Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Perilaku Dalam Psikologi

Sikap yakni hal penting dalam psikologi. Sikap ialah kesiapan untuk bereaksi terhadap obyek di lingkungan tertentu sebagai suatu penghayatan terhadap obyek tersebut. Manifestasi sikap tidak sanggup pribadi dilihat, akan tetapi harus ditafsirkan terlebih lampau sebagai tingkah laris yang masih tertutup dan dalam penerapan praktis, sikap sering dihadapkan pada rangsang sosial dan reaksi yang bersifat emosional.
Sikap dalam engkaus bahasa Inggris, disebut attitude. Sikap yakni keadaan mental dan saraf dari kesiapan yang diatur melalui pengalaman, yang mempersembahkan efek dinamik atau terarah terhadap respons individu pada tiruana objek dan situasi yang berkaitan dengannya.
Dalam “The Penguin Dictionary of Psychology” dijelaskan bahwa attitude is some internal affective orientation that would explain the actions of a person. Bahwa sikap yakni beberapa orientasi kecenderungan internal, yang membuktikan ihwal perbuatan manusia. Pandangan itu mengisyaratkan bahwa sikap bukan ialah suatu tindakan melainkan ialah kecenderungan perilaku.
Berdasarkan beberapa pengertian sikap tersebut, dipahami bahwa sikap yakni kecenderungan bertindak terhadap rangsangan yang hadir dari lingkungan sosial seorang subyek. Kecenderungan itu sanggup bersifat faktual yang berupa sikap mendapatkan obyek maupun negatif yang berupa sikap menolak obyek.
Sikap terhadap obyek, gagasan atau orang tertentu ialah orientasi yang bersifat menetap dengan komponen-komponen kognitif afektif. Perilaku komponen kognitif terdiri dari kognisi yang dimiliki seseorang terkena obyek sikap tertentu, fakta, pengetahuan dan akidah ihwal objek. Komponen efektif terdiri dari seluruh perasaan atau emosi seseorang terhadap obyek, terutama penilaian. Komponen sikap terdiri dari kesiapan seseorang untuk bereaksi atau kecenderungan untuk bertindak terhadap obyek.
®
Kepustakaan:
Mar’at, Sikap Manusia, Perubahan Serta Pengukurannya, (Jakarta: Ghalia Indonesia, 1984). S. Wojowasito dan Tito Wasito, Kamus Lengkap, (Inggris-Indonesia, Indonesia-Inggris), (Bandung: Hasta, 1980). David O. Sears, et.al., Alih Bahasa Michael Adryanto dan Savitri Soekrisno, Psikologi Sosial, (Jakarta: Erlangga, 1999). Arthur S. Reber & Emily Reber, The Penguin Dictionary of Psychology, (England: Clays Ltd., 2001).