Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Elemen Kualitas Berdasarkan Pakar

Dalam kehidupan sehari-hari seringkali orang membicarakan duduk perkara kualitas, contohnya terkena kualitas sebagian besar produk luar negeri yang lebih baik dari pada produk dalam negeri. Apa sebetulnya pengertian kualitas itu? pertanyaan ini sangat banyak jawabanannya, alasannya maknanya akan sangat berlainan bagi setiap orang yang tergantung pada konteksnya.
Kualitas mempunyai banyak kriteria yang berubah secara terus menerus. Orang yang tidak sama akan menilai dengan kriteria yang berlainan pula. Meskipun tidak ada definisi terkena kualitas yang diterima secara universal, terdapat beberapa elemen-elemen sebagai diberikut:
  1. Kualitas mencakup perjuangan memenuhi atau melebihi harapan
  2. Kualitas mencakup beberapa aspek produk, jasa, manusia, proses dan lingkungan
  3. Kualitas ialah kondisi yang selalu berubah
melaluiataubersamaini berdasarkan elemen-elemen tersebut, Goestch dan Davis dalam Musman, membuat pengertian terkena kualitas yang lebih luas cakupannya. Pengertian kualitas yakni suatu kondisi dinamis yang bekerjasama dengan produk, jasa, manusia, proses, dan lingkungan yang memenuhi atau melebihi harapan. Sedangkan berdasarkan Gaspersz V, kualitas yakni memenuhi atau sama dengan persyaratannya. Pengertian kualitas berdasarkan engkaus ilmiah terkenal lengkap, kualitas yakni mutu baik, buruknya barang.
Juran mendefinisikan kualitas sebagai cocok atau sesuai untuk digunakan. Menurut Juran ada tiga langkah dasar untuk mencapai kualitas, antara lain mencapai perbaikan terstruktur atas dasar kesinambungan yang dikombinasikan dengan pengabdian dan keadaan yang mendesak, mengadakan jadwal petes secara luas, membentuk komitmen.
®
Kepustakaan:
Musman, Antara Kuantitas dan Kualitas, (Semarang: Proyek Penerangan dan Bimbingan dan Dakwah, 1992). Gaspersz Vincent, Metode Analisis Untuk Peningkatan Kualitas, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2003).