Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Grammar Yang Harus Dipelajari Dalam Bahasa Inggris

INIRUMAHPINTAR - Grammar Yang Harus Dipelajari Dalam Bahasa Inggris, Menguasai Bahasa Inggris mengharuskan penguasaan grammar secara umum. Grammar harus dipelajari dan dipahami, bukan spesialuntuk sekedar diketahui. Grammar harus diaplikasikan dalam tiruana skills berBahasa Inggris. Khusus di Indonesia, mengaplikasikan Bahasa Inggris secara eksklusif tanpa mencar ilmu Grammar akan terasa susah, apalagi di pedalaman yang jauh dari lingkungan berBahasa Inggris. Namun, sesungguhnya mencar ilmu grammar tidak sesusah yang dibayangkan. Cukup pelajari grammar dasar kemudian gunakan dalam percakapan sehari-hari. Jika teman bersahabat termasuk pembelajar yang aktif mencar ilmu belajar sendiri memakai buku dan audio mp3, tentu ini akan terasa gampang. Silahkan atur jadwal mencar ilmu Bahasa Inggris secara konsisten. Jika serius, satu bulan sudah lebih dari cukup untuk mempelajari dan menguasai grammar-grammar dasar untuk berbicara. Adapun kalau teman bersahabat mengalami kesusahan, kursus singkat selama sebulan penuh dengan pengajar dan metode terbaik akan sangat memmenolong.

sumber ilustrasi: pixabay.com
Materi Grammar-grammar dasar untuk speaking di bawah ini semoga sanggup menjadi tumpuan untuk teman bersahabat yang ingin menjadi penutur Bahasa Inggris yang baik. Silahkan tandai dan kumpulkan materi bimbing dari beberapa buku untuk menguasai materi grammar tersebut secara terbaik.

1. Singular and Plural Nouns
2. Count Nouns vs. Non-Count Nouns
3. Possessive Nouns
4. Pronouns
5. 'Be' Verbs
6. Action Verbs
7. Adjectives
8. Comparative and Superlative Adjectives
9. Adverbs
10. Simple Tense
11. Progressive and Perfect Tense
12. Perfect Progressive Tense
13. Irregular Verbs
14. Gerunds
15. Infinitives 1

16. Infinitives 2
17. Active Voice and Passive Voice
18. Indicative, Imperative, Subjunctive Mood
19. Auxiliary Verbs - 'Be,' 'Do,' 'Have'
20. Auxiliary Verbs - 'Will/Would,' 'Shall/Should'
21. Auxiliary Verbs - 'Can/Could,' 'May/Might/Must'
22. Prepositions - 'On,' 'At,' 'In'
23. Prepositions - 'Of,' 'To,' 'For'
24. Prepositions - 'With,' 'Over,' 'By'
25. Conjunctions - Coordinating and Correlative
26. Conjunctions - Subordinating
27. Conjunctive Adverbs
28. Articles - Indefinite and Definite
29. Interjections
30. Capitalization

Mengapa Belajar Grammar penting?

Di Indonesia, bahasa Inggris masih diposisikan sebagai foreign language atau bahasa asing. Artinya, bahasa Inggris belum menjadi salah satu bahasa tutur di kehidupan sehari-hari bagi masyarakat Indonesia pada umumnya. melaluiataubersamaini fakta ini, siswa-siswa yang sedang mencar ilmu bahasa Inggris di sekolah kesusahan memperoleh lingkungan yang memadai untuk melatih kemampuan berbahasa Inggrisnya. Di sekolah sendiri, masih jarang guru bahasa Inggris yang menerapkan full English atau English day untuk para siswanya. 

Sementara itu, kalau melihat struktur kebutuhan para siswa dikala ini menurut kurikulum, kemampuan memahami bacaan dan menyimak menjadi prioritas sebelum pelajaran berbicara (speaking). Buktinya, di ujian final nasional, materi atau topik soal mencakup menjawaban soal-soal listening (mendengarkan) dan menjawaban soal bacaan (reading comprehension). Melihat fakta ini, cara cepat untuk menguasai bahasa Inggris bekerjsama ialah mengenalkan Grammar sedini mungkin.

Banyak jago yang menyangkal bahwa belajargrammar spesialuntuk akan menghambat kefasihan berbicara. Iya benar, tetapi kalau tidak mencar ilmu gGrammar, bagaimana mungkin para siswa Indonesia bisa membuat kalimat sendiri, khususnya kalimat yang tidak pernah didengarnya. Selain itu, grammar menjadi teladan pokok untuk memahami bacaan, menjawaban soal, dan menulis kalimat sendiri. 

Kelebihan yang lain ialah dengan mencar ilmu grammar, khususnya materi-materi yang serius pada pembentukan jenis-jenis kalimat, maka para siswa bagai mempunyai pancing. Mereka sanggup memancing ikan sebanyak-banyaknya. Dalam hal ini, dengan dasar grammar yang baik, mereka sanggup membuatkan skill mereka sendiri seiring dengan berjalannya waktu. 

Haruskah Belajar Grammar?

Andai saja di Indonesia ada lingkungan ber-bahasa Inggris sepanjang waktu dan kita tinggal di lingkungan itu maka rasanya tidak perlu mencar ilmu grammar. Bukankah bayi mencar ilmu bicara mulanya bukan melalui grammar, melainkna dengan mendengar kemudian melaksanakan imitasi ujaran. 

Benar saja, mencar ilmu berbica dengan mendengarkan berulang-ulang sangat efektif. Namun, bagaimana kalau tidak ada lingkungan yang mendukung untuk mendengar tuturan bahasa Inggris setiap hari? Nah, di sinilah tugas grammar. Lebih baik mencar ilmu grammar. melaluiataubersamaini grammar kita bisa buat kalimat sendiri sehingga sanggup dipakai untuk berbicara. melaluiataubersamaini grammar kita bisa memahami bacaan sehingga sanggup pula memmenolong untuk menjawaban soal bacaan. melaluiataubersamaini grammar kita lebih praktis memahami pelajaran menyimak (listening) meski baiknya dibarengi dengan pembiasaan. 

Jadi, kesimpulannya ialah kalau bisa tinggal di lingkungan native speaker yang berbahasa Inggris tidak usah mencar ilmu grammar biar bisa berkomunikasi. Namun, kalau tidak bisa dan terlanjur berusia belasan tahun, dimana kemampuan pemerolehan bahasa sudah berkurang, lebih baik mencar ilmu grammar biar tidak ketinggalan. Dari pijakan inilah nanti, gres kita imbangi dengan banyak-banyak mendengar materi bahasa Inggris.

Semoga isu wacana Grammar Yang Harus Dipelajari Dalam Bahasa Inggris ini bermanfaa dan menjadi wangsit Anda untuk mencar ilmu Bahasa Inggris lebih giat. Semangat!