Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Definisi Singkat Strategi

Kata taktik berasal dari kata keja bahasa Yunani stratego yang berarti merencanakan pemusnahan musuh lewat penerapan sumber-sumber yang efektif. Strategi yaitu prioritas atau arah keseluruhan yang luas yang diambil oleh organisasi, yakni pilihan-pilihan wacana bagai mana cara terbaik untuk mencapai misi organisasi.
Strategi dimaknai sebagai suatu cara atau kiat mencapai suatu tujuan tertentu. Sedangkan berdasarkan Onong Uchjana Effendi, taktik ialah paduan perencanaan dengan administrasi untuk mencapai tujuan yang sudah diputuskan. Strategi harus bisa mengatakan bagaimana operasionalnya secara simpel harus dilakukan, dalam arti kata bahwa pendekatan (approach) bisa tidak sama sewaktu-sewaktu tergantung pada situasi dan kondisi.
Strategi yaitu keseluruhan keputusan kondisional wacana tindakan yang akan dijalankan, guna mencapai tujuan. Makara merumuskan strategi, berarti memperhitungkan kondisi dan situasi (ruang dan waktu) dihadapi dan yang akan mungkin di masa depan, guna mencapai efektifitas.
®
Kepustakaan:
Onong Uchjana, Effendi, Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006). Kuncoro, Strategi (Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif). (Jakarta: Erlangga, 2005).