Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif

Pembelajaran interaktif setting kooperatif yaitu cara mengajar dengan mengaktifkan siswa dalam mengemukakan pemikirannya dan guru aktif untuk membimbing siswa sehingga siswa dilibatkan dalam proses belajar. Pembelajaran interaktif yang dimaksud yaitu dengan mempersembahkan bentuk tes di mana tejadi diskusi antara guru dengan siswa sehingga tejalin suasana berguru yang harmonis.
Setting kooperatif ialah masukana yang dipakai untuk mempergampangkan pencapaian pembelajaran interaktif setting kooperatif berafiliasi dengan pengelolaan kelas berupa pengelompokan siswa sesuai dengan pembelajaran kooperatif, yaitu suatu pendekatan yang mencapai suatu kelompok kecil dari siswa yang bekerjasama dalam satu tim, memiliki kemampuan akademik yang bermacam-macam untuk menuntaskan masalah-masalah, melengkapi tugas/menyelesaikan suatu tujuan bersama.
Siswa ialah belahan utama dalam aktivitas berguru mengajar, sehingga siswa dituntut secara aktif memproses dan mengelola perolehan belajar, untuk itu siswa dituntut untuk aktif secara fisik, intelektual dan emosional. Implikasi keaktifan bagi siswa terwujud perilaku-perilaku ibarat mencari sumber info yang diperlukan menganalisa hasil dan ingin tahu implikasinya. Implikasi keaktifan bagi seorang guru sebagai pengelola dan penyelenggara dari berguru mengajar yaitu memdiberi peluang berguru kepada siswa.
Untuk sanggup mengakibatkan keaktifan pada diri siswa maka guru diantaranya sanggup melaksanakan settingan berupa:
  1. Menggunakan multi metode dan multi media
  2. Memdiberikan kiprah secara individu dan kelompok
  3. Memdiberikan peluang pada siswa melaksanakan eksperimen
  4. Mengadakan tanya jawaban.
Pada umumnya penerima didik belum bisa mempelajari bahan secara mandiri. Oleh alasannya itu, sebaiknya bahan tetap dipresentasikan oleh guru, sedangkan yang dikerjakan penerima didik dalam aktivitas model pembelajaran interaktif setting kooperatif ini yaitu soal variatif saja.
®
Kepustakaan:
Yuli Mudiastuti, Peningkatan Aktifitas Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif (PISK), (Surakarta: UMS, 2008). Mulyono Abdulrrahman, Pendidikan bagi Anak Kesusahan Belajar, (Jakarta: Rineke Cita, 1999).