Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Perpustakaan Berdasarkan Pakar

Perpustakaan yakni sebuah ruangan, bab sebuah gedung, ataupun gedung itu sendiri yang dipakai untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang biasanya disimpan berdasarkan tat susunan tertentu untuk dipakai pembaca, bukan untuk dijual. Secara etimologis istilah perpustakaan berasal dari kata dasar pustaka yang berarti buku, kitab.
Dalam bahasa ajaib dikenal dengan istilah library (Inggris), liber atau libri (Latin), bebliotheek (Belanda), bebliothek (Jerman), bibilotheque (Perancis), biblioteca (Spanyol) dan biblia (Yunani).
Perpustakaan mengandung arti (a) tempat, gedung yang disediakan untuk pemeliharaan dan penerapan dan sebagainya, (b) koleksi buku, majalah dan materi kepustakaan lainnya yang disimpan untuk dibaca, dipelajari dan dibicarakan. Dari kata dasar itu lalu menyebabkan istilah turunan lain seperti: materi pustaka, pustakawan, kepustakaan, dan ilmu pengetahuan.
Ada beberapa pengertian perpustakaan berdasarkan pakar, diantaranya sebagai diberikut:
Perpustakaan yakni suatu unit kerja dari satu tubuh atau forum tertentu yang mengelola bahan-bahan pustaka, baik berupa buku-buku maupun bukan berupa buku (non book material) yang diatur secara sistematis berdasarkan hukum tertentu sehingga sanggup dipakai sebagai sumber isu oleh setiap pemakainya.
Darmono mempersembahkan pengertian perpustakaan sebagai salah satu unit kerja yang berupa daerah untuk mengumpulkan, menyimpan, mengelola dan mengatur koleksi materi pustaka secara sistematis untuk dipakai oleh pemakai sebagai sumber isu sekaligus sebagai masukana berguru yang sangat bahagia.
Menurut P. Sumardji, perpustakaan yakni koleksi yang terdiri dari bahan-bahan tertulis, tercetak maupun grafis lainnya ibarat film, slide, pienteng hitam, tape, dalam ruangan atau gedung yang diatur dan diorganisasikan dengan sistem tertentu semoga sanggup dipakai untuk keperluan studi, penelitian, pembacaan dan lain sebagainya.
Menurut C. Larasati M ilburga, dkk., perpustakaan yakni suatu unit kerja yang berupa daerah menyimpan koleksi materi pustaka yang diatur secara sistematis dengan cara tertentu untuk dipergunakan secara berkesi nambungan oleh pemakai nya sebagai sumber informasi.
Pengertian perpustakaan sekolah ialah turunan dari pengertian perpustakaan secara umum. Menurut Carter V. Good sebagaimana yang dikutip oleh Ibrahim Bafadal, perpustakaan sekolah sebagai koleksi yang diorganisasikan di dalam suatu ruang semoga sanggup dipakai oleh anakdidik-anakdidik dan guru-guru, yang dalam penyelenggaraannya diharapkan seorang pustakawan yang sanggup diambil dari salah seorang guru.
Ibrahim Bafadal beropini bahwa perpustakaan sekolah yakni kumpulan materi pustaka, baik berupa buku-buku maupun bukan buku (non book material) yang diorganisasikan secara sistematis dalam suatu ruang sehingga sanggup memmenolong anakdidik-anakdidik dan guru-guru dalam proses berguru mengajar di sekolah.
Menurut C. Larasati M ilburga, dkk, perpustakaan sekolah ialah suatu unit keja dari sebuah forum persekolahan yang berupa daerah menyimpan koleksi materi pustaka penunjang proses pendidikan yang diatur secara sistematis, untuk dipergunakan secara berkesinambungan sebagai sumber isu untuk memperkembangkan dan memperdalam pengetahuan, baik oleh pendidik maupun yang dididik di sekolah tersebut.
Meskipun terlihat sedikit perbedaan, pendapat para mahir terkena perpustakaan mengarah pada satu pengertian, bahwa koleksi yang ada di perpustakaan bukan spesialuntuk buku, akan tetapi juga koleksi non buku (non book material). Hal inilah yang membedakan pendapat Ibrahim Bafadal dengan pendapat-pendapat yang lain yang spesialuntuk sebut materi pustaka sebagai koleksi yang ada di perpustakaan.
®
Kepustakaan:
Tjiptono, Fandy dan Diana, Anatasia, Total Quality Management, (Jakarta: Andi Offset, 1995). Qalyubi Syihabuddin dkk., Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi, (U IN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 2007). Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1994). Sudjatmo, Pengantar Perpustakaan, (Semarang: Perpustakaan Daerah Propinsi Jawa Tengah, 2002). Fatah Syukur NC, Teknologi Pendidikan, (Semarang: RaSAIL, 2004). Ibrahim Bafadal, Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, (Jakarta: Bumi Aksara, 2001). Darmono, Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah, (Jakarta: Gramedia Widia Sarana Indonesia, 2001). P. Sumardji, Perpustakaan Organisasi dan Tatakerjanya, (Yogyakarta: Kanisi us, 1991). C. Larasati Milburga, et.all., Membina Perpustakaan Sekolah, (Yogyakarta: Kanisius, 1986).