Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Surat Pembaca Perihal Kebersihan Lingkungan Sekolah

misal Surat Pembaca Tentang Kemembersihkanan Lingkungan Sekolah - Surat pembaca diberikut ini, melaksanakan pembahasan terkena kemembersihkanan lingkungan sekolah. Semoga sanggup bermanfaa bagi Anda yang sedang mencari teladan surat pembaca. 

misal 1

Kemembersihkanan Taman Sekolah

Taman ialah daerah yang seharusnya tampak indah dan membersihkan. melaluiataubersamaini adanya taman di sekolah dibutuhkan menjadi daerah bercengkerama untuk seluruh masyarakat sekolah dikala istirahat. Namun, taman sekolah yang ada justru dirusak oleh pihak yang tidak bertanggung jawaban. melaluiataubersamaini tujuan berfoto-foto, taman yang sudah ditata dengan elok dan membersihkan, ditanami bunga bermacam-macam warna dan didiberi bangku-bangku yang terbuat dari semen, malah diacak-acak. Taman yang dulunya menjadi ikon Sekolah Menengah Pertama Helaubudi kini sudah tidak indah dipandang lagi.

Saya amati bahwa aktivitas berfoto-foto yang berakibat rusaknya taman terjadi setiap hari Sabtu sore. Kebetulan rumah saya erat dengan sekolah dan saya menyaksikan hal tersebut dengan mata kepala saya sendiri. Kejadian tersebut sungguh memprihatinkan. Saat itu sekolah sudah mulai sepi sebab jam berguru sudah berakhir oleh sebab itu tidak ada satupun petugas sekolah yang menegur mereka. Namun siswa-siswa tersebut masih menunggu dijemput. Para siswa yang sedang bermain di area taman dengan sengaja menginjak bunga yang sedang bermekaran biar mendapat posisi foto berada di tengah bunga-bunga tersebut. 

Selain rusaknya tatanan taman sekolah, kemembersihkanannya juga tercemari oleh siswa yang suka memmembuang sampah sembarangan di area taman padahal kotak sampah besar sudah tersedia di sekitar mereka. Petugas kemembersihkanan sekolah juga mngeluh dengan adanya perilaku tidak bertanggung balasan tersebut. Saya mengharapkan bahwa pihak sekolah sanggup mengambil tindakan tegas sehubungan dengan insiden rusak dan kotornya taman depan sekolah tersebut. Saya berharap bahwa siswa-siswa yang tidak bertanggung balasan tersebut dipanggil dan dimintai pertanggungjawabanannya. Perlu adanya hukuman yang tegas dan bijaksana dalam hal ini.

Firgiza Alwi
Siswi Kelas VIII B

Advertisement
Kemembersihkanan Kantin Sekolah

Setiap harinya saya selalu makan siang di kantin sekolah. Selama ini saya memperhatikan bahwa kantin sekolah tidak terawat dengan baik. Dinding kios-kios di kantin penuh dengan coretan tangan siswa yang jahil. Sisa masakan yang tercecer di lantai di biarkan begitu saja oleh para penjual di kantin dan mereka gres memmembersihkankannya seusai jam makan siang. Hal tersebut menjadikan ketidaknyamanan bagi saya dan siswa lainnya yang  perduli terhadap kemembersihkanan kantin sekolah. 

Kantin sekolah ialah daerah makan bagi masyarakat sekolah. Seperti yang kita ketahui bahwa tidak spesialuntuk masakan nya yang harus membersihkan, kemembersihkanan lingkungan daerah makan tersebut juga harus membersihkan sehingga masakan tidak tercemar oleh kuman dan kuman yang sanggup menjadikan banyak sekali penyakit. Saya pikir perlu adanya petugas kemembersihkanan yang sanggup memmenolong para penjual untuk menjaga kemembersihkanan di lingkungan kantin sekolah. Dinding kios kantin juga perlu diwarnai ulang biar lebih lezat dipandang.

Selain itu, saya juga pernah melihat penjual masakan yang tidak mencuci piring dengan sabun. Alasannya ialah sebab keterbatasan sumber air di sekolah. Keran air di sekolah sering mati dan apabila harus memakai sabun maka harus memakai lebih banyak air. Alat makan yang tidak dicuci secara dengan membersihkan kalau sanggup menjadikan menularnya penyakit tertentu. Hal tersebut tidak baik kesehatan siswa-siswa di sekolah. Saya berharap bahwa ada tindakan aktual dari sekolah untuk mengatasi problem kemembersihkanan dan ketersediaan air di sekolah terutama di lingkungan kantin. Tambahan lagi, posisi toilet yang sangat berdekatan dengan kantin juga mengganggu kenyamanan siswa. Kurang terawatnya toilet yang berbau tidak sedap membuat siswa tidak nyaman lagi makan di kantin. Permasalahan ini juga membutuhkan perhatian sekolah. Semoga akan segera dilakukan tindakan untuk mengatasi masalah-masalah yang ada di sekitar lingkungan kantin tersebut. Terimakasih.

Sabrina Filia
Siswi kelas X