Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Jenis Skala

Kadang kala untuk mengetahui letak suatu kota, pegunungan, sungai, dan lain sebagainya pada suatu wilayah atau pulau tertentu, mustahil melihat secara keseluruhan dalam keadaan sebenarnya. Perbandingan antara keadaan yang bersesuaian dalam bentuk denah, maket (model) dengan bentuk sesungguhnya yang tetap besarnya, disebut skala.
Ada beberapa jenis skala diantaranya, pertama: Skala gambar yang dibentuk dengan memakai skala tertentu sehingga mewakili keadaan bekerjsama di antaranya ialah peta dan denah. Perbandingan jarak pada peta dengan jarak yang bekerjsama ditetapkan dalam bentuk angka/pecahan yang sederhana.
Kedua: Skala ekspresi (skala 1 inc: 1 mil atau skala 1 cm: 1 km) Jenis skala ini sering dipergunakan terutarna pada peta topografi di Amerika atau negara-negara lain yang memakai satuan bukan metrik.
Ketiga: Skala grafik (grafic scale atau kafe scale). Skala ini ditunjukkan oleh garis lurus yang dibagi dalam cuilan yang sama di mana tiap cuilan mengatakan kesatuan yang sama.
Ketiga: Skala peta sanggup diartikan sebagai a) perbandingan jarak antara dua titik sembarang di peta dengan jarak horizontal kedua titik tersebut di permukaan bumi (dengan satuan ukuran yang sama), dan b) perbandingan antara jari-jari globe dengan jari-jari bumi (spheroid).
Untuk mengetahui jarak antara dua daerah pada suatu wilayah, tidak selalu dilakukan dengan pengukuran yang sebenarnya, tetapi cukup dengan memilih jarak pada peta. Misalnya, menggambar sebuah kendaraan beroda empat sesuai dengan ukuran aslinya. Dalam masalah ini tentu tidak sanggup menggambarkannya dalam ukuran yang sebenarnya. Oleh sebab itu, diperlukan suatu cara untuk memperkecil ukuran kendaraan beroda empat yang sanggup mewakili ukuran sebenarnya. Mobil dengan ukuran yang sudah diperkecil inilah yang disebut dengan model.
®
Kepustakaan:
Ponco Sujatmiko, The Essentials of mathematics for Grade VII of Junior High School and Islamic Junior High school, (Solo: Tiga Serangkai, 2010). https://duniainformasisemasa305.blogspot.com//search?q=pengertian-skala-pada-penggambaran