Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Kalimat Eksposisi Dan Pengertiannya Dalam Bahasa Indonesia

misal Kalimat Eksposisi dan Pengertiannya dalam Bahasa Indonesia - Sesuai dengan makna dari kata “Ekspos” yang berarti memaparkan atau menandakan sesuatu kepada orang lain. Sesuatu yang dimaksud dengan kalimat eksposisi yakni kalimat yang isinya memaparkan, menerangkan, atau mempersembahkan pengertian dengan singkat, akurat, terang dan padat kepada pembaca atau pendengarnya.

Ciri-ciri kalimat eksposisi:

1. Memaparkan atau menandakan sesuatu dengan jelas
2. Memiliki alasan penguat atau pendukung seperti, contoh, data, dan lain-lain.
3. Bisa ialah sebuah penafsiran yang adil terhadap suatu peristiwa.
4. Biasanya ialah data faktual atau insiden yang benar-benar terjadi.
5. Bersifat informatif.

misal kalimat eksposisi:

1. Cengkeh (eugenia-carllophulinta) yakni flora yang selalu hijau sepanjang tahun dan ialah tumbuhan orisinil kepulauan Maluku.
2. Sapi Limousin yakni jenis sapi yang berukuran sangat besar dari hasil rekayasa genetik yang beratnya mencapai 2 ton.
3. Kecelakaan itu disebabkan oleh pengemudi yang mengantuk ketika mengendarai kendaraan beroda empat dan menabrak beberapa pengendara sepeda motor.
4. Indonesia disebut dengan Negara Kepulauan lantaran terdiri dari ribuan pulau kecil dan 6 pulau besar yang tersebar dari sabang hingga merauke.
5. Ikan bisa dijadikan sebagai alat terapi yang sangat elok untuk kesehatan kaki insan lantaran ikan bisa memakan kulit-kulit mati yang menumpuk.
6. Letusan pegunungan merapi yang terjadi pada ketika itu sangatlah dahsyat disertai dengan gemuruh dan awan gerah yang menyembur dari kawah puncak pegunungan.
7. Saat ini telepon mengalami pergeseran fungsi yang pada awalnya berfungsi sebagai alat komunikasi sekarang menjadi media hiburan.

 

Paragraf Eksposisi


Kalimat-kalimat eksposisi yang diberienteng membentuk suatu paragraf yang disebut dengan paragraf eksposisi. Paragraf eksposisi  yakni paragraf yang menyajikan sejumlah informasi atau pengetahuan yang disampaikan kepada para pembaca atau pendengarnya. Pada paragraf eksposisi, pembaca atau pendengar bisa mendapat informasi yang lebih terang lantaran paragraf ini menyajikan sejumlah informasi yang lebih banyak dan lengkap.
Advertisement

Paragraf eksposisi mempunyai beberapa jenis yaitu:

1. Eksposisi Definisi

Eksposisi definisi yakni paragraf yang memaparkan suatu definisi atau pengertian wacana suatu topik atau benda.

misal:

Gajah sumatera yakni jenis gajah yang terkecil di dunia. Beratnya yang spesialuntuk mencapai 1 ton dan mempunyai tinggi tubuh 3 meter sangat jauh jikalau dibandingkan dengan gajah afrika. Gajah sumatera tersebar di seluruh hutan hujan pulau sumatera dari Aceh hingga ke Lampung. Gajah ialah binatang herbivora. Mereka memakan tumbuhan mirip rumput, pohon kecil bahkan ranting pohon.

2. Eksposisi Proses

Paragraf eksposisi yakni paragraf yang memaparkan suatu proses terjadinya sesuatu secara detail.

misal:

Oksigen yang kita hirup sehari-hari dihasilkan dari proses yang cukup panjang yang disebut dengan proses Photosynthesis. Pertama-tama flora menyerap karbondioksida melalui stomata. Kemudian karbondioksida tersebut dipecah menjadi beberapa unsur yang salah satunya yakni oksigen. Oksigen yang ialah hasil proses Photosynthesis dilepaskan di udara.

