Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Forum Keuangan Mikro

Lembaga Keuangan Mikro ialah upaya penyedia jasa keuangan, terutama simpanan dan kredit, dan juga jasa keuangan lain yang diperuntukan bagi keluarga miskin dan berpenghasilan rendah yang tidak mempunyai terusan terhadap bank komersial.
Dalam Lincolin Arsyad, Lembaga Keuangan Mikro ialah forum yang mempersembahkan jasa keuangan bagi pengusaha mikro dan masyarakat berpenghasi lan rendah, baik formal, semi formal, dan informal yang tidak terlayani oleh forum keuangan formal dan sudah berorientasi pasar untuk tujuan bisnis.
Lembaga Keuangan Mikro berfungsi sebagai forum yang menyediakan banyak sekali jasa pinjaman, baik untuk acara produktif yang dilakukan perjuangan mikro, maupun untuk acara konsumtif keluarga masyarakat miskin. Sebagai forum simpanan, Lembaga Keuangan Mikro sanggup menghimpun dana yang dijadikan prasyarat bagi adanya kredit walaupun pada jadinya sering kali jumlah kredit yang didiberikan lebih besar dari dana yang berhasil dihimpun.
®
Kepustakaan:
Zainul Arifin, Dasar-dasar Ekonomi, (Alvabet, Jakarta: 2006). Elsi Kartika Sari, Pengantar Hukum Zakat dan Wakaf, (Jakarta: Grasindo, 2006).