Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Manfaat Penulisan Kreatif

INIRUMAHPINTAR - Untuk memahami apa Pengertian dan Manfaat Penulisan Kreatif terlebih lampau harus diketahui batasan-batasan makna dari kata penulisan dan kreatif. Berikut ini hasil rumusan dan penelaahan terhadap makna kata tersebut berdasarkan sumber-sumber terpercaya, yaitu:

Pengertian Penulisan

  • Penulisan sanggup diartikan sebagai cara atau proses menulis.
  • Penulisan berdasarkan buku Bahasa Melayu: Dimensi Pengajaran dan Pembelajaran yaitu proses menghasilkan teks karangan berbentuk diberita, rencana, esai, surat, laporan dan sejenisnya.
  • Pengertian penulisan dalam sudut pandang lain yaitu proses penyampaian pesan dari penulis kepada pembaca sesuai dengan suasana hati dan tujuan tertentu secara jujur, jelas, dan langsung. 

Kesimpulan Penulis tentang pengertian "penulisan"

sumber ilustrasi : commons.wikimedia.org
Jadi, berdasarkan pengertian-pengerian penulisan di atas sanggup disimpulkan bahwa penulisan ialah cara atau proses memberikan ide, gagasan, atau pesan oleh penulis kepada pembaca dalam bentuk karya tulis menyerupai diberita, esai, surat, laporan, puisi, dan karya sastra lain, sesuai dengan suasana hati dan tujuan tertentu secara jujur, jelas, dan eksklusif serta memenuhi langkah-langkah atau kaidah-kaidah yang sudah ditentukan.

Selanjutnya, perlu diketahui juga tentang makna "kreatif". Bagaimana kriteria sebuah karya goresan pena disebut "kreatif"? Berikut pembahasan yang dirujuk dari banyak sekali sumber:

[1] Pengertian kreatif berdasarkan buku Be Smart Ilmu Pengetahuan Sosial ialah kemampuan mempunyai daya cipta atau mempunyai kemampuan untuk membuat (kreativitas). Sedangkan inovatif ialah kemampuan membuatkan atau memperkenalkan sesuatu yang gres baik berupa inspirasi maupun materi.

[2] Menurut buku Bisnis kreatif di rumah Karya Hendry E. Ramdhan, kreatif ialah nilai; nilai tambah yang diciptakan guna memperoleh umpan balik dari orang yang dituju.

[3] Kreatif dapat  juga diartikan kemampuan menghasikan sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya, unik, asli, dan menarikdanunik perhatian.

Kesimpulan penulis tentang pengertian kata "kreatif"

Jadi, berdasarkan pengertian-pengertian "kreatif" di atas sanggup disimpulkan bahwa kreatif ialah kemampuan atau keahlian seseorang dalam menghasilkan sesuatu baik berupa bahan atau inspirasi yang disertai nilai tambah, keunikan, belum pernah ada sebelumnya, dan ialah karya asli atau orisinil.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, maka sanggup ditarik sebuah kesimpulan umum bahwa:

Penulisan kreatif ialah cara atau proses memberikan ide, gagasan, atau pesan yang mengandung nilai tambah, keunikan, belum pernah ada sebelumnya, dan ialah karya asli atau asli oleh penulis kepada pembaca dalam bentuk karya tulis menyerupai diberita, esai, surat, laporan, puisi, dan karya sastra lain, sesuai dengan suasana hati dan tujuan tertentu secara jujur, jelas, dan eksklusif serta memenuhi langkah-langkah atau kaidah-kaidah yang sudah ditentukan.

Manfaat Penulisan Kreatif

Nah, kemudian apa manfaat dari penulisan kreatif? INI jawabanannya:

[1] Sebagai wadah pengembangan kognitif dan kreativitas.
[2] Sebagai wadah untuk mengungkapkan isi hati dan jati diri
[3] Sebagai wadah untuk mengelaborasi ide-ide dan pendapat
[4] Sebagai wadah untuk meningkatkan kesadaran mengamati lingkungan
[5] Sebagai wadah untuk merangsang daya imaginasi dan keaktifan
[6] Sebagai wadah untuk membuatkan skills siswa memakai bahasa
[7] Sebagai wadah melatih kedisiplinan dan kesungguhan
[8] Sebagai wadah untuk meluapkan gagasan atas insiden atau fenomena yang terjadi
[9] Sebagai wadah bermain yang sangat bahagia, gratis, dan penuh kebebasan

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian dan Manfaat Penulisan Kreatif. Semoga bermanfaa!