Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

2 Pola Esai Wacana Budaya (Terbaru)

2 misal Esai Tentang Budaya (Terbaru) - Berikut ini, terdapat dua teladan esai yag mengulas terkena kebudayaan. Semoga bermanfaa bagi ekspansi pengetahuan Anda. 

Pengaruh Kebudayaan terhadap Perilaku Hidup Manusia


Budaya ialah sebuah ciri atau identititas dari sekumpulan orang yang mendiami wilayah tertentu. Budaya ini timbul dari perbuatan yang dilakukan oleh masyarakat secara berulang – ulang sehingga membentuk suatu kebiasaan yang pada kesannya menjadi sebuah budaya dari masyrakat itu sendiri. Budaya yang sudah terbentuk itu akan masuk dan mengakar di dalam kehidupan manusia, sehingga tanpa kita sadari budaya ini sudah mempengaruhi kehidupan manusia. Berdasarkan ilustrasi di atas, sanggup disimpulkan bahwa kebudayaan mempengaruhi insan dalam berperilaku. Manusia akan didekte oleh budaya dalam hal berperilaku baik sikap baik maupun buruk. Banyak sekali sikap – sikap insan yang dipengaruhi oleh budaya. Di bawah ini ialah sebagian sikap – sikap insan yang dipengeruhi oleh budaya.

Yang pertama ialah budaya mempengaruhi sikap insan dalam diberinteraksi dengan insan lainnya. Kebiasaan – kebiasaan insan dalam diberinteraksi dengan orang lain sudah merubah sikap insan dikala bersosialisasi. Saat ini kita sudah hidup di jaman yang serba canggih. Semua aspek di kehidupan ini sudah disentuh oleh tehnologi, salah satunya ialah aspek komunikasi dengan hand phone sebagai produknya. Hal ini membuat insan terbisa memakai hand phone untuk berkomunikasi, sehingga terbentuklah budaya media sosial. Manusia sekarang lebih menentukan  bersosialisai melalui media – media umum menyerupai facebook, twitter, My Space, dan lain – lain. Akibatnya, mereka menjadi pasif terhadap lingkungan sekitarnya.

Budaya mempengaruhi insan mengambil keputusan dalam sikap konsumsi. Berkembangnya industri akhir tehnologi membuat perusahaan memproduksi barang – barangnya secara massal dan relative murah. Hal ini juga turut mempengaruhi perubahan kebudayaan insan yang pada awalnya ialah masyarakat agraris secara sedikit demi sedikit bermetamorfosis masyarakat perkotaan. Akibatnya, terciptalah tata nilai gres dan pola hidup yang gres akhir dari budaya insan yang sudah menjadi masyarakat perkotaan. Hal ini mengakibatkan kebutuhan hidup mereka menjadi semakin banyak, sehingga membuat mereka terus menerus membeli produk untuk memuaskan kebutuhan budaya gres tersebut. Pada kesannya terbentuklah maakurakat konsumtif, yaitu masyarakt yang selalu mengkonsumsi barang maupun jasa.   

Terlebih lagi, budaya mempengaruhi tatanan kehidupan bermasyarakat. Tehnologi yang semakin berkembang ini mempengaruhi tatanan hidup manusia. Manusia terbiasa menggunkan tehnologi - tehnologi canggih yang sudah diciptakan. Akibatnya, budaya insan yang lampaunya hidup dengan sederhana, sekarang bermetamorfosis sangat canggih. Perubahan budaya ini membuat masyarakat modern, yaitu masyarakat yang hidup dengan dikelilingi oleh tekhnologi – teknologi canggih. 

Berdasarkan pembagian terstruktur mengenai di atas, sanggup disimpulkan bahwa budaya mempengaruhi kehidupan manusia, dalam bersosialisasi, membuat maakurakat konsumtif, dan masyarakat modern. Oleh lantaran itu, budaya tidak sanggup dipisahkan dari kehidupan manusia. Karena budaya akan selalu berkembang, maka sikap insan akan berkembang pula.  
Advertisement

Jenis – Jenis Budaya Asing yang Masuk Ke Indonesia


Dewasa ini, jaman sudah semakin berkembang, bahkan perkembangnya pun tidak lagi sanggup dibendung oleh insan itu sendiri. Akibatnya, banyak budaya yang masuk ke Negeri kita, Indonesia dengan bebasnya. Dari budaya – budaya yang masuk tersebut, ada dua jenis budaya yaitu, budaya baik dan budaya yang buruk. Budaya tersebut tentunya mempengaruhi budaya orisinil Indonesai itu sendiri. Bahkan budaya absurd ini mengancam keberadaan budaya kita. Berikut ini ialah paragraf yang mendiskusikan jenis – jenis budaya absurd yang masuk ke dalam Indonesia.

Budaya absurd yang pertama ialah budaya baik. Budaya – budaya yang baik ini masuk ke Indonesia dan diterapkan dalam kehidupan masyarakat. Budaya yang baik ini tidaklah berbahaya, bahkan sanggup membuat kehidupan masyarakat Indonesia menjadi lebih baik lagi. contohnya ialah budaya disiplin dari masyarakat Jepang, budaya berpakaian dari masyarakat arab, dan lain – lain. Budaya baik ini masuk ke Indonesia bersamaan dengan budaya buruk. Hal ini dikarenakan, susahnya menyaring budaya – budaya tersebut akhir dari bebasnya budaya yang masuk ke Negeri ini.

Budaya absurd yang kedua ialah budaya buruk. Disamping budaya baik, budaya jelek juga ikut masuk ke dalam Indonesia. Tidak menyerupai budaya baik, budaya jelek ini sangat berbahaya bagi kehidupan masyarakat Indonesia, lantaran pada umumnya budaya ini tidak sesuai dengan budaya orisinil Indonesia yang ialah budaya ketimuran. Akibatnya, masyarakat Indonesia sekarang berperilaku jauh keluar dari pakem budaya ketimuran. contohnya ialah budaya dari negeri barat, menyerupai pakaian seksi, gaya hidup yang bebas, dan budaya pesta tapa batas, dan masih banyak lagi. 

Oleh lantaran itu, sanggup disimpulkan bahwa budaya absurd yang masuk ke Indonesia ini ada dua macam yaitu budaya yang membuat kehidupan masyarakat Indonesia lebih baik, dan budaya yang membuat kehidupan masyarakat Indonesia semakin buruk. Oleh lantaran itu, bakir –pintarlah dalam bergaul biar tidak terpengaruh budaya absurd yang jelek yang sudah masuk ke Indonesia.