Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Identifikasi Duduk Masalah Dan Klarifikasi Lengkap

Pengertian Identifikasi Masalah


Identifikasi problem dalam karya ilmiah yakni salah satu hal yang paling penting. Identifikasi masalah menjadi tombak bagaimana karya ilmiah akan berlanjut dan memilih pembahasan dalam karya ilmiah tersebut. Rumusan problem biasanya berupa pertanyaan-pertanyaan yang akan dijawaban dalam bab pembahasannya, atau bisa juga dalam bentuk penyataan, kemudian hasil tersebut disimpulkan. 

Dalam mengidentifikasi masalah, kita perlu menggarisbawahi ide-ide pokok dalam latar belakang yang disajikan. Masalah yakni kesentidakboleh yang terjadi dalam suatu situasi. Sehingga, kita sanggup mengetahui problem apa yang terjadi dalam situasi yang dipaparkan dalam latar belakang dengan mengidentifikasi kesentidakbolehnya atau hal yang berperihalan dalam topic tersebut. Mari kita simak paparan latar belakang dan contoh Identifikasi masalah di bawah ini.

misal Identifikasi Masalah


Latar Belakang

Pendidikan ialah proses memanusiakan manusia. Proses ini dilakukan dalam rangka membuat generasi-generasi yang berkarakter yang diperlukan bisa memajukan peradaban di negeri ini. Sudah seharusnya proses pendidikan  bertanggungjawaban terhadap proses mencerdaskan generasi bangsa. Mencerdaskan kehidupan bangsa sebetulnya sudah tercantum dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 45 dimana hal tersebut digaris bawahi sebagai tujuan bangsa yang diwujudkan melalui pendidikan nasional.

Sebagai proses peningkatan mutu generasi bangsa, terdapat tiga aspek dalam pendidikan yang perlu dipenuhi atau dicapai. Pertama, aspek spiritual yang melibatkan pada proses pembentukan keyakinan insan akan ketuhanan. Kedua, aspek kognisi, yang melibatkan proses perubahan pola pikir dan intelektual. Ketiga, aspek afeksi, yang melibatkan proses perubahan sikap mental dan sikap (mentalitas).

Advertisement
melaluiataubersamaini terpenuhinya tiga aspek tersebut, maka mutu bangsa sanggup meningkat sehingga sanggup memajukan negara melalui proses pendidikan. Proses pendidikan semestinya dijalankan dengan sebaik-baiknya dan ditegaskan kembali. Bila kita cermati, terdapat beberapa warta dalam ruang lingkup pendidikan yang memperhatikan dan perlu segera dicarikan solusinya. Beberapa warta tersebut juga mencakup problem bullying yang menghinggapi proses pembentukan abjad anak bangsa, selain itu carut marut dana menolongan pendidikan, juga problem kurikulum yang berganti-ganti sehingga membuat para guru mengalami banyak kesusahan. Permasalahan-permasalahan dalam dunia pendidikan di negeri ini tampak kompleks apabila kita lebih peka dalam mengidentifikasinya. 

Sedikit demi sedikit, pemerintah mulai membenahi tatanan pendidikan di Indonesia dengan kebijakan-kebijakan gres yang diterapkan. Tidak sanggup dipungkiri bahwa setiap permasalahan harus disikapi secara bijak dan seluruh bab masyarakat juga harus turut memmenolong dalam proses perbaikan-perbaikan tersebut, tidak terkecuali permasalahan pendidikan di negeri ini. Namun terkadang masyarakat sendiri masih mempertanyakan tentang keefektifan kebijakan yang diterapkan dalam menuntaskan masalah-masalah tersebut. Lalu, bagaimana seharusnya masyarakat memmenolong penerapan solusi dari setiap permasalahan di Indonesia sehingga mendapat hasil yang terbaik dan implikasinya sanggup bermanfaa secara berkelanjutan?

Dalam menuntaskan permasalahan-permasalahan pendidikan yang ada, tentunya kita butuh untuk memilih dan mengidentifikasi faktor yang memperkuat munculnya problem sehingga problem tersebut sanggup diberantas dari batang sampai ke akarnya. Karya ilmiah ini menitikberatkan permasalahan pendidikan pada kebijakan dan efektivitasnya untuk diteliti.

Identifikasi Masalah

1. Bagaimana cara yang sempurna untuk mengukur efektivitas penerapan kebijakan pada problem pendidikan?
2. Faktor-faktor apa saja yang memperkuat munculnya permasalahan pendidikan dalam beberapa aspek yang disebutkan dalam latar belakang?
3. Usaha apa yang sanggup dilakukan masyarakat untuk meterbaikkan penerapan kebijakan-kebijakan dalam upaya memberantas problem pendidikan dan memajukan system pendidikan di negeri ini?