Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Rujukan Teks Narasi Lengkap

misal misal Teks Narasi Lengkap - Teks narasi ialah jenis paragraf yang menceritakan suatu insiden dari waktu ke waktu yang dijabarkan secara urut mulai dari awal insiden hingga akhir. 

Artinya, teks narasi ialah jenis teks yang mempunyai alur maju, yaitu menceritakan sesuatu secara kronologi. Dalam paragraf narasi, mengisahkan suatu insiden secara kronologi, di awal ialah bab pengenalan tokoh, bab kedua ialah bab insiden atau konflik yang terjaldi, dan bab tamat ialah bab penyelesaian. Paragraf narasi mempunyai ciri-ciri sebagai diberikut:

- Menceritakan suatu perbuatan atau tindakan
- Dirangkai secara urut berdasarkan waktu kejadian
- Adanya insiden atau konflik
- Alur maju
- Menjelaskan latar atau setting peristiwa
- Menggunakan bahasa sehari-hari 
- Peristiwa yang diveritakan meruakan insiden kasatmata atau khayalan 

Dalam menulis teks narasi mempunyai tujuan antara lain memdiberitakan suatu insiden atau menginformasikan suatu pengalaman yang sanggup dijadikan pengetahuan. Teks narasi sanggup dibedakan menjadi beberapa macam berdasarkan tujuannya:

1. Narasi ekspositorik  adalah Jenis narasi yang mempunyai tujuan untuk menginformasikan kisah atau pengalaman seseorang biar sanggup menambah wawasan orang lain.narasi ekspositoris ialah narasi nonfiksi yakni narasi yang menceritakan insiden yang benar-benar terjadi. 

misal: 

Sebelum sekolah Parmin bergegas pergi ke pasar mengatur kendaraan. Uang yang ia peroleh didiberikan seluruhnya kepada ibunya untuk membeli beras dan juga lauk untuk makan hari itu, dan juga untuk uang jajan Parmin di sekolah. Sepulang ia bekerja, Parmin pergi kesekolah  menuntut ilmu. Di sekolah, parmin tergolong anak yang pandai. Parmin menerima juara ke -5 dalam peerimaan raport semester kemarin. 

Sepulang parmin sekolah, parmin bergegas menuju bengkel pamannya. Parmin memmenolong pamannya di bengkel dan ia akan didiberikan uang setelah memmenolong pamannya. Uang yang berasal dari pamannya parmin tabung untuk biaya sekolah ke perguruan tinggi tinggi. Di malam hari yaitu waktu Parmin untuk berguru dan mengerjakan tugas, mengingat siang harinya parmin sangat sibuk dengan bekerja dan berguru disekolah. 

2. Narasi sugesif ialah narasi fiktif, artinya menceritakan kisah atau insiden yang muncul dari hasil imajinasi atau daya khayal seorang penulis. Meski demikian, narasi sugestif menceritakan hal-halyang berkaitan dengan kehidupan nhyata, alasannya yaitu tak jarangcerita diilhami dari kisah kasatmata dan dimenambahkan unsur-unsur imajinatif dari pengarangnya. Teks ini mempunyai tujuan untuk memdiberi wawasan atau memberikan pesan budbahasa atau sosial kepada pembaca atau pendengar. 
Advertisement

misal:

Sebelum sekolah Parmin bergegas pergi ke pasar mengatur kendaraan. Menjadi juru parkir harus dilakukan oleh Parmin untuk memmenolong perekonomian keluarga. Meski demikian parmin tak aib kalau bertemu dengan mitra atau gurunya dikala menjadi juru parkir di pasar. Parmin tak pernah aib akan tindakan yang ia lakukan selama itu benar dan halal baginya, itu bukan masalah. Tekad parmin untuk mengubah hidup keluarganya amat berpengaruh menjadi alasannya untuk melawan rasa aib dan malas. Ibu Parmin berjualan gorengan dan jajanan di warung kecilnya, sedangkan ayahnya buruh tani di sawah. 

Uang yang ia peroleh dari pasar didiberikan seluruhnya kepada ibunya untuk membeli beras dan juga lauk untuk makan hari itu, dan juga untuk uang jajan Parmin di sekolah. Setiap pagi, pasar ramai, sehingga parmin bahagia sanggup membawa uang banyak ke rumah. Sepulang ia bekerja, Parmin pergi kesekolah  menuntut ilmu. Meski uang yang dihasilkan Parmin terbilang tidak mengecewakan dikala menjadi juru parkir, hal tersebut tak menggoyahkan niatnya untuk mencari ilmu. Karena menurutnya pendidikan yaitu satu-satunya cara yang sanggup menolong hidupnya. Parmin mempunyai harapan menjadi seorang engineer. Karena menurutnya dengan menjadi engineer Parmin sanggup memmenolong di sekitarnya membuat alat-alat yang sederhana. 

Orang bau tanah Parmin sangat gembira mempunyai anak menyerupai dia. Tekadnya amat berpengaruh untuk menjadi seorang engineer. Menurut orang tuanya, parmin yaitu sosok anak yang mandiri, ia tak pernah minta sesutu yang memberatkan orang tuanya. Hal ini alasannya yaitu Parmin sadar betul, bahwa untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari saja orang tuanya kesusahan. Oleh alasannya yaitu itu, ia tak ingin tak menambah beban orang tuanya. Sepulang parmin sekolah, parmin bergegas menuju bengkel pamannya. Parmin sangat bahagia bekerja di bengkel pamannya, alasannya yaitu pengetahuan ihwal mesin enjadi bertambah . 

Ia akan didiberikan uang setelah memmenolong pamannya. Uang yang berasal dari pamannya Parmin tabung untuk biaya sekolah ke perguruan tinggi tinggi. Parmin tak pernah meninggalkan kiprah sekolah, malam hari yaitu waktu terbaiknya untuk berguru dan mengerjakan kiprah sekolah, alasannya yaitu pada siang harinya ia sibuk bekerja dan bersekolah.