Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Metode Crossword Puzzle Dalam Pembelajaran

Metode Crossword Puzzle, ialah susunan tes peninjauan kembali dalam bentuk teka-teki silang yang sanggup mengundang minat dan partisipasi penerima didik. Teka-teki silang ini sanggup diisi secara perorangan atau kelompok.
Crossword puzzle atau biasa disebit teka-teki silang yaitu salah satu metode pembelajaran aktif bagi penerima didik yang melibatkan tiruana penerima didik untuk berfikir ketika pembelajaran berlangsung dengan mengisi teka-teki silang (Crossword puzzle) sehingga penerima didik menjadi lebih antusias dalam mengikuti pelajaran.
Crossword puzzle yang dimaksudkan bahwa selain ada unsur permainannya juga ada unsur pendidikannya, dimana dengan mengisi teka-teki silang tersebut secara tidak sadar penerima didik belajar, sehingga dibutuhkan selain kesenangan juga didapatkan pengetahuan dan pemahaman bahan pelajaran.
Teka-teki silang yang dipakai akan mempersembahkan nilai yang konkret bagi penerima didik. Hal ini disebabkan lantaran dengan menjawaban dan mengerjakan bersama, penerima didik akan selalu berlomba untuk sanggup menemukan jawabanannya dengan benar sehingga akan muncul persaingan sehat. Rasa kebersamaan yang tinggi akan tumbuh, lantaran bagi penerima didik yang menemukan jawabanan akan sanggup menjawaban teka-teki silang tersebut dan penerima didik lain dalam kelompoknya juga akan mengetahui jawabanan yang benar.
Faktor ketelitian dan ketepatan yang tinggi dalam penerapan metode Crossword puzzle ini juga menjadi sangat menentukan. Karena huruf-huruf dalam jawabanan sanggup mempengaruhi jawabanan yang lain baik dalam baris atau kolom.
®
Kepustakaan:
Silberman, Active Learnig 101 Teknik Belajar Siswa Aktif, (Bandung: Nusamedia, 2006).