Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Alkohol Aneka Macam Perspektif

Dalam perspektif Islam, Alkohol asalnya dari bahasa arab yaitu al-Ghaul atau al-Khuhul.tidak sama dengan Khamar, yang artinya raksasa, nama itu didiberi kepada pati arak, karena khasiatnya yang menyerupai raksasa. Selain itu sanggup diartikan minuman yang memabukkan.
Alkohol yaitu unsur yang sanggup menguap yang terdapat pada minuman yang memabukkan. Keberadaannya akan menjadikan mabuk. Alkohol juga terdapat pada selain minuman, menyerupai pada rendaman air bunga dan buah-buahan dibentuk untuk amis wangian dan lainnya, sebagaimana juga terdapat pada kayu-kayuan yang diproses dengan mempergunakan peralatan khusus dari logam.
Menurut engkaus besar Bahasa Indonesia, Alkohol yaitu cairan tidak berwarna yang praktis menguap, praktis terbakar, di pakai dalam industri atau pengobatan, yaitu unsur yang memabukkan, dll. Kebanyakan minuman keras, C2H5OH, etanol, senyawa organik dengan gugus OH pada atom karbon jenuh.
Pengertian alkohol berdasarkan engkaus Ilmiah Populer yaitu zat kimia cair yang sanggup memabukkan.
Menurut Muhammad Said al-Suyuthi, al-Kohol yaitu istilah yang diarabkan dari sebuah kata berbahasa Perancis, yaitu alcool, dengan kata cohol. Selain kata alkohol sesuatu yang memabukkan itu ada yang cair sesuai dengan asalnya, menyerupai khamer dan nabidz, dan ada pula yang padat. Seperti candu dan ganja. Terlepas candu dan ganja dalam pembahasan kali ini biar tidak melebar, penulis spesialuntuk memseriuskan problem alkohol dalam adonan yang dipakai pada parfum.
®
Kepustakaan:
Kamus besar Bahasa Indonesia, (Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan BahasaJakarta: Balai Pusaka, 1994). M. Dahlan Al-Barry, Kamus Ilmiah Populer, (Surabaya; Arkola, 1994). Ali Mustapa Yaqub, Kriteria Hala Haram Untuk Pangan, Obat, dan Kosmetika Menurut al-Quran dan Hadits, (Jakarta; PT. Pustaka Firdaus, t.th). Muhammad Jawad Mughniyah, Fiqih Ja’fari, ditejemahkan oleh Samsuri Rifai, dkk, (Jakarta: Lentera, 1996).