Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Media Pembelajaran Leaflet

Media pembelajaran Leaflet yaitu materi cetak tertulis berupa lembaran yang dilipat tapi tidak dimatikan atau dijahit. Media bimbing jenis leaflet ialah salah satu dari jenis media cetak. Media cetakan mencakup bahan-bahan yang disiapkan di atas kertas untuk pengajaran dan informasi.
Kelebihan media cetakan termasuk media pembelajaran leaflet adalah
  1. Siswa sanggup berguru dan maju sesuai dengan kecepatan masing-masing. Materi pelajaran sanggup dirancang sedamikian rupa sehingga bisa memenuhi kebutuhan siswa, baik yang cepat maupun yang lamban membaca dan memahami. Namun, pada alhasil siswa diperlukan sanggup menguasai nateri pelajaran itu.
  2. Di samping sanggup mengulangi materi dalam media berbentuk cetakan khususnya leaflet, siswa akan mengikuti urutan pikiran secara logis
  3. Perpaduan teks dan gambar dalam halaman cetak yang dikemas sedemikian rupa sanggup menambah daya tarik, serta sanggup memperlancar pemahaman info yang disajikan.
Keterbatasan dan ialah bab dari belum sempurnanya media pembelajaran leaflet, yaitu:
  1. Tidak sanggup menampilkan gerak dalam media leaflet
  2. Biaya percetakan mahal apabila ingin menampilkan ilustrasi, gambar, atau foto yang berwarna.
  3. Proses percetakan media sering kali memakan waktu lama.
Pembelajaran dengan memanfaatkan media bimbing jenis leaflet diperlukan supaya siswa mendapat pelengkap sebelum mereka melaksanakan pembelajaran sehingga prosesnya sanggup berjalan dengan lancar dan hasil dari sebuah pembelajaran akan tercapai dengan terbaik.
®
Kepustakaan:
Prasetya Irwan, Suciati, Wardani, Teori Belajar, Motivasi, dan Keterampilan Mengajar, (Jakarta: Universitas Terbuka, 2000).