Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Penerapan Pendekatan Bcct Dalam Pembelajaran

Dalam proses penerapan pembelajaran BCCT ini digunakanlah empat jenis pijakan untuk mendukung perkembangan anak, yaitu: (baca: pendekatan BCCT dalam pembelajaran)
Pertama, Pijakan Lingkungan Main. Pada pijakan ini sebelum anak hadir, terlebih lampau pendidik (orang tua) menyiapkan serta menata alat dan materi main sesuai dengan rencana dan aktivitas kegiatan yang sudah disusun.
Kedua, Pijakan Sebelum Main. Pada piajkan ini pendidik atau orang renta dan anak melingkar, pendidik memdiberi salam dan menanyakan kabar anak-anak, mengabsen dan meminta anak secara bergilir untuk memimpin doa. Selanjutnya pendidik memberikan tema hari itu dan dikaitkan dengan kehidupan anak, pendidik membacakan dongeng yang ada kaitannya dengan tema dan menanyakan isi dongeng tersebut kepada anak, lalu mengaitkan isi dongeng dengan kegiatan bermain yang dilakukan anak dan mengenalkan anak tiruana kawasan dan alat main yang sudah disiapkan.
Langkah selanjutnya pendidik memberikan hukum main (digali dari anak), mempresentasikan anak menentukan mitra main dan mainan, cara memakai alat-alat tersebut, kapan memulai dan kapan mengakhiri serta merapikan kembali alat main yang sudah digunakan, setelah itu pendidik mempersilahkan anak bermain.
Ketiga, Pijakan Selama Main. Pada pijakan ini pendidik berkeliling diantara belum dewasa yang sedang bermain, memdiberi teladan bagi yang belum dapat memakai alat main, memdiberi pemberian dengan pertanyaan kasatmata yang ada kaitannya dengan pekerjaan yang dilakukan anak, memdiberi menolongan bila dibutuhkan, mencatat apa yang dilakukan anak baik jenis main maupun tahap perkembangannya, dan mengumpulkan hasil kerja anak dengan terlebih lampau mencatat nama dan tanggal. Bila waktu tinggal 5 menit pendidik memdiberitahukan kepada anak untuk bersiap siap menuntaskan kegiatan mainnya.
Keempat, Pijakan Sesudah Main. Pada pijakan ini pendidik memdiberitahukan kepada anak bahwa sudah saatnya bagi mereka untuk membereskan alat dan materi yang sudah digunakan, jadi anak turut dilibatkan. Alat dan materi diatur dan ditata kembali sesuai jenis dan tempatnya. Sesudah itu anak kembali duduk dalam lingkaran. Sesudah itu pendidik menanyakan kepada setiap anak kegiatan main yang dilakukan (recalling) guna melatih daya ingat anak dan melatih anak mengemukakan gagasan dan pengalaman mainnya (memperluas perbendaharaan kata anak).
®