Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memilih Gagasan Utama Dalam Teks (Teknik Lengkap)

Teknik Menentukan Gagasan Utama dalam Teks - Gagasan utama yang disebut juga dengan gagasan pokok, pikiran utama, pokok pembicaraan, atau pokok pikiran yaitu suatu topik yang sedang dibicarakan atau dibahas dalam sebuah teks.

Dalam setiap paragraf niscaya mempunyai sebuah gagasan utama yang terletak baik secara tersurat maupun secara tersirat. Secara tersurat, gagasan utama sanggup dilihat pada kalimat utama yang biasanya terletak pada bab awal, tamat atau awal dan tamat paragraf. Sedangkan secara tersirat, gagasan utama terletak tersirat di dalam seluruh kalimat pada paragraf.

Lalu bagaimana kita sanggup memilih gagasan utama dalam sebuah teks?

Berikut ini yaitu tips untuk memilih gagasan utama dalam sebuah teks.

1. Bacalah dengan cermat

Bacalah kalimat demi kalimat di dalam paragraf pada teks tersebut dengan cermat, dan pahami pula apa yang sedang dibahas atau dibicarakan di dalam teks. Sesudah membaca teks tersebut secara keseluruhan, jawabanlah pertanyaan diberikut apa yang sedang dibahas pada teks tersebut? Jawaban dari pertanyaan tersebutlah yang menjadi topik utamanya.  

2. Temukan kalimat utamanya

Strategi yang kedua yaitu menemukan kalimat utama pada setiap paragraf di dalam teks. Seperti yang sudah kita ketahui, kalimat utama yaitu kalimat yang bersifat umum dan mengandung gagasan utama. Sedangkan kalimat penjelas yaitu kalimat khusus yang mendukung kalimat utama tersebut. Oleh lantaran itu, untuk menemukan kalimat utama yaitu dengan melihat kalimat utama yang diukung oleh kalimat – kalimat penjelas pada paragraf di dalam sebuah teks.

Bacalah teks tersebut dengan cermat, dengan demikian kita sanggup memilih manakah kalimat-kalimat utama di dalam setiap paragaf tersebut. Agar sanggup menemukan kalimat utama dengan gampang, diberikut ini yaitu ciri – ciri kalimat utama dalam paragraf :

Ciri kalimat utama :

1. Mengandung topik permasalahan yang sanggup dijabarkan lebih lanjut.
2. Biasanya berupa sebuah kalimat lengkap yang sanggup bangun sendiri.
3. Memiliki arti yang terang tanpa dihubungkan dengan kalimat lainnya.
4. Dibentuk tanpa kata sambung atau transisi.
5. Pada paragraf induktif, kalimat utama ditandai dengan kata-kata kunci diberikut ini :
Sebagai kesimpulan, Yang penting, oleh lantaran itu, Jadi, Oleh lantaran itu, melaluiataubersamaini demikian

Sesudah menemukan kalimat utama pada setiap paragraf, maka carilah inti kalimat tersebut dengan cara mengambil subjek dan predikatnya saja, kemudian simpulkanlah gagasan - gagasan utamanya.
Advertisement

misal :

menemukan kalimat utama pada sebuah teks eksposisi diberikut ini.

Buah Alpukat yang bukan buah orisinil Indonesia ini mempunyai manfaat yang luar biasa bagi manusia. Buah ini berasal dari Amerika Latin dan tersebar luas sampai ke Indonesia berkat orang – orang portugis yang membawanya ke Indonesia. Di dalam buah ini terkandung aneka macam vitamin dan mineral yang sangat baik buat tubuh kita. Berikut ini yaitu manfaat yang sanggup diambil dari buah alpukat.

Buah alpukat sanggup mengencangkan kulit. Kandungan vitamin E yang tinggi di dalam kulit menjadi masakan sehat bagi kulit sehingga kulit sanggup menghasilkan kolagen yang banyak. Kolagen inilah yang berfungsi untuk mencegah kulit menjadi keriput dan turun. Akibatnya, kulit akan selalu terlihat lebih muda.

Selain itu, buah alpukat juga sanggup mencegah obesitas. Kandungan serat dan lemaknya sanggup memmenolong proses diet bagi orang – orang yang ingin menurunkan berat badan. Lemak yang ada di dalam buah alpukat ialah lemak baik dan tidak jenuh lantaran praktis larut dalam tubuh sehingga tidak sanggup mengendap di dalam darah. Sedangkan seratnya yang banyak, sanggup membuat kenyang dalam waktu yang lama.

Terlebih lagi, buah ini juga sanggup mengurangi resiko penyakit stroke. kandungan asam folat di dalam buah ini berperan dalam mencegah stroke. Orang yang sering mengkonsumsi buah alpukat akan mempunyai asam folat yang banyak di dalam tubuhnya sehingga menurunkan resiko terkena penyakit stroke.

Buah yang mempunyai daging buah yummy ini ternyata mempunyai kandungan vitamin dan mineral yang baik. Oleh lantaran itu, buah ini sangat bermanfaa bagi kita.

Perhatikanlah teks eksposisi di atas, bacalah dan temukan kalimat utama pada setiap paragrafnya.

Paragraf pertama

Kalimat utama : Buah Alpukat yang bukan buah orisinil Indonesia ini mempunyai manfaat yang luar biasa bagi manusia.
Gagasan utama : Buah alpukat sangat bermanfaa.

Paragraf kedua 

Kalimat utama   : Buah alpukat sanggup mengencangkan kulit.
Gagasan utama : Buah alpukat bermanfaa bagi kulit.

Paragraf ketiga

Kalimat utama  : Selain itu, buah alpukat juga sanggup mencegah obesitas.
Gagasan utama : Buah alpukat mencegah obesitas.

Paragraf keempat

Kalimat utama  : Terlebih lagi, buah ini juga sanggup mengurangi resiko penyakit stroke.
Gagasan utama : Buah ini mengurangi penyakit stroke.

Paragraf kelima

Kalimat utama  : Oleh lantaran itu, buah ini sangat bermanfaa bagi kita.
Gagasan utama : Buah ini sangat bermanfaa.

Berdasarkan gagasan - gagasan utama pada setiap paragraf di dalam teks tersebut, maka gagasan utama teks eksposisi ini adalah:

Buah alpukat sangat bermanfaa bagi kesehatan tubuh kita.