Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Komponen Yang Mempengaruhi Pembelajaran Berdasarkan Pakar

Pembelajaran ialah suatu proses interaksi (hubungan timbal balik) antara pendidik dengan akseptor didik. Terdapat beberapa pendapat terkena komponen-komponen yang mensugesti pembelajaran berdasarkan pakar, diantaranya adalah.
Oemar Hamalik: Pembelajaran yakni suatu kombinasi dari komponen pembelajaran yang tersusun mencakup unsur manusiawi, yakni akseptor didik, pendidik dan tenaga lainnya; material, mencakup buku, papan tulis dan kapur, fotografi, slide dan film, dll; kemudahan dan perlengkapan, terdiri dari ruangan kelas, perlengkapan audio visual dan komputer; dan prosedur, mencakup jadwal, metode, praktek, belajar, ujian.
Sardiman AM: Ada beberapa komponen dalam interaksi berguru mengajar, yakni 1) pendidik; 2) akseptor didik; 3) metode; 4) alat atau teknologi; 5) masukana; 6) tujuan.
Jasa Ungguh Muliawan: Komponen pembelajaran, yaitu: 1) anak didik; 2) materi pendidikan; 3) tujuan pendidikan; 4) pendidik atau pendidik; 5) komponen lain, yakni metode, alat, lingkungan insan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Abdul Rachman Saleh: Proses pembelajaran senantiasa dipengaruhi oleh beberapa komponen, yaitu 1) kompetensi dasar; 2) materi atau materi ajar; 3) sumber belajar; 4) media dan kemudahan belajar; 5) akseptor didik yang belajar; 6) pendidik yang mengelola pembelajaran.
Dari tiruana pendapat para pakar terkena komponen pembelajarna, penulis simpulkan bahwa dalam setiap proses pembelajaran akan ditemukan adanya 1) unsur manusiawi, yaitu akseptor didik dan pendidik; 2) unsur material yaitu materi ajar; 3) unsur kemudahan dan perlengkapan, mencakup alat, media; 4) unsur prosedur, mencakup tujuan, metode, evaluasi.
®
Kepustakaan:
Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara, 1999). Sardiman AM, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rajpertamai Press, 2001). Jasa Ungguh Muliawan, Pendidikan Islam Integratif: Upaya Mengintegrasikan Kembali Dikotomi Ilmu dan Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005). Abdul Rachman Shaleh, Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa, (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2004). Jalaluddin, Teologi Pendidikan, (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2001).