Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menciptakan Esai Yang Baik Dan Pola Karangan Esai

Teknik Membuat Esai yang Baik dan misal Karangan Esai - Essay ialah sebuah goresan pena yang mengandung opini, pandangan, atau ekspresi pribadi terkena sebuah hal yang sedang berlangsung di masyarakat. Agar maksud yang ingin disampaikan dalam sebuah essay sanggup tesampaikan dengan baik, maka sebuah essay harus ditulis dengan sebaik mungkin. Berikut ini ialah cara membuat essay yang baik :

1. Tentukan tema yang menarikdanunik

Sebelum menulis sebuah essay, tentukan terlebih lampau essay apa yang ingin Anda tulis. Sebuah tema yang cantik akan mempengaruhi isi keseluruhan essay tersebut. Oleh lantaran itu, pilihlah tema yang sedang hangat – hangatnya terjadi, sehingga para pembaca mau meluangkan waktunya untuk membaca essay yang akan Anda tulis.

2. Lakukan research

Sesudah mendapat tema, lakukanlah research melaui buku atau internet wacana tema tersebut. Hal ini dilakukan untuk mendukung argument – argument yang ingin Anda tulis di dalam essay, sehingga pendapat Anda akan semakin kuat. Jika essay Anda didukung dengan data seperti, fakta, contoh, teori, dan lain – lain, maka esaay tersebut akan menjadi bagus. Sebaliknya, jikalau essay Anda tidak mempunyai data – data pendukung, goresan pena Anda ini akan dianggap omong kosong dan orang – orang tidak akan percaya dengan essay yang Anda buat. 

3. Membuat outline

Membuat kerangka atau outline sangat berkhasiat dikala membuat sebuah karya tulis. Hal ini dilakukan untuk menyususn wangsit – wangsit yang ingin diungkapkan. Selain itu, dengan outline, goresan pena Anda tidak akan keluar dari wangsit atau tema, sehingga essay Anda akan koherence dan logis. 

4. Memperhatikan pemilihan kata

Essay yang baik ialah essay yang memakai bahasa yang baik, lantaran essay ialah karya tulis formal. Oleh lantaran itu gunakanlah bahasa – bahasa yang formal. Disamping itu, Anda juga perlu mempertimbangkan siapa calon pembaca essay. Jika calon pembaca essay Anda ialah para intelektual, gunakanlah bahasa intelektual pula. Sebaliknya, jikalau calon pembaca ialah masyarakat umum, gunakanlah bahasa umum, tetapi tetap memakai bahasa formal. Hal ini dilakukan untuk membuat essay Anda selain cantik secara struktur, juga baik secara konteks, lantaran praktis dipahami.

5. Kerjakan

Sesudah hal – hal di atas sudah selesai dilakukan, mulailah menulis. Dalam menulis essay ada tiga hal yang harus diperhatikan, yaitu :

Introduction

Introduction ialah potongan awal essay, Bagian ini mengungkapkan hal yang akan dibahas di dalam sebuah essay. Selain itu, di dalam introduction juga terdapat statement Anda wacana suatu pemasalahan yang akan dibahas, tulislah statement tersebut dengan bahasa yang sanggup menjadikan pertanyaan dan keingintahuan dari pembaca untuk mencari tahu alasan – alasan  perihal statement tersebut.

Isi

Bagian selanjunya ialah isi. Bagian ini mengandung garis besar keseluruhan isi essay. Tulislah dengan mengacu pada point – point pada outline yang sudah dibuat. Kembangkanlah point – point tersebut dan tidakboleh lupa untuk mempersembahkan pendukung berupa data biar opini Anda tidak lemah.

Penutup

Bagian selanjutnya ialah penutup. Bagian ini berupa konklusi atau kesimpulan dari essay. Tulislah kembali point – point pada potongan isi dengan bahasa lain dan dalam satu kalimat. Sebuah kesimpulan harus mewakili isi essay tersebut dan tidakbolehlah memunculkan wangsit atau topik gres pada bagain penutup. 

6. Judul

Judul juga penting dalam membuat essay. Judul yang baik ialah judul yang sanggup memikat perhatian orang lain, sehingga mereka tertarik untuk membacanya. 
Advertisement

misal Esai


Kebut Membawa Maut

Akhir – selesai ini sering sekali terjadi kecelakaan di jalan raya, terutama pada demam isu pulang kampung atau menjelang lebaran. Kecelakaan – kecelakaan tersebut disebabkan oleh banyak faktor, menyerupai faktor kelelahan, mengantuk, kebut-kebutan, mesin yang tidak fit, dan lain – lain. Namun, dari banyaknya faktor tersebut, kebut-kebutan ialah faktor yang paling berbahaya diantara tiruana faktor – faktor lainnya. 

Menurut data yang diperoleh dari kepolisian dan jasa raharja, pada tahun kemudian terjadi 1900 kasus kecelakaan di jalan raya jawaban kebut-kebutan. kebut-kebutan di jalan raya sangatlah berbahaya lantaran mengakibatkan kerugian baik bagi diri senidri maupun orang lain. Untuk meyakinkan statement di atas, diberikut ini ialah dua paragaf yang mengulas wacana kerugian jawaban kebut-kebutan di jalan raya.

Yang pertama adalah, kebut-kebutan sanggup mencelakai diri sendiri dan orang – orang terkasih. Mengendari kendaraan di luar batas normal akan menyebabkab kecelakaan, sehingga melukai diri sendiri dan orang – orang terkasih yang ada di dalam mobil. Bahkan tidak spesialuntuk melukai, tetapi juga sanggup mengambil nyawa mereka yang kebut-kebutan di jalan raya. Data dari kepolisian juga mengungkapkan bahwa dari 1900 kasus kecelakaan jawaban kebut-kebutan, sekitar 5034 orang meninggal dunia.

Kedua, kebut-kebutan sanggup mencelakai orang lain, khusunya pejalan kaki. Para pengemudi yang memacu kendaraannya di luar batas sanggup kehilangan control akan kendaraanya, sehingga akan menabarak para pejalan kaki. contohnya kasus yang terjadi di Tugu Tani, Jakarta lima tahun lalu, sebanyak 17 orang meninggal dunia, dan 20 lainya luka – luka, jawaban tertabrak kendaraan beroda empat yang dikendarai oleh seorang wanita.

Oleh lantaran itu, kebut-kebutan sanggup mengakibatkan kecelakaan dan mengantarkan maut di jalan raya, tidak spesialuntuk bagi pengemudi, tetapi juga bagi orang lain yang ikut memakai jalan raya yang tidak bersalah.