Komponen Yang Mempengaruhi Pembelajaran Berdasarkan Pakar
Pembelajaran ialah suatu proses interaksi (hubungan timbal balik) antara pendidik dengan akseptor didik. Terdapat beberapa pendapat terkena komponen-komponen yang mensugesti pembelajaran berdasarkan pakar, diantaranya adalah.
Oemar Hamalik: Pembelajaran yakni suatu kombinasi dari komponen pembelajaran yang tersusun mencakup unsur manusiawi, yakni akseptor didik, pendidik dan tenaga lainnya; material, mencakup buku, papan tulis dan kapur, fotografi, slide dan film, dll; kemudahan dan perlengkapan, terdiri dari ruangan kelas, perlengkapan audio visual dan komputer; dan prosedur, mencakup jadwal, metode, praktek, belajar, ujian.
Sardiman AM: Ada beberapa komponen dalam interaksi berguru mengajar, yakni 1) pendidik; 2) akseptor didik; 3) metode; 4) alat atau teknologi; 5) masukana; 6) tujuan.
Jasa Ungguh Muliawan: Komponen pembelajaran, yaitu: 1) anak didik; 2) materi pendidikan; 3) tujuan pendidikan; 4) pendidik atau pendidik; 5) komponen lain, yakni metode, alat, lingkungan insan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Abdul Rachman Saleh: Proses pembelajaran senantiasa dipengaruhi oleh beberapa komponen, yaitu 1) kompetensi dasar; 2) materi atau materi ajar; 3) sumber belajar; 4) media dan kemudahan belajar; 5) akseptor didik yang belajar; 6) pendidik yang mengelola pembelajaran.
Dari tiruana pendapat para pakar terkena komponen pembelajarna, penulis simpulkan bahwa dalam setiap proses pembelajaran akan ditemukan adanya 1) unsur manusiawi, yaitu akseptor didik dan pendidik; 2) unsur material yaitu materi ajar; 3) unsur kemudahan dan perlengkapan, mencakup alat, media; 4) unsur prosedur, mencakup tujuan, metode, evaluasi.
®
Kepustakaan:
Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara, 1999). Sardiman AM, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rajpertamai Press, 2001). Jasa Ungguh Muliawan, Pendidikan Islam Integratif: Upaya Mengintegrasikan Kembali Dikotomi Ilmu dan Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005). Abdul Rachman Shaleh, Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa, (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2004). Jalaluddin, Teologi Pendidikan, (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2001).