Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teks Teladan Pidato Perihal Hari Guru Nasional Terbaru

Teks misal Pidato Tentang Hari Guru Nasional Terbaru - Guru yakni seorang pendekar yang benar-benar ulet menyuarakan pendidikan terbaik bagi masyarakat. Pidato singkat diberikut ini, mempersembahkan pemahaman siapa itu guru dan bagaimana seharusnya kita bersikap terhadap seorang guru.

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat pagi

Kepada yang terhormat Bapak kepala sekolah SMPN 23 Senja Permai, Abraham Salahduin, M.H
Yang saya hormati, Bapak wail kepala sekolah, Aji Masyanto,M,pd
Yang terhormat, seluruh dewan guru
Dan hadirin yang berbahagia,

Alhamduliilah, puji dan syukur marilah kita sampaikan kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha ESA, berkat rahmat dan hidayah-Nya lah kita tiruana bisa berkumpul di hari yang berbahagia ini dalam rangka memperingati hari guru nasional yang jatuh pada hari ini. Tak lupa marilah kita sampaikan shalawat serta salam kepada Nabi besar Muhammad SAW beserta seluruh keluarga, teman akrab dan umatnya yang setia semoga kita tiruana bisa dipertemukan di dalam nirwana Allah SWT kelak Aminnn.
Izinkanlah saya berdiri di sini untuk memberikan sebuah pidato dalam rangka memperingati hari guru nasional sebagai rasa terimakasih kita untuk guru-guru tercinta atas segala jasa-jasa yang sudah mereka diberikan.

Hadirin yang berbahagia,

Sebelum memulai pidato ini, saya akan menyanyikan sebuah lagu persembahan untuk guru-guru tercinta yang ada di sini  

Terpujilah wahai engkau ibu bapak guru
Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku
Semua baktimu akan kuukir di dalam hatiku
Sebagai prasasti terima kasihku
Tuk pengabdianmu

Engkau sabagai pelita dalam kepetangan
Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan
Engkau patriot pendekar bangsa
Tanpa tanda jasa

Advertisement


Semboyan Guru sebagai pendekar tanpa tanda jasa dikala ini masihlah sangat relevan. Mereka sudah mendidik belum dewasa calon penerus bangsa ini. Presiden, Pejabat pemerintahan, pejabat tempat dan masih banyak lagi, tiruana yakni produk-produk yang dihasilkan oleh seorang guru. Tanpa guru mereka pastilah bukan siapa-siapa di dunia ini.

Guru yakni satu dari sedikit profesi yang sangat mulia di muka bumi ini.  Meskipun spesialuntuk bergelar Pahlawan tanpa tanda jasa mereka tak henti-hentinya berjuang untuk mengantarkan belum dewasa Indonesia menuju cita-citanya supaya kelak mereka bisa menjadi penerus bangsa ini dan menjadi insan yang membanggakan bagi nusa dan bangsa. Mereka sudah mengantarkan dan membuka wawasan kita menuju dunia yang sangat luas ini. Mereka jugalah yang sudah mengajarkan kita membaca, menulis dan berhitung. Oleh alasannya itu tanpa guru-guru kita mustahil bisa mencapai keberhasilan.

Meskipun belum dewasa didik mereka kelak akan melupakan mereka, meskipun pemerintah tak lagi memperhatikan nasib mereka, Guru akan tetap gigih melakukan tugasnya yang begitu mulia untuk membentuk calon-calon pemimpin bangsa. Mereka tak akan lelah mengabdi dan tak akan lelah mengajar hingga usia senja menghampiri mereka.

Maka dari itu, Sudah sepatutnya kita mempersembahkan penghargaan yang setinggi-tingginya dan rasa terima kasih yang sangat mendalam kepada guru-guru kita yang sudah bersusah payah untuk mengajar setiap pengetahuan, mempersembahkan hikmah dan motivasi yang membangun serta bimbingan dan pola yang membentuk kepribadian kita supaya menjadi insan yang berpendidikan dan bermoral.

Teman-kawan yang berbahagia,

Kelak kita akan tumbuh menjadi insan yang sukses, Namun, tidakbolehlah sekali-kali kita melupakan jasa-jasa mereka yang begitu besar untuk kita tiruana. Marilah kita buktikan kepada mereka bahwa apa yang sudah mereka lakukan dan diberikan kepada kita tidaklah sia-sia dengan cara berprestasi dan menggapai mimpi-mimpi kita lantaran seorang guru yang sejati tidak akan merasa senang dengan hadiah berupa materi namun mereka akan sangat gembira melihat anak didik mereka sukses dan bisa berkhasiat bagi orang lain, nusa dan bangsa

Sebelum saya mengakhiri pidato ini, sekali lagi saya memberikan bahwa guru yakni orang yang sangat berjasa di dalam hidup kita. Oleh lantaran itu, marilah kita memberikan rasa terimakasih yang sangat besar untuk guru-guru kita tiruana.

Terima kasih guru atas segalanya yang engkau diberikan kepada kami.

Terima kasih atas waktu, kesabaran, ilmu dan kegigihan yang engaku beikan kepada kami.

kami sadar bahwa kami tidak bisa membalas tiruana jasa-jasamu. Hanyalah doalah yang bisa kami diberikan semoga kalian didiberikan kesabaran dan kesehatan oleh Allah SWT supaya tetap bisa menjalankan kiprah yang mulia itu.

Saya kira cukup hingga di sini pidato singkat yang bisa saya sampaikan. Semoga di hari guru nasioanla ini, guru-guru selalu Berjaya. Atas perhatian dan peluangnya saya ucapkan terima kasih dan saya akhiri.

Wabilahitaufik walhidayah wassalamualaikum wr. wb.