Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Olahraga Lempar Lembing

Lempar lembing yaitu olahraga yang menuntut kecekatan dan kekuatan dalam melempar. Media olaharaga ini yaitu lembing, yaitu sejenis tombak, tapi lebih enteng dan kecil.
Walaupun belum ditemukan catatan sejarah otentik terkena olahraga lempar lembing, tapi sebagian hebat meyakini olahraga ini sudah berkembang semenjak zaman Yunani Klasik. Saat itu, lempar lembing termasuk olahraga populer. Tak kalah dengan olahraga jenis atletik lainnya, ibarat lari, lompat, dan lempar cakram.
Beberapa pakar sebut, lempar lembing diidentikkan dengan acara berburu nenek moyang manusia. sepertiyang olahraga atletik lainnya, lempar lembing diadopsi dari kebiasaan kaum pria pada zaman tersebut.
Aktivitas lempar lembing gres bermetamorfosis suatu olahraga saat insan memasuki masa bercocok tanam dan beternak, meninggalkan masa nomaden yang lebih kental dengan acara berburunya. Manusia mulai menetap dengan membangun perkampungan atau perkotaan.
Olahraga lempar lembing juga tercatat dilakukan di beberapa peradaban klasik lainnya. Seperti peradaban Cina dan Mesir (Egypt) Klasik. Namun, tidak sepopuler ibarat di Yunani, alasannya olahraga yang paling diminati di Mesir yaitu renang dan memancing.
melaluiataubersamaini dasar ini kemudian disimpulkan, bahwa olahraga lempar lembing berasal dari peradaban Yunani klasik, berakar pada acara berburu leluhur insan pada zaman purba.
®
*Berbagai Sumber