Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Islam Liberal

Islam Liberal tersusun dari kata Islam dan Liberal. Kata Islam mengacu kepada agama yang dibawa oleh para Nabi dan Rasul semenjak Adam sampai Muhammad saw, dengan misi utamanya membawa insan biar patuh dan tunduk kepada Tuhan sehingga tercapai kebahagiaan di dunia dan akhirat.
Adapun kata liberal berasal dari bahasa Inggris, liberal yang berarti bebas, liberal, tidak berpolitik. Selanjutnya dikalangan para penulis banyak yang memakai Islam Liberal dengan beberapa pengertian yang amat beragam. Makna Islam Liberal sepertinya bergeser dari makna sesungguhnya.
Bagi penulis, Islam Liberal bukanlah Islam yang membebaskan kepada penganutnya untuk berbuat sesuka hati menafsirkan fatwa Islam, Islam Liberal spesialuntuk mempersembahkan kembali terhadap pemikiran, paham, pendapat, gagasan, pranata yang dihasilkan masa kemudian untuk dikontekstualkan dan dirubah sesuai dengan tuntutan zaman.
Islam Liberal bukan ibarat paham yang meninggalkan agama dalam mengejar kemajuan sebagaimana terdapat di Barat. Bukan berusaha mensekulerkan umat dengan spesialuntuk mengkaji agama dan membungkam problem yang lain.
Menurut Kurzman, pencarian otentitas Islam dari sudut pandang (pemikir) Muslim Liberal, melahirkan tiga model utama Islam Liberal. Pertama, pemikiran dan perilaku liberal memang secara otentik dilegitimasi oleh syariat Islam, yang oleh Kurzman disebut liberal sharia. Kedua, islam liberal berpandangan bahwa syariat justru tidak mempersembahkan jawabanan yang terperinci atau problem-problem tertentu. Kurzman menyebut model islam liberal ini dengan silent sharia. Ketiga, bahwa syariat, meski bersifat Ilahiah, namun sebetulnya sanggup tak lepas dari produk penafsiran manusia. Setiap penafsiran insan atas syariat, tentu alhasil tidak sama satu sama lain. Diakuilah multi interpretation atas syariat.
®
Kepustakaan:
Ulil Abshar Abdalla. Membakar Rumah Tuhan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1999). Lukman S. Thahir, Gagasan Islam Liberal Muhammad Iqbal, (Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 2002). Harun Nasution, Ensiklopedi Islam Indonesia, (Jakarta: Percetakan Saptodadi, 1992). Charles Kurzman. Wacana Islam Liberal Pemikiran Islam Kontemporer Tentang Isu-Isu Global, (Jakarta: Paramadina, 2001).