Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Teks Diskusi Ihwal Pendidikan

misal Teks Diskusi Tentang Pendidikan - Pendidikan ialah suatu segmen kehidupan yang benar-benar diperhatikan. Saat ini pro dan kontra terkena duduk kasus pendidikan, ditujukan bagi pelaksanaan ujian nasional online.

Pro Kontra Pelaksanaan Ujian Nasional Online


Baru – gres ini sebagian siswa Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah Pertama sudah melaksanakan ujian nasional yang dilakukan secara online. Namun, pelaksaan ujian nasional secara online ini menyebabkan pro dan kontra di kalangan masyarakat. Mereka terpecah menjadi dua sisi yang saling bertolak belakang dalam menyikapi kebijakan yang dikeluarkan oleh menteri pendidikan ini. Perbedaan - perbedaan pendapat in menjadi perdebatan yang hangat di media – media massa baik cetak, maupun elektronik. 

Masyarakat yang pro terhadap kebijakan ini menganggap bahwa apa yang sudah pemerintah menetapkan ini ialah satu langkah yang sempurna untuk memajukan dunia pendidikan Indonesia. Pelaksanaan ujian nasioanal secara online ini bisa menanamkan nilai – nilai tehnologi pada tiruana element yang bergelut di dalam dunia pendidikan, menyerupai guru, dan siswa sehingga mereka tidak ada lagi yang buta akan tehnologi.

Selain itu, pelaksanaan ujian nasioanl online ini juga dipandang sebagai cara yang efektif untuk menekan angka kecurangan yang terjadi pada ujian – ujian sebelumnya. Seperti yang sudah kita ketahui, meskipun pengiriman soal – soal ujian nasional sudah dikawal oleh pihak polisi, tetap saja terjadi kebocoran yang di lakukan oleh pihak – pihak tertentu, bahkan ada indikasi yang melaksanakan pembocoran itu ialah guru itu sendiri. melaluiataubersamaini dilaksanakannya ujian nasioanal secara online ini, dibutuhkan bisa menghentikan kecurangan – kecurangan yang terjadi sebab soal ujian nasional tidak perlu lagi dikirim dan singgah di mana – mana.

Disamping itu, ujian nasional secara online ini juga dipandang sebagai solusi yang sempurna untuk mengatasi permasalahan – permasalahan yang terajadi pada waktu pengiriman soal dari pusat, salah satunya ialah keterlambatan proses distribusi, sehingga bisa memungkinkan terjadi penundaan ujian baagi sekolah yang belum mendapatkan soal pada hari yang sudah ditentukan. Terlebih lagi, ujian nasioanl secara online, juga bisa menekan pengeluaran negara. Hal ini dikarenakan pemerintah harus mencetak jutaan naskah soal. melaluiataubersamaini ujian secara online ini, pemerintah tidak perlu lagi mencetak naskah soal sebab soal sudah bisa diakses secara onlie. melaluiataubersamaini begitu, akan menghemat pengeluaran Negara.
Advertisement

Namun, beberapa masyarakat yang kontra terhadap kebijakan ini beralasan bahwa pelaksanaan ujian nasional secara online ini belum sempurna untuk dilaksanakan di Indonesia. Hal ini di karenakan, kurangnya tehnologi dan tenaga andal pada beberapa sekolah, khususnya sekolah – sekolah yang terletak di daerah. Jika ujian nasioanal online tetap dilaksanakan, maka berapa banyak komputer yang harus disiapkan oleh pihak sekolah. Tidak spesialuntuk itu, kurangnya tenaga andal dalam bidang ini di beberapa sekolah juga turut menyusahkan pelaksanaan ujian nasional ini, dan pada hasilnya pihak sekolahlah yang akan merasa kesusahan dengan itu tiruana.

Terlebih lagi, ujian nasioanal secara online ini pada kenyataannya sehabis dilakuan tes kemampuan dan pemahaman tetap saja terjadi kebocoran soal. Hal ini dikarenakan gampangnya mengakses soal – soal tersebut di Internet, sehingga sama saja meskipun dionlinekan pun tetap saja terjadi kecurangan, bahkan lebih masif lagi. Disamping itu, hal ini juga akan menambah tingkat stress para guru dan siswa. Ketika menjelang ujian nasional, mereka akan disibukan dengan mempelajari soal – soal ujian yang susah. melaluiataubersamaini adanya kebijakan ini, serius mereka menjadi terbagi sehingga mereka akan merasa tertekan. Akibatnya, mereka tidak bisa mengerjakan dan melaksanakan ujian ini secara terbaik.

Mereka yang kontra juga beralasan bahwa sehabis tes kemampuan dan pemahaman ujian nasional online yang dilakukan oleh pemerintah belum menemukan hasil yang memuaskan. Hal ini dikarenakan kurangnya kesiapan pihak – pihak sekolah dalam melaksanakan keputusan ini, sehingga muncul beberapa permasalahan – permasalahan gres di lapangan, diantaranya, tertundanya ujian nasional sebab gangguan jaenteng internet, rusaknya trafo listrik di sekolah sebab tidak besar lengan berkuasa untuk menghidupkan beberapa komputer, dan lain – lain. 

Berdasarkan pendapat – pendapat di atas, sanggup kita simpulkan bahwa pelaksanaan ujian nasional secara online ini menimbukan banyak sekali macam reaksi di masyarakat. Oleh sebab itu, pemerintah dalam hal ini menteri pendidikan nasioanal sebaiknya menemukan cara biar bisa menyatukan pendapat yang pecah diantara masyarakat ini, sehingga tidak ada lagi pergolakan yang terjadi dan pada hasilnya kemajuan dunia pendidikan Indonesia bisa tercapai.