Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Pidato Hari Pramuka 14 Agustus (Terbaru)

misal Pidato Hari Pramuka 14 Agustus (Terbaru) - Berikut terdapat sebuah rujukan pidato hari Pramuka yang jatuh pada 14 Agustus. 

Yang Terhormat Kepala Sekolah Menengah Pertama Pemuda Bangsa,
Yang Terhormat Dewan Guru dan Segenap Staf Sekolah Menengah Pertama Pemuda Bangsa
Yang Terhormat Kakak-kakak Pelatih, Pembina, Pamong, dan Instruktur Gerakan Pramuka,
Dan adik-adik Pramuka yang saya akungi,

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat pagi. Salam sejahtera untuk kita tiruana.

SALAM PRAMUKA!

Hadirin yang saya hormati,

Pertama-tama, marilah kita bersyukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa alasannya di pagi yang cerah ini kita masih didiberi kesehatan dan umur untuk bertemu dalam upacara peringatan hari Pramuka tanggal 14 Agustus 2016. Saya juga berterimakasih kepada kepala Sekolah Menengah Pertama Pemuda Bangsa, dewan guru, dan kakak-kakak pelatih, pembina, pamong, dan pelatih Gerakan Pramuka, yang sudah mempersembahkan saya peluang untuk memberikan pidato di hari istimewa ini. Sungguh ini ialah kehormatan bagi aku. Sebagai anggota Nasional Gerakan Pramuka, perkenankanlah saya memberikan ucapan Selamat Hari Pramuka yang ke 55 kepada seluruh anggota Gerakan Pramuka. 

Hadirin yang saya hormati,

Tahun demi tahun, kita menyaksikan bagaimana perkembangan dan kemajuan gerakan pramuka yang dihelat di banyak sekali instansi pendidikan. Kita turut besar hati bahwa gerakan pramuka masih bersemi sebagai wadah untuk memupuk rasa nasionalisme, jiwa kepemimpinan, kemandirian, dan perilaku tangguh cowok dan pemudi Indonesia. Gerakan pramuka tetap berjaya dalam dunia pendidikan untuk melatih generasi muda, membangkitkan kesadaran akan pentingnya memdiberi bantuan aktual sebagai masyarakat negara. Pergaulan hedonis kaum muda dan degradasi moral yang terpampang aktual di depan mata menggugah kepedulian kita untuk menghadapi tantangan tersebut. Eksistensi gerakan pramuka membuat kita cukup damai di tengah perubahan jaman yang semakin memprihatinkan tersebut.

Hadirin yang saya muliakan,

Advertisement
Apabila kita menyusuri jejak sejarah wacana peranan gerakan pramuka, kita akan menemukan catatan bahwa pramuka ialah organisasi yang berperan dalam menyatukan semangat cowok dan pemudi ketika masa awal kebangkitan nasional. Pada ketika itu gerakan pramuka turut membangunkan cowok dan pemudi untuk mengikuti bela negara. Saya sendiri, sebagai anggota nasional gerakan pramuka mencicipi manfaat dan pelajaran yang sangat berharga selama bergabung dalam pramuka. Bahkan, orang renta saya juga mendukung penuh semoga saya tetap mengikuti kegiatan pramuka alasannya mereka melihat perkembangan positif pada kepribadian dan kemampuan saya melaksanakan pekerjaan secara sigap dan penuh inisiatif. Semua itu ialah bukti aktual bahwa gerakan pramuka harus selalu dijaga eksistensinya dan terus dikembangkan untuk kemaslahatan masyarakat.

Hadirin yang saya muliakan,

Berbagai pihak juga perlu ikut andil menghimbau akseptor didik untuk aktif dalam kegiatan pramuka. Kita asah lagi kepedulian kita terhadap sesama dengan mengajak kawan-kawan kita mengikuti kegiatan yang positif menyerupai pramuka ini. Mari kita taklukkan tantangan jaman ini dengan sebetulnya memasyarakatkan pramuka alasannya harapannya kegiatan pramuka tidak spesialuntuk bersemi di lingkungan pendidikan tetapi juga di kalangan masyarakat lainnya. Bahkan apabila memungkinkan, tentu akan sangat bermanfaa bagi bawah umur di luar sana yang tidak mengenyam pendidikan di sekolah, bagi cowok dan pemudi yang tidak melanjutkan sekolah alasannya kurang bisa dan keadaan lainnya dimana mereka tidak seberuntung kita. Cita-cita tersebut tidak tidak mungkin untuk diwujudkan apabila kita gotong royong menjadikannya nyata. Cita-cita mulia tersebut semoga menjadi pemacu kita untuk terus semangat mempersembahkan bantuan pada negara.

Hadirin yang saya muliakan,

Mari kita bangun dan perduli pada sesama. SALAM PRAMUKA! SEMANGAT PRAMUKA! Sekian pidato yang sanggup saya sampaikan. Terimakasih atas perhatiannya dan mohon maaf apabila ada salah kata. 

Saya akhiri, Wassalamualaikum Wr. Wb.