Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Teks Eksplanasi Perihal Banjir Terbaru

misal Teks Eksplanasi Tentang Banjir - Teks eksplanasi yaitu sebuah karangan yang memaparkan atau menandakan wacana proses – proses yang bekerjasama dengan fenomena alam, budaya, maupun sosial yang terjadi. Teks ini bertujuan untuk menandakan suatu info terkena fenomena yang terjadi kepada para pembacanya.

 

Struktur Teks Eksplanasi


Teks eksplanasi mempunyai serpihan – serpihan penyusun sebagai diberikut :

1. General Statement / Pernyataan Umum

Bagian ini menandakan wacana citra topik yang ingin dibahas pada teks tersebut. Bagian ini harus ditulis dengan menarikdanunik semoga mensugesti minat pembaca untuk membaca keseluruhan isi teks.

2. Sequence of Explanation / Urutan Proses

Bagian ini menandakan topik yang sudah dikemukakan sebelumnya, berupa proses atau langkah terkena suatu fenomena. Di dalam urutan proses membutuhkan konjungsi urutan waktu, menyerupai pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya sampai yang terakhir.

3. Closing / Penutup

Penutup meliputi kesimpulan yang diambil dari formasi kalimat penjelas pada serpihan urutan proses. Selain meliputi kesimpulan serpihan ini juga bisa berupa balasan eksklusif terkena feomena tersebut.

 

misal Teks Eksplanasi


Proses Terjadinya Banjir

Banjir yaitu suatu fenomena alam yang sangat merugikan sehingga disebut juga dengan tragedi alam. Kata banjir berarti ketidak mampuan sungai, danau, drainase atau anutan air lainnya untuk menampung air yang jumlahnya sangat banyak, sehingga meluap dan memasuki kawasan sekitarnya. Bencana banjir ini sering sekali muncul pada kawasan – kawasan pingggiran sungai (DAS) atau kawasan yang lampaunya ialah resapan sungai, dan juga kawasan yang sistem drainasenya terganggu. Bencana ini biasanya terjadi pada animo penghujan dimana curah hujan dengan intensitas tinggi dan dengan durasi yang sangat usang sering terjadi. JIka dilihat dari penyebabnya, ada dua faktor yang sanggup menyebabkan banjir, yaitu faktor alam dan faktor sosial. Berikut ini yaitu faktor - faktor penyebab terjadinya banjir.
Advertisement

Faktor yang pertama yaitu faktor alam. Faktor ini ialah penyebab yang berasal dari alam itu sendiri. Alam akan menghasilkan hujan deras yang terus menerus turun dan menyebabkan kawasan – kawasan penampung air meluap, sehingga air tersebut tidak sanggup lagi mangalir. Akibatnya, air akan menuju ke segala arah dan masuk ke pemukiman – pemukiman masyarakat. Selain itu, alam juga bisa menyebabkan penyempitan sungai akhir dari abrasi sehingga sedimentasi masuk ke dalam sungai dan menyebabkan daya tampung sungai menjadi berkurang.

Bahkan yang lebih parah yaitu banjir yang disebabkan oleh erupsi pegunungan merapi yaitu banjir lahar dingin. Banjir ini terjadi akhir dari material – material hasil dari pegunungan merapi yang tersisa sangat banyak di atas kawah pegunungan, sehingga saat hujan terjadi air tersebut akan bercampur dengan material erupsi pegunungan dan terbawa ke pemukiman masyarakat.

Faktor yang kedua yaitu faktor sosial. Faktor yang satu ini ialah penyebab yang sering menghasilkan tragedi banjir. Hal ini terjadi karena kebiasaan insan itu sendiri yang merusak alam. Pertama – tama mereka akan memmembuang sampah di sungai – sungai sehingga menyebabkan permukaan sungai menjadi dangkal akhir dari sampah – sampah yang menumpuk. Kemudian, mereka juga membangun rumah atau bangunan lainnya di kawasan – kawasan yang mestinya menjadi tempat resapan air sungai, menyerupai di pinggiran atau belantaran sungai.

Mendangkalnya permukaan sungai dan hilangnya tempat resapan air akhir dari perbuatan insan tersebut menyebabkan sungai tak bisa lagi menampung air dalam jumlah yang banyak dan juga menyebabkan tanah tidak bisa lagi menyerap air. Akibatnya, bila terjadi hujan dengan durasi yang lama, meskipun tidak begitu deras akan menyebabkan air – air meluap menuju ke segala arah dan ditambah lagi dengan tidak terserapnya air oleh tanah, sehingga air yang sangat banyak itu akan mengalir dan masuk ke pemukiman masyarakat. Air – air yang masuk tersebut menyebabkan rumah – rumah mereka tergenang, bahkan lebih parahnya lagi banjir bandang bisa menenggelamkan rumah mereka. Akibatnya barang – barang mereka akan hilang dan rusak terbawa banjir.

Berdasarkan pemaparan – pemaparan di atas, sanggup kita simpulkan bahwa banjir yaitu musibah yang sanggup ditimbulkan oleh faktor alam dan faktor sosial. Namun, berdasarkan pandangan penulis faktor sosiallah yang menjadi penyebab utama terjadinya tragedi banjir.