produk tersebut.
Menurut William J. Staton, menyatakan, bauran promosi yaitu sejenis komunikasi yang mempersembahkan pengeluaran yang meyakinkan kepada calon konsumen ihwal barang dan j asa, yang memiliki tuj uan untuk memperoleh perhatian, mendidik, mengingatkan dan menyakinkan calon kosumen.
Istilah bauran promosi mengacu pada kombinasi dari beberapa alat promosi yang tidak sama yang sanggup dipakai oleh perusahaan untuk mengiklankan dan menjual layanan produknya.
Dalam acara promosi dikenal adanya bauran promosi yaitu kombinasi dari srtategi yang paling baik dari periklanan, personal selling, promosi penjualan, dan public relation dengan ciri dan biaya yang tidak sama. Sehingga pemasar harus memahami betul bagaimana masukana yang sempurna dalam memasarkan produk/ jasa yang ketiruananya direncanakan untuk mencapai tujuan jadwal penjualan.
®
Kepustakaan:
Buchari Alma, Manajemen Pemamasukan dan pemamasukan jasa, (Bandung: Alfabeta,2000). Charles W. Lamb, Jr. Joseph F. Hair, Jr. Dan Carl McDaniel, Pemamasukan, (Jakarta: Salemba Emban Patria, 2001). Mahmud Machfoed, Komunikasi Pemamasukan Modern, (Yogyakarta, Cakra Ilmu, 2010)