Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Diskusi Dalam Pembelajaran

Ada beberapa jenis diskusi dalam pembelajaran yang sanggup dilakukan oleh guru dalam membimbing siswa, yaitu;
Whole Group
Whole group ialah bentuk diskusi kelas dimana pesertanya duduk setengah lingkaran. Dalam diskusi ini guru bertindak sebagai pemimpin dan topik yang akan dibahas direncanakan sebelumnya.
Diskusi Kelompok
Dalam diskusi klompok biasanya sanggup berupa diskusi kelompok kecil terdiri dari 4-6 orang peserta, dan juga diskusi kelompok besar terdiri dari 7-15 orang anggota. Dalam diskusi tersebut dibahas sesuatu topic tertentu dan didampingi oleh seorang ketua dan seorang sekretaris. Para anggota diskusi didiberikan peluang berbicara atau mengemukakan pendapat dalam pemecahan masalah
Buzz Group
Bentuk diskusi ini terdiri dari kelas yang dibagi-bagi menjadi kelompok-kelompok kecil 3-4 orang peserta. Tempat duduk diatur sedemikian rupa semoga para siswa sanggup bertukar pikiran dan bertatap muka dengan gampang. Diskusi ini biasanya diadakan ditengah-tengah pelajaran atau diakhiri pelajaran dengan maksud untuk memperjelas dan mempertanjam kerangka materi pelajaran atau sebagai jawabanan terhadap pertanyaan-pertanyaan yang muncul.
Pgual
Diskusi pgual dalam pembelajaran yakni bentuk diskusi yang terdiri dari 3-6 orang akseptor untuk mendiskusikan suatu topic tertentu dan duduk dalam bentuk semi melingkar yang dipimpin oleh seorang moderator.
Syndicate Group
Dalam bentuk diskusi ini kelas dibagi menjadi bebera;pa kelompok kecil yang terdiri dari 3-6 peserta, masing-masing kelompok mengerjakan kiprah tertentu atau kiprah yang bersifat komplementer. Guru menunjukan garis permasalahan, menggambarkan aspek-aspeknya dan kemudihan tiap kelompok didiberi kiprah untuk mempelajari aspek-aspek tetentu
Symposium
Dalam symposium biasanya terdiri dari pembawa makalah, penyanggah, moderator dan notulis, serta beberapa akseptor symposium. Pembawa makalah didiberi peluang untuk memberikan makalahnya di mika akseptor dengan singkat antara (10-15 menit). Selanjutnya diikuti oleh penyanggah dan tanggapan para audien. Bahasan diskusi kemudian dikumpulkan dalam bentuk rumusan hasil symposium.
Informal Debate
Biasanya untuk diskusi ini kelas dbagi menjadi 2 tim yang agak diberimbang besarnya dan mendiskusikan subyek yang cocok untuk diperdebatkan tanpa memperhatikan peraturan perdebatan formal.
The Open Discussion Group
Jumlah aggota kelompok terdiri antara 3-9 orang peserta. melaluiataubersamaini diskusi ini sanggup memmenolong para siswa berguru mengemukakan pendapat secara jelas, memecahkan masalah, memahami apa yang dikemukakan oleh orang lain, dan sanggup menilai kembali pendapatnya.
Brainstorming
Jumlah anggotanya terdiri 8-12 orang peserta. Setiap anggota kelompok dibutuhkan sanggup menyumbangkan inspirasi dalam pemecahan masalah. Hasil berguru yang diinginkan yakni menghargai pendapat orang lain, menumbuhkan rasa percaya diri dalam upaya berbagi ide-ide yang ditentukan atau dianggap benar.
®
Kepustakaan:
Roestiyah, Strategi berguru Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 2008). Prasetya Irwan, Suciati, Wardani, Teori Belajar, Motivasi, dan Keterampilan Mengajar, (Jakarta: Universitas Terbuka, 2000).