Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Strategi Giving Question And Getting Answer

Menurut J. R. David yang dikutip Wina Sanjaya, bahwa dalam pendidikan, seni administrasi diartikan sebagai a plan, method, or series of activities designed to achives a particultural educational goal. Strategi pembelajaran diartikan sebagai perencanaan, metode, yang meliputi wacana rangkaian acara yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan.
Strategi giving question and getting answer yaitu seni administrasi yang sangat baik dipakai untuk melibatkan akseptor didik dalam mengulang bahan pelajaran yang sudah disampaikan. Strategi ini sempurna dipakai di final pertemuan, yaitu pada 15 menit terakhir misalnya, atau di final semester sebagai rangkuman atau pengulangan tiruana bahan yang sudah didiberikan selama satu semester. Selain itu metode ini juga dikembangkan untuk melatih akseptor didik mempunyai kemampuan dan keterampilan bertanya dan menjawaban pertanyaan.
Adapun langkah-langkah seni administrasi pembelajaran giving question and getting answer meliputi beberapa tahap, yaitu:
  1. Memdiberikan dua kartu indeks kepada setiap akseptor didik
  2. Meminta akseptor didik untuk menuntaskan kalimat
  3. Membuat sub-kelompok dan minta masing-masing kelompok menentukan pertanyaan untuk ditanyakan yang paling tepat, dan pertanyaan untuk dijawaban yang paling menarikdanunik dari kartu-kartu anggota kelompoknya.
  4. Meminta setiap kelompok melaporkan pertanyaan yang dipilih, dan menentukan apakah seseorang dalam seluruh kelas sanggup menjawaban pertanyaan itu. Jika tidak, pengajar seharusnya merespon.
  5. Meminta setiap sub-kelompok untuk membuatkan pertanyaan untuk dijawaban (kertas 2) yang ia pilih. Dan mengajak anggota sub kelompok membuatkan jawabanan dengan kelompok lain.
®
Kepustakaan:
Wina Sanjaya, Strategi Pebelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Kencana, 2007). Hisyam Zaini, dkk, Strategi Pembelajaran Aktif, (Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2008). Agus Suprijono, Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010). Hamruni, Strategi dan Model-model Pembelajaran Aktif Menyenangkan, (Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009).