Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan 15 Pola Majas Pars Pro Toto

Pengertian dan 15 misal Majas Pars Pro Toto - Majas pars pro toto ialah bab dari majas sinekdoke yaitu majas yang menyatakan maksud dengan mengungkapkan sebagian dari objek untuk mewakili keseluruhan objek. Pembagian majas sinekdoke didasarkan pada bentuk dan penerapan kata yang dipakai untuk mengungkapkan maksud atau gagasan dari suatu ide. Sinekdoke sendiri digolongkan ke dalam majas pertautan dilihat dari makna yang disampaikan. Majas sinekdoke mempunyai contoh makna dari kata yang digunakan, yang sanggup mewakili perasaan atau sesuatu yang menempel pada objek tersebut.

Pars pro toto berasal drai bahsa latin yang berarti sebagian untuk keseluruhan objek. Gaya bahasa pars pro toto mengungkapkan maksud dengan menyebut spesialuntuk agian dari suatu objek yang menunjuk pada arti keseluruhan objek. Dalam hal ini, gaya bahasa pars pro toto mengungkapkan “ikon” dari suatu objek, yang sanggup mengarahkan makna pada objek yang dmaksud.

Berikut diuraikan contoh kalimat yang memakai majas pars pro toto:

1. Para caleg itu saling bersaing mengeluarkan akad – akad manisnya semoga sanggup duduk di kursi empuk. (kursi dalam kalimat ini ialah ikon dari suatu kekuasaan, yang menyatakan sebagian dari keseluruhan objek).
2. Tim garuda merah berhasil menduduki puncak klasemen pada piala kejuaraan asia games yang membanggakan itu (garuda merah dipakai untuk mewakili Indonesia pada kejuaraan ini, makna yang timbul ialah dengan mengungkapkan garuda merah sudah mewakili keseluruhan Indoneia)
3. Penegak aturan itu sudah disuap mulutnya hingga meloloskan eksekusi bagi penjahat kelas kakap itu. (disuap mulutnya, mengambarkan bahwa diri dari penegak aturan sudah dibayar semoga memdiberi hukan enteng kepada penjahat).
4. Mengingat sendok dan garpu sudah disiapkan, bapak dan Ibu harap berkenan untuk menikmati hidangan yang sudah disajikan. (dalam kalimat ini sendok dan garpu mewakili sajian mulai dari nasi dan lauk pauk serta piringnya. Pengugkapan sendok dan garpu bukanlah maka sebenarnya, melainkan mewakili dari hidangan).
Advertisement
5. Sudah lima hari anton tak menampakkan batang hidungnya, kemanakah gerangan???
(batang hidung ialah sebagian bab dari badan yang disebutkan untuk menyatakan keseluruhan dari badan yang dimaksud)
6. Banyak yang memuji akan keindahan Bali. (Bali ialah salah satu provinsi di Indonesia> Indonesia negara kaya akan keindahan alam, salah satunya di Bali. Dan penyebutan Bali ini sanggup mewakili keindahan Indonesia).
7. Ditemukan tiga ujung spesies gres kucing belang yang mengeluarkan cahaya pada kumisnya. (ujung mewakili seluruh badan si kucing, jadi bukan berarti inovasi ujung, namun ujung disini mewakili kucing itu sendiri).
8. Betapa senangnya hatiku, melihat menara siger yang semakin terlihat terang dari bidik kapal ferri yang kunaiki. (siger disini ialah bab dari provinsi Lampung. Dalam kalimat tersebut mempunyai maksud bahwa semakin bersahabat dengan Provinsi Lampung)
9. Baik cukup umur atau anak –anak,  per kepala dikenai biaya sebesar delapan ribu rupiah untuk tiap kali masuk wahana bermain ini. (per kepala dalam kalimat ini menyatakan bab dari tubuh, jadi maksudnya ialah tiap orang).
10. Wartawan itu tak pernah menanggalkan penanya. (pena ialah salah satu alat jurnalistik bagi seorng wartawan. Dalam kalimat ini tak spesialuntuk pena, namun tiruana perlengkapan jurnalistik menyerupai buku, kamera, dll).
11. Lipstik menjadi kebutuhan pokok bagi seorang wanita, terutama perempuan yang berkarier. (lipstik ialah bab dari peralatan make up, yang mana menjadi kebutuhan pokok bagi seorang wanita. Kaprikornus penerapan liptiks dalam kalimat ini mewakili kebutuhan akan perlalatan makeup).
12. Dengarlah juliet, spesialuntuk kamu pemilik hatiku, apa kamu tidak percaya??? (kata Hati mewakili tiruana perasaan akung yang ditujukan kepada juliet, tak spesialuntuk hati, tapi seutuh diri romeo spesialuntuk untuk juiet).
13. Alunan gamelan mengiringi sinden itu bernyanyi, begitu indah dan menenangkan (gamelan ialah salahtu perlengkapan dari kelengkapan musik adab jawa, sinden tak spesialuntuk diiringi oleh gamelan namun bersama gendang, gong, dan lain – lain).
14. Gadis itu sudah meninggalkan jejak kaki di aneka macam negara di dunia, seorang diri. (jejak kaki ialah kata yang ditunjukkan untuk menerangkan dirinya sudah berkunjung ke aneka macam negara).
15. melaluiataubersamaini kuasnya beliau bisa melukis seseorang yang sangat menyerupai dengan aselinya. (kuas mewakili peralatan melukis, seorang melukis niscaya melukis tak spesialuntuk dengan kus, namun juga dengan kanvas serta tinta).

Demikian contoh – contoh dari majas pars pro toto, semoga bermanfaa. _______END______