Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Pidato Hari Perdamaian Dunia 21 September (Terbaru)

misal Pidato Hari Perdamaian Dunia 21 September - Simak pola terbaru dari kami, sebuah pidato di hari perdamaian dunia. 

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Kepala Dinas Pendidikan Kota Makmur Adem
Yang terhormat  Bapak/Ibu tamu undangan
Yang terhormat dewan guru dan staff tata perjuangan serta karyawan Sekolah Menengan Atas Adem Ayem
Dan yang saya banggakan siswa-siswi Sekolah Menengan Atas SMA Adem Ayem

Puji syukur kehadirat Allah SWT alasannya yaitu pada hari yang sedikit mendung ini, kita didiberikan peluang dan kesehatan untuk berkumpul dalam rangka memperingati hari perdamaian dunia yang jatuh sempurna pada hari ini tanggal 21 September 2016. Tak lupa sholawat dan salam juga kita haturkan kepada baginda Nabi Muhammad SAW yang kita InsyaAllah harapkan syafaatnya di yaumil tamat nanti, Aamiin Ya Rabbal ‘Alaamiin.

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Saat ini dunia mulai kembali bergejolak. Bukan spesialuntuk perseteruan antara Israel dan Palestina yang belum usai, namun masyarakat dunia sekarang mulai gelisah dengan adanya teror bom yang terjadi di beberapa negara akhir-akhir ini, termasuk di negara kita, Indonesia. Selain teror bom, ada pula teror penembakan liar yang terjadi di Amerika Serikat. Aksi tersebut tidak spesialuntuk terjadi di club malam, bahkan di lingkungan pendidikan menyerupai kampus. Gejolak lain juga muncul dari dunia Maya. Saya kerap membaca artikel di internet terkena perdebatan bahkan bully antara fans dan haters dari para selebriti dan tidak sedikit di antara mereka yang ternyata masih remaja. Istilah kerennya yaitu cyber war. Biasanya cyber war ini dipicu oleh perkataan atau kiriman foto sang selebriti yang dikomentari oleh fans dan haters ini, contohnya alasannya yaitu sang selebriti memakai pakaian atau berbicara dengan kata-kata yang kurang pantas dibaca publik, atau alasannya yaitu pro dan kontra terhadap sikap sang selebriti. Pokoknya ada-ada saja yang sanggup dikomentari. Saya secara pribadi, sebagai seorang guru, tentu bingung dan prihatin dengan sikap orang-orang tersebut, apalagi kalau mereka masih cukup umur alasannya yaitu rentan sekali terhadap pengaruh.

Advertisement
Hadirin yang saya hormati,

Dari beberapa hal yang mengguncang kedamaian tersebut, saya mengungkapkan rasa prihatin saya terhadap kurangnya kesadaran orang-orang yang tampak tidak perduli apakah sikap negatifnya sanggup menghipnotis hidup orang lain, terutama ihwal bully dan cyber war yang marak terjadi ketika ini. Baik sang selebriti yang tidak berhati-hati dalam bertutur kata serta berpakaian, juga bagi orang-orang yang turut mengomentarinya. Anak-anakku, siswa-siswi Sekolah Menengan Atas Adem Ayem, Bapak menghimbau biar kalian tidak ikut-ikutan dalam agresi bully dan cyber war tersebut alasannya yaitu hal tersebut spesialuntuklah sia-sia, spesialuntuk memmembuang waktu tanpa manfaat. Tidak spesialuntuk pada selebriti, tetapi juga pada mitra kalian sendiri, hindari keributan, tebarkan cinta kasih dan perdamaian, gunakanlah kata-kata yang baik sehingga tidak menyakiti hati orang lain. Bijaksanalah dalam memakai akun jejaring sosial kalian. Gunakan secara bijaksana untuk hal-hal yang positif dan bermanfaa. Redamlah emosi kalian apabila kalian mulai terpancing untuk mem-bully, menghina, dan hal negatif lainnya. Dekatkanlah diri kalian pada Allah SWT, banyak berdzikir supaya tidak praktis emosi.

Hadirin yang saya muliakan,

Dari apa yang saya sampaikan dan himbauan saya kepada siswa-siswi, kesimpulannya yaitu perdamaian dunia sanggup kita wujudkan dimulai dari diri sendiri. Perdamaian dunia akan terwujud apabila kita mempunyai sikap mawas diri, sadar diri, dan bijaksana dalam menanggapi lingkungan kita, juga masalah-masalah kita. Perdamaian dunia akan tercipta dimulai dari diri sendiri berbagi sikap positif dan cinta kasih, dimulai dari cara kita berkomunikasi yang baik dan tutur kata kita yang tidak menyakiti orang lain. 

Hadirin yang saya muliakan,

Demikianlah pidato yang sanggup saya sampaikan pada pagi hari ini. Saya mohon maaf apabila terdapat hal-hal yang tidak berkenan dari apa yang saya sampaikan. Semoga sanggup bermanfaa untuk kita tiruana. Mari kita ciptakan perdamaian dunia, memulainya dengan diri sendiri. SEMANGAT DAMAI! SEMANGAT KITA! SEMANGAT INDONESIA. Terimakasih atas perhatiannya.

Wassalamualaikum Wr. Wb.