Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Laboratorium Sekolah; Pengertian Dan Fungsi

Secara etimologi kata laboratorium berasal dari kata latin, yang berarti daerah bekerja. Dalam perkembangannya kata laboratorium mempertahankan artiaslinya yaitu daerah bekerja, akan tetapi khusus untuk keperluan penelitian ilmiah. Ketika IPA/ sains merasa perlu mengadakan ruang siswa melaksanakan aktivitas yang berkaitan dengan saing, laboratorium yang dipakai untuk aktivitas ini disebut sebagai laboratorium sains sekolah (school science laboratory).
Laboratorium diartikan sebagai daerah yang sanggup berbentuk ruangan terbuka, ruang tertutup, kebun sekolah, rumah beling atau lingkungan lain untuk melaksanakan percobaan atau penelitian. Ruang atau kamar yang dimaksud yaitu gedung yang dibatasi dinding, atap, atau alam terbuka. Pengertian laboratorium yang dimaksud dalam penelitian ini dibatasi pada laboratorium yang berupa ruang tertutup. Laboratorium ialah suatu wadah atau daerah untuk melaksanakan eksperimen-eksperimen sebagai pembuktian kebenaran teori-teori yang didiberikan dalam kelas, merangsang percobaan tertentu secara terpimpin, atau menemukan sendiri sekaligus meningkatkan daya kebijaksanaan siswa.
Adapun fungsi dari ruangan laboratorium IPA/ sains antara lain sebagai diberikut;
  1. Tempat pembelajaran IPA/sains dan mempersembahkan keterampilan-keterampilan.
  2. Tempat interaksi kawan-kawan baru, baik teori-teori maupun benda-benda teknologi gres dan keterampilan-keterampilan.
  3. Tempat display atau pameran.
  4. Tempat mempraktikkan dan menerangkan benar tidaknya (verifikasi) faktor-faktor gejala­-gejala tertentu.
  5. Tempat berlangsungnya aktivitas pembelajaran Biologi secara praktek yang memerlukan peralatan khusus.
  6. Laboratorium sangat penting bagi pembelajaran IPA di sekolah alasannya yaitu banyak bahan IPA khususnya Biologi yang harus di lakukan dengan aktivitas praktikum. Kegiatan laboratorium (praktikum) ialah bab integral dari aktivitas mencar ilmu mengajar Biologi.
  7. Laboratorium ialah tempat, gedung, ruang dengan segala macam peralatan yang diharapkan untuk aktivitas ilmiah, selain itu laboratorium ialah masukana media di mana di lakukan aktivitas mencar ilmu mengajar Biologi terutama praktikum.
®
Kepustakaan:
Nyoman Kertiasa, Laboratorium Sekolah dan Pengelolaannya, (Bandung: Pudak Scientific, 2006). Koesmadji, W, dkk, Teknik Laboratorium, (Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UPI, 2004). M. Lubis, Materi Pokok Pengelolaan Laboratorium IPA, (Jakarta: Universitas Terbuka, 1993). Sigit Saptono. Strategi Belajar Mengajar Biologi, (Semarang; Universitas Negeri Semarang (UNNES), 2003).