3. Eksposisi Perperihalan

Eksposisi perperihalan yakni paragraf yang memaparkan sesuatu dengan mempersembahkan dua buah ilustrasi atau pola yang saling berperihalan.

misal:

Orang-orang sukses selalu memanfaatkan waktu mereka dengan sebaik mungkin. Mereka bisa melihat peluang yang tersembunyi di dalamnya. Sebaliknya, orang gagal yakni orang yang tidak bisa memanfaatkan waktu dan tidak bisa melihat peluang dalam suatu keadaan.

4. Eksposisi Klasifikasi

Eksposisi pembagian terstruktur mengenai yakni paragraf yang memaparkan suatu topik dengan cara mengklasifikasikan atau mengelompokan.

misal:

Kehidupan mahasiswa dikampus sangat beragam. Mereka terbagi menjadi beberapa kelompok yang menurut keaktifan mereka di kampus. Kelompok mahasiswa yang pertama disebut mahasiswa aktifis. Mereka sangat aktif dalam aktivitas organisasi kampus. Yang kedua yakni mahasiswa kutu buku. Mereka selalu menghabiskan waktunya dengan mencar ilmu sehingga tak heran mahasiswa ini selalu mempunyai nilai yang bagus. Yang terakhir yakni mahasiswa Kupu-Kupu. Kupu-kupu ialah sebuah istilah yang dipakai untuk menyebut mahasiswa yang tidak aktif dan tidak terlalu pintar. Kupu-kupu sendiri ialah abreviasi dari Kuliah pulang-Kuliah pulang.

5. Eksposisi Ilustrasi

Eksposisi ilustrasi yakni paragraf yang memaparkan suatu topik dengan menggambarkan suatu hal yang mempunyai kesamaan atau kemiripan dengan suatu hal lainnya.

misal:

Hubungan keluarga ialah relasi yang sangat kuat. Hubungan ini pun diibaratkan mirip sebuah tubuh. Dimana tiruana anggota keluarga akan mencicipi hal yang dirasakan oleh anggota lainnya. Seperti halnya sebuah tubuh yang akan merasa sakit jikalau salah satu anggota tubuhnya sakit.

6. Eksposisi Berita

Eksposisi diberita yakni paragraf yang memaparkan suatu insiden tertentu dengan detail.

misal:

Kecelakaan kemudian lintas yang terjadi pada hari senin malam kemarin mengakibatkan satu orang meninggal dunia dan 6 orang luka-luka. Insident ini berawal dari sebuah bus yang melaju dengan kencang tiba-tiba oleng dan menumbur sejumlah kendaraan yang diparkirkan di pinggir jalan. Korban tewas berjulukan Surtono 34 tahun seorang pejalan kaki yang kebetulan sedang melintas.

7. Eksposisi Perbandingan

Eksposisi perbandingan yakni paragraf yang memaparkan sesuatu dengan cara membandingkan dengan yang lain.

misal:

Hukuman bagi para koruptor di Indonesia sangatlah enteng. Mereka biasanya spesialuntuk dikenai eksekusi penjara selama 5 tahun. hal ini tidak sama dengan apa yang pemerintah China terapkan. Mereka akan menghukum mati koruptor disaksikan oleh seluruh masyarakat umum. Itulah mengapa tingkat korupsi di China sangat sedikit.

8. Eksposisi Analisis

Eksposisi analisis yakni paragraf yang memaparka topiknya dengan memberikan beberapa pandangan atau analisa pada suatu topic yang sedang dibahas.

misal:

Sudah sepekan Pesawat Air Asia yang jatuh di tengah bahari belum juga ditemukan. Hal ini menimbulkan beberapa spekulasi wacana peristiwa alam ini. Ada yang menyampaikan bahwa sudah terjadi agresi terorisme di dalam pesawat yang menjadikan pesawat meledak di udara dan jatuh di Lautan Sulawesi